Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

6 Olahraga Yang Dapat Menyembuhkan Asma Secara Alami

Asma merupakan salah satu penyakit kronis atau penyakit yang menyerang secara jangka panjang kepada penderita di bagian saluran pernapasan, ditandai dengan sulitnya bernapas atau sesak di dada karena penyempitan dan peradangan pada saluran pernapasan. Asma bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Golongan tua maupun muda bisa dijangkiti oleh penyakit ini. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa merasakan nyeri di dada dan batuk - batuk.



Walau pun belum diketahui secara pasti penyebab asma, namun banyak sekali hal - hal yang dapat memicu terjadinya asma diantaranya, debu, bulu - bulu halus, asap rokok, asap kendaran, infeksi virus, udara yang dingin, atau bisa karena zat kimia. Saluran pernapasan penderita asma akan lebih sensitif dibandingkan orang yang tidak mengidap asma. Hal ini menyebabkan meningkatnya produksi dahak sehingga dapat mengganggu proses pernapasan.

Penderita asma di Indonesia cukup banyak, menurut data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada tahun 2014, angka kematian akibat asma mencapai 24 ribuan, itu artinya setara dengan 1,8 persen dari total jumlah kematian penduduk. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-19 terbanyak kematian akibat asma.

Asma sebenarnya merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total. Karena penyakit yang turun - temurun ini dapat dengan mudah kambuh bila terkena pemicunya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan pengobatan secara medis maupun secara alami. Berikut ini pengobatan - pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menyembuhkan penyakit asma secara perlahan - lahan.

1. Jalan Kaki
Jalan kaki bisa sangat ampuh untuk mencegah kekambuhan penyakit asma. Anda bisa berjalan santai sekitar 15 sampai 30 menit untuk sekali jalan. Anda bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu. Dengan melakukan jalan kaki seperti ini, Anda tidak akan merasa mengidap penyakit ini, apalagi bila berjalan dengan orang tercinta, tentunya akan membuah hati bahagia dan mengurangis stress.

2. Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga pernapasan yang memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan, bila seseorang rutin berlatih yoga setiap hari dengan gerakan yang benar, maka pernapasannya akan semakin lancar karena latihan yoga ini dapat melatih saluran pernapasan agar lebih lancar.

3. Berlari
Selain jalan kaki, berlari juga sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit asma. Lakukan lah lari - lari santai dengan jarak dekat atau sedang. Bila pertama kali melakukannya, jangan takut, siapkan juga air minum agar Anda tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Setelah sering melakukan hal tersebut secara rutin, jarak yang Anda tempuh dapat ditambahkan secara perlahan.

4. Bersepeda
Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan yang sangat banyak sekali manfaat yang didapat. Dengan bersepeda bukan hanya memperlancar pernapasan sehingga mencegah asma, namun dapat menjaga kesehatan jantung. Bersepesa bisa dilakukan saat pagi atau sore hari. Sama halnya seperti berjalan dan berlari, jarak yang ditempuh saat bersepeda dapat ditambah secara perlahan.

5. Bermain Tenis
Bermain tenis lapangan akan sangat membantu mencegah asma karena dapat melatih pernapasan. Dengan bermain tenis Anda akan berusaha mengatur irama gerakan seperti lari - keri kecil, melompat, berjalan cepat, hingga mengayunkan raket. Dengan begitu, pernapasan Anda akan terasa lebih ringan. Carilah teman bermain yang memahami kondisi asma Anda sehingga permainan akan terasa menyenangkaan.

6. Bermain Bukutangkis
Sama halnya seperti tenis lapangan, bermain tenis juga dapat mencegah asma karena gerakan - gerakan saat bermain bulutangkis seperti lari - lari kecil, jalan cepat, melompat, hingga mengayunkan raket dapat melatih pernapasan dan juga jantung. Sehingga sangat dianjutkan sekali untuk bermain bulu tamgkis bagi pengidap asma.

Demikian informasi mengenai cara alami yang mudah dilakukan untuk mencegah dan menyembuhkan asma. Jangan lupa untuk tetap selalu konsultasi dengan dokter Anda perihal penyakit asma yang Anda derita. Karena walau bagaimana pun Anda tetap harus melakukan pengobatan medis, bukan hanya pengobatan secara alami. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Olahraga Yang Dapat Menyembuhkan Asma Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar