Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Cara Diet Sehat Agar Hasil Maksimal

Dari dulu sampai sekarang, kata “Diet” seringkali terdengar dalam telinga kita.”Diet” sendiri identik dengan pengaturan pola makan, yang banyak orang, seringkali salah persepsi. Kebanyakan orang menjalani diet dengan makan hanya satu kali dalam sehari, tanpa peduli apa dampak yang akan ia dapatkan. Hanya dengan alasan ingin kurus, manusia menjalani diet tidak teratur tanpa pola yang baik tanpa ilmu. Memang mempunyai badan yang bagus, ramping,dan ideal adalah impian semua orang, tetapi jika tanpa pola makan yang teratur, jangankan mempunyai badan ideal, seseorang malah hanya mendapatkan penyakit.



Diet sendiri juga kadang dijalani ibu yang sedang hamil. Memang, diet sebelum dan selama awal kehamilan penting untuk perkembangan janin, tapi penting untuk disadari, pengendalian dan pengaturan pola makan adalah hal yang utama. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah bayi yang didalam tubuh sang ibu berisiko cacat, yaitu cacat saraf, kelainan tulang belakang, dan sumsum tulang belakang (spina bifida), bahkan yang terburuk yaitu kehilangan bagian otak dan tengkorak (anenchepaly). Janin yang terdapat di dalam tubuh sang ibu sangat memerlukan gizi yang baik, agar janin sang ibu sendiri dapat bertumbuh dan berkembang dengan sempurna. Nutrisi yang terpenting untuk ibu hamil dan janin sang ibu sendiri adalah nutri asam folat (vitamin B9) yang dapat mengurangi risiko cacat saraf. Ibu hamil juga harus mengkonsumsi multivitamin asam folat setidaknya 400 mikrogram sebelum dan selama kehamilan agar janin yang terdapat dalam tubuhnya mendapatkan pengendalian dan pencegahan dari berbagai penyakit. Kandungan asam folat terkandung dengan baik dan dapat kita temukan dengan mudah di dalam sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kacang polong, roti, dan sereal.

Efektif dan efisien merupakan kunci utama untuk menjalani Diet. Diet sehat dan mudah bisa kita lakukan dengan mengganti makanan pokok kita sehari-hari yaitu nasi, dengan ubi. Alternatif mengganti makanan pokok kita yaitu nasi, dengan ubi,adalah hal yang paling baik dan juga mudah. Ubi kaya akan serat, yang mana jauh lebih mudah dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan nasi. Serat juga berguna mempercepat proses transit makanan dalam usus, agar cepat dibuang dari dalam tubuh. Tanpa harus menyiksa tubuh dengan hanya makan sedikit setiap harinya, kita tidak perlu khawatir mengkonsumsi ubi dalam jumlah banyak, karena untuk mendapatkan karbohidrat, 1 jalar ubi (135 gram), berbanding jauh dengan nasi 1 centong (100 gram). Hal ini menjadi alternatif yang sangat baik untuk kita mengkonsumsi ubi dibandingkan nasi. Ubi juga dapat menjaga kesehatan usus karena ubi mengandung Flukto Oligosakarida (FOS) yang mana akan menjaga hasil cerna tubuh lebih baik. Selain itu, dengan mengkonsumsi ubi, kita dapat menurunkan berat badan, karena kandungan ubi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan nasi, 100 gram nasi mengandung 130 Kkal, dan ubi jalar hanya mengandung 90 Kkal.

Selain ubi, kentang juga dapat kita konsumsi untuk alternatif diet. Kentang dapat kita jangkau lebih mudah di tukang sayur, pasar, ataupun warung di dekat rumah. Waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi kentang adalah saat makan pagi dan makan malam, karena pada waktu sebelum pagi dan setelah makan malam tubuh akan melakukan pembakaran lemak, sehingga kita memerlukan asupan yang cukup. Makan kentang di saat pagi penting untuk memberi sumber tenaga pada tubuh (kentang sumber karbohidrat), dan juga memacu metabolisme tubuh. Kentang mengandung serat yang tinggi, sama seperti ubi, sehingga kita tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Kalori yang dikandungnya jauh lebih rendah, dan tubuh akan merasa fit karena akan medapatkan lonjakkan energi yang besar, juga mudah dikeluarkan kembali melalui feses. Menu diet kentang dapat kita olah dengan merebusnya, atau dengan mengukusnya didalam oven atau presto. Kentang menjadi karbohidrat utama pengganti nasi, dapat kita konsumsi 2-4 kali sehari. Sedangkan untuk orang yang awam mengganti nasi dengan kentang, bisa memulai diet kentang sebagai selingan terlebih dahulu. Demikian tentang diet sehat, semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Diet Sehat Agar Hasil Maksimal

0 komentar:

Posting Komentar