Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Kulit Wajah

Masalah wajah terutama bagian kulit yang berminyak sering kali membuat tingkat kepercayaan diri kita menurun. Selain ketika kita melakukan swafoto kulit wajah kita akan terlihat berkilap, dan dengan perawatan yang tidak sesuai maka kulit yang berminyak tersebut akan menyebabkan kulit wajah kita berjerawat dan terlihat kusam. Sebenarnya kulit wajah kita memang menghasilkan minyak. Namun, banyak orang yang memiliki kulit yang kelebihan dalam menghasilkan minyak sehingga wajahnya selalu terlihat berminyak.



Ada berbagai macam jenis kulit wajah. Ada yang jenis kulitnya selalu kering, halus, sensitif, kasar, hingga yang selalu berminyak. Setiap jenis wajah tersebut tentu memerlukan perawatan yang berbeda dalam mengatasi kulit berminyak. Masing - masing dari jenis wajah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Bila Anda adalah seorang yang terlahir denga kulit wajah yang selalu berminyak setiap saat maka Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Lain hal bila Anda adalah seorang yang memiliki kulit wajah normal dan jarang sekali berminyak tetapi akhir - akhir ini selalu berminyak, tandanya ada sesuatu yang terjadi dengan kulit wajah Anda.

Pengebab Kulit Berminyak

1. Perubahan pada hormon tubuh
Kalau Anda memang terlahir dengan kulit wajah yang normal dan tidak berminyak tetapi sekarang - sekarang ini menjadi berminyak, bisa saja karena hormon tubuh Anda mengalami perubahan. Bisa karena Anda sedang stress atau bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi.

2. Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan
Mengonsunsi makanan yang kaya akan minyak secara berlebihan dan terus - menerus dapat menyebabkan produksi minyak dalam kulit wajah Anda terganggu sampai bisa membuat produksi minyak dalam kulit wajah meningkat sehingga membuat wajah Anda berminyak.

3. Memakai alat perawatan wajah yang salah
Bila Anda seorang wanita yang gemar mengganti - ganti produk perawatan wajah, bisa saja itu salah satu yang menyebabkan kulit Anda tiba - tiba berminyak. Memilih produk perawatan wajah harus menyesuaiakan dengan jenis dan tipe kulit wajah Anda. Bila salah dalam memilihnya, maka kulit wajah Anda dapat melakukan penolakan salah satu caranya dengan menghasilkan minyak berlebih.

4. Cuaca
Bisa saja karena pergantian cuaca yang ekstrim menyebabkan produksi minyak di kulit wajah Anda meningkat.

Cara mengatasi kulit berminyak di wajah

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu diperlukan penanganan khusus yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Namun, Anda dapat melakukan pencegahan atau mengatasi masalah tersebut sendiri dengan beberapa tips yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Rutin membersihkan wajah
Tentunya bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini atau malas untuk melakukannya. Padahal, rutin membersihkan wajah Anda dengan produk yang tepat secara rutin setiap hari, dapat menghilangkan kulit berminyak di wajah. Anda dapat melakukannya setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

2. Menggunakan produk perawatan wajah yang tepat
Untuk membersihkan wajah, terutama bagi Anda yang menggunakan sabun, cari lah produk pembersih wajah yang dikhususkan bagi penderita wajah berminyak. Sehingga Anda akan dengan mudah menghilangkan minyak di wajah Anda tersebut.

3. Menghilangkan make-up dengan bersih
Ini yang sering kali disepelekan oleh sebagian wanita. Bagi mereka yang sering sekali menggunakan make-up akan terasa malah saat membersihkannnya. Padahal, Anda harus membersihkan sisa - sisa make-up di wajah Anda tersebut secara bersih agar sisa - sisa make-up yang menumpuk tidak menimbulkan masalah lain di wajah Anda.

4. Membersihkan wajah dengan air hangat
Nah, ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk dilakukan. Anda dapat membersihkan secara rutin wajah Anda dengan air hangat sebelum dan sesudah beraktifitas. Dengan begitu, minyak di kulit wajah Anda akan berkurang karena bantuan air hangat tersebut.

Itulah sedikit pembahasan mengenai penyebab kulit berminyak serta cara - cara ampuh yang dapat menghilangkan minyak di wajah. Pastikan Anda melakukan cara - cara tersebut secara rutin agar minyak di wajah Anda dapat berkurang secara signifikan. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Kulit Wajah

0 komentar:

Posting Komentar