Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Makanan Yang Dapat Menyembuhkan Demam Berdarah (DBD)

Di negara khatulistiwa seperti Indonesia, demam berdarah dengue atau yang biasa disebut sebagai DBD masih menjadi penyakit yang menakutkan. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih tercatat sebagai negara dengan kasus demam berdarah dengue (DBD) tertinggi. Sedangkan di dunia, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan kasus terkait demam berdarah dengue (DBD) setelah negara Brazil. Jangan pernah meremehkan penyakit ini hingga komplikasi. Apabila diatasi dengan segera dan tepat, penyakit ini dapat disembuhkan.



Gejala - gejala yang muncul jika seseorang terkena demam berdarah

Apabila seseorang sudah terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti, saat itu lah nyamuk tersebut menyebarkan virus dengue yang terdapat di dalam tubuh nyamuk. Setelah terinfeksi virus dengue selama empat hari atau seminggu, biasanya akan timbul gejala - gejala penyakit demam berdarah dengue (DBD), seperti sakit di belakang mata, nyeri sendi, muntah, mudah kelelahan, mual, demam yang sangat tinggi, sampai ruam yang terdapat di kulit setelah dua sampai lima hari setelah demam tinggi.

Gejala - gejala tersebut biasanya berlangsung selama sepuluh hari. Selama sepuluh hari itu bisa saja terjadi pendarahan ringan, seperti pada gusi dan hidung, serta muncul memar - memar di tubuh. Kemungkinan terburuknya adalah gejala gejala tersebut dapat berkembang menjadi lebih serius seperti kerusakan pada kelenjar getah bening, pembesaran hati, pendarahan pembuluh darah, kegagalan sistem sirkulasi, hingga yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian.

Lalu, makanan apa sih yang dapat membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD)?

Bila Anda menjalankan instruksi pengobatan yang dokter berikan dengan benar, maka gejala - gejala tersebut biasanya akan menunjukan tanda - tanda pemulihan dalam 3 sampai 5 hari, dan akan benar - benar sembuh secara total dalam waktu maksimal 2 minggu.

Sebagian besar penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) akan merasa lelah masa pemulihan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut adalah wajar dan bersifat sementara. Bahkan, ada pasien yang membutuhkan waktu sampai satu setengah bulan agar tubuhnya benar - benar fit.

Selain mengikuti instruksi pengobatan dari dokter, ada beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh Anda dari Demam Berdarah Dengue (DBD)

1. Buah jambu biji
Buah ini bisa menjadi pilihan utama Anda untuk membantu mempercepat pemulihan DBD. Di dalam Journal of Natural Medicines terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah jambu biji bisa membantu menambah pembentukan trombosit darah baru. Di dalam buah jambu biji juga terkandung senyawa kimia alami yang disebut quercetin. Senyawa kimia alami tersebut juga dapat ditemukan di berbagai buah dan sayur.

Quercetin merupakan senyawa kimia alami yang dapat menahan pembentukan mRNA virus yang merupakan materi genetik paling penting untuk keberlangsungan hidup sebuah virus. Jika sebuah virus tidak memiliki cukup mRNA, maka virus tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, pertumbuhan virus dalam tubuh Anda bisa ditekan. Jadi, tidak heran kalau buah jambu biji dapat membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD).

2. Daun pepaya
Selain buah jambu biji, ternyata daun pepaya juga membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD) karena dapat meningkatkan trombosit. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya ternyata dapat melindungi sel darah dan menstabilkan membran. Sel darah tersebut tidak akan mengalami kerusakan akibat stress yang diderita pasien Demam Bersarah Dengue (DBD). Jadi, mungkin saja daun ekstrak pepaya ini dapat membantu dalam menjaga trombosit pada keadaan normal untuk pasien Demam Berdarah Dengue (DBD)

3. Buah kurma
Kandungan gula yang terdapat di dalam buah kurma ternyata dapat meningkatkan energi Anda ketika lemas atau masih lemah pasca menderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain kandugan gulanya, buah kurma juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan trombosit dalam darah. Ditambah lagi, kandugan asam amino dalam buah kurma dapat memperlancar pencernaan.

Itulah 3 makanan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun, jangan lupa untuk tetap konsultasikan penyakit Anda ke dokter. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda beserta keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Yang Dapat Menyembuhkan Demam Berdarah (DBD)

0 komentar:

Posting Komentar