Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

8 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat merupakan salah sstu buah yang penting bagi tubuh. Khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah penyakit - penyakit berbahaya dan dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh kita. Manfaat buah alpukat ini sangat bervariasi mulai dari menyembuhkan penyakit yang sederhana hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker yang tidak hanya kita peroleh dari manfaat ekstrak kulit manggis dan manfaat dari buah sirsak.



Sebelum kita membahas tentang manfaat dan khasiat buah alpukat, kali ini akan diulas terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah alpukat.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Lemak yang sehat
Lemak yang ada di dalam buah alpukat ternyata merupakan lemak yang baik untuk kesehatan, jumlahnya pun sangat banyak yaitu lebih dari setengah total jumlah kalori dalam buah alpukat. Berarti, kandungan mayoritas dalam buah alpukat ini adalah lemak. Lemaknya adalah jenis lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat.

Gula
Kandungan gula dalam buah alpukat ini ternyata relatif sedikit, sehingg tidak akan membahayakan kesehatan Anda.

Protein
Dalam satu buah alpukat ternyata mengandung 4 gram protein, kandungan tersebut lebih banyak daripada yang terdapat di buah lainnya.

Vitamin dan Mineral
Tak kalah seperti buah lainnya, buah alpukat ini ternyata kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Buah alpukat mengandung kalium yang lebih besarr daripada buah pisang. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Selain itu , buah ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitanin K, vitamin B6, vitamin C, vitamin B5, dan vitamin B9

Serat
Setengah dari total serat harian yang dibutuhkan tubuh karena buah alpukat berukuran sedang mengandung 11 gram serat

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam ulasan di atas, mari lah kita manfaat buah alpukat secara lengkap ini.


1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Omega-6 merupakan salah satu faktor penting diimana dapat mempengaruhi penyakit kardiovaskular. Anda disarakan mengurangi konsumsi lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal.
Menurut sebuah penelitian, alupkat dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) karena di dalam alpukat terkandung asam oleat yang sangat tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan
Apabila ditanyakan kepada banyak orang maka mereka tidak akan percaya kalau buah yang tinggi akan lemak ini dapat menurunkan berat badan. Di dalam sistem pencernaan, buah alpukat sangat lambat proses pembakarannya dan akan menimbulkan rasa kenyang yang lama sehingga mengurangi nafsu makan bagi Anda yang kelebihan berat badan.

3. Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan, apalagi sekarang ini berbagai macam makanan sudah menggunakan bahan - bahan kimia dalam proses pengawetannya.

Alpukat dapat membantu mencegah dari terkena diabetes karena alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan karena dspat mengurangi risiko terkena diabetes.

4. Peradangan sendi
Penyakit ini biasanya menyerang lansia. Penyakit ini menyebabkan radang pada sendi dan Anda akan terasa nyeri yang hebat. Alpukat mengandung anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi

5. Mencegah Kanker
Alpukat tinggi akan kandungan fitokimia yang menurut sebuah penelitian dapat mengurangi risiko kanker. Dengan Anda rutin mengonsumsi buah alpukat dapat mencegah Anda dari serangan kanker.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Mengapa alpukat dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi)? Itu karena alpukat kaya akan kalium yang memiliki fungsi mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

7. Membantu Kesehatan Mata
Alpukat sangat bermanfaat untuk kesehatan mata seperti melindungi mata dsri penyakit mata yang disebebkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak. Hal tersebut karena alpukat kaya akan lutein.

8. Mengurangi Resiko Stroke
Alpukat data mencegah dan melindungi tubuh dari serangan kanker karena mengandung asam folat yang tinggi. Penelitian menyebutkan orang yang mengonsumsi banyak kandungan asam folat dapat mengurangi risiko terkena stroke

Itulah delapan manfaat buah alpukat bagi tubuh kita. Anda dapat mencoba rutin mengonsumsi alupkat sehari 1 buah agar mendapatkan manfaat - manfaat tersebut. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar