Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Apa itu Tumor? Berikut ini Penjelasannya

Tumor merupakan gejala abnormal dimana terdapat tumbuh sel – sel tubuh yang tidak sesuai. Sel adalah bagian atau unit paling kecil yang menjadi susunan jaringan tubuh manusia. Di setiap sel terdapat kandungan gen yang fungsinya sebagai penentu pertumbuhan, perkembangan, atau perbaikan yang terjadi di dalam tubuh.



Ada berbagai jenis gen yang berguna sebagai pengontrol apakah suatu sel harus mati, membelah diri (bertambah banyak), atau berubah menjadi bentuk – bentuk tertentu (contohnya sel saraf atau sel otot). Pertumbuhan sel -  sel akan terganggu apabila terjadi suatu perubahan (mutasi) pada gen – gen tersebut.

Saat terjadinya tumor, sel – sel tua yang seharusnya sudah mati tetap ada, dan sel – sel baru tetap akan terbentuk walaupun tidak diperlukan oleh tubuh. Yang mengakibatkan, suatu massa akan terbentuk karena adanya sel – sel tambahan, sehingga muncul lah tumor.

Tumor dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tetapi tanggapan banyak orang mengenai tumor banyak yang kurang tepat, karena kebanyakan orang menganggap bahwa tumor itu pasti penyakit yang mematikan.

Tumor jinak biasanya hanya tumbuh di satu bagian tubuh, tidak menyebar mau pun menyerang bagian lain. Sedangkan tumor ganas atau yang terkenal dengan nama kanker merupakan tumor yang bisa menyerang jaringan di sekitarnya, masuk ke dalam pembuluh darah, dan sampai menyebar ke bagian tubuh yang lain. Perbedaan lainnya yaitu jika tumor jinak umumnya tidak akan kambuh kembali setelah diangkat, sedangkan tumor ganas mempunyai kemungkinan untuk dapat kambuh kembalI.

Berikut ini adalah penyebab dan juga faktor risiko yang memicu tumor.
Sampai dengan sekarang, sebab – sebab munculnya tumor masih belum dapat diketahui dengan pasti. Tumor ganas dan tumor jinak mempunyai penyebab dan faktor risiko yang hampir menyerupai, diantaranya yaitu:

1. Merokok.
Merokok biasanya selalu disangkutpautkan dengan berbagai jenis kanker contohnya kanker sel darah putih atau leukimia, dan juga kanker pada organ – organ tubuh lainnya seperti kerongkongan atau esofagus, paru – paru, pankreas, ginjal, mulut, dan juga lambung. Di amerika serikat, 30 persen kematian yang disebabkan oleh kanker harus dipertanggung jawabkan oleh merokok.

2. Infeksi
Terdapat beberapa jenis virus dan bakteri yang mempunyai kemampuan untuk memicu kanker, diantaranya yaitu:

  • Human Papilloma Virus atau HPV, yaitu virus yang dapat meningkatkan risiko kanker mulut rahim atau kanker serviks, penis, vagina, orofaring, dan anus.
  • Virus Hepatitis B & Hepatitis C, yaitu virus yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker hati.
  • Epstein – Barr Virus, yaitu virus yang memicu limfoma Burkitt.
  • Helicobacter pylori, yaitu bakteria yang mampu meningkatkan risiko kanker lambung.


3. Radiasi.
Terdapat dua jenis radiasi yang diduga berpotensi meningkatkan risiko kanker, yakni radiasi ultraviolet dari sinar matahari serta radiasi ion dari peralatan medis seperti sinar-X, CT scan, fluoroskopi, dan radiasi terapi nuklir.

4. Obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh
Obat-obatan jenis ini digunakan pada kondisi tertentu, seperti pada pasien yang baru saja mendapatkan transplantasi organ. Obat – obatan tersebut dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya kanker karena obat – obatan tersebut menurunkan kemampuan tubuh untuk menghadapi sel – sel kanker.

5. Pola makan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, serta berfungsi melindungi tubuh dari kanker di mulut, kerongkongan, lambung, dan paru-paru. Dan juga pola makan yang tidak baik, seperti yang tinggi lemak, protein, kalori, dan sebagainya diperkirakan bisa menyebabkan peningkatan risiko terjadinya kanker kolorektal, walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa dibuktikan.

6. Konsumsi alkohol
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berkaitan erat dengan meningkatnya risiko kanker mulut, kerongkongan, payudara, hati, dan kolorektal.

7. Aktivitas Fisik.
Berdasarkan penelitian,orang yang aktif secara fisik  memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker dibandingkan dengan orang yang kurang aktif.

8. Obesitas ( kelebihan berat badan)
9. Diabetes.
10. Faktor lingkungan.
11. Keturunan atau genetik.

Demikian artikel tentang tumor beserta penyebabnya yang bisa saya berikan, sekian dan terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di lain waktu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Tumor? Berikut ini Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar