Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Penyebab Hidung Mampet atau Tersumbat dan Cara Menyembuhkannya

Aktivitas keseharian Anda ketika hidung tersumbat tentu akan terganggu karena akan merasa tidak nyaman. Penyebab hidung tersumbat pun bermacam - macam. Hidung tersumbat dapat terjadi karena jaringan di dalam hidung terganggu. Iritasi yang diakibatkan karena menghirup polusi udara seperti asap rokok atau pun asap kendaraan dapat menjadi penyebab gangguan pada hidung. Selanjutnya, penyebab lain dari hidung tersumbat bisa karena infeksi seperti ISPA dan influenza, lalu bisa juga karena sinusitis dan alergi.



Selaput yang terdapat di hidung yang berguna untuk melindungi saluran hidung akan meradang bila Anda menghirup udara kotor seperti asap knalpot dan asap rokok atau pun ketika Anda terkena alergi. Ketika itu lah hidung akan memproduksi lendir yang berguna melindungi hidung dari sesuatu yang mengganggu. Lendir yang dihasilkan inilah yang menjadikan hidung tersumbat.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, ada banyak faktor yang menyebabkan hidung tersumbat atau mampet. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai penyebab hidung tersumbat atau mampet:

1.Batuk dan Pilek
Benda asing yang masuk ke saluran napas bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan dapat menyebabkan Anda batuk dan pilek. Pilek yang akan menyebabkan hidung Anda mempet. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena pilek akan sembuh dengan sendirinya kurang lebih 7 sampai 10 hari.

2. Influenza
Influenza atau yang biasa disebut flu, merupakan penyakit yang mengganggu sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru - paru karena serangan virus. Kondisi seperti ini juga dapat menyebabkan hidung mampet atau tersumbat. Sama halnya seperti pilek, flu akan sembuh dengan sendirinya. Namun, akan sangat membahayakan bila sudah terjadi komplikasi.

3. Alergi
Bila Anda seorang penderita alergi dan sedang terkena penyebab alergi, maka sistem tubuh akan beraksi. Pada alergi tertentu, bisa membuat sistem pernapasan terganggu, sehingga dapat memancing hidung memproduksi lendir. Sehingga kondisi ini memungkinkan hidung Anda tersumbat.

4. Sinusitus Akut
Batuk dan pilek bisa menyebabkan sinusitus akut. Sebenarnya kondisi ini sama seperti flu dan pilek, bisa sembuh dengan sendirinya sekitar semingguan. Namun, saat kondisi ini terjadi, rongga hidung akan menyempit karena peradangan yang terjadi. Produksi lendir pun akan meningkat secara drastis. Sehingga dapat memicu hidung tersumbat.

Cara Menyembuhkan Hidung Mampet atau Tersumbat
Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan hidung tersumbat. Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga dspat mengurangi gejala hidung mampet atau tersumbat.

1. Minum obat penghilang rasa sakit
Meminum obat yang mengandung kandungan paracetamol dapat menyembuhkan hidung mampet. Anda dapat menemukan jenis obat ini di apotek dengan berbagai merk.

2. Dekongestan
Zat ini memiliki sifat yang dapat menyembuhkan hidung tersumbat karena bisa meredakan pembengkakan pada hidung akibat kondisi yang membuat hidung mampet

Selain obat - obatan yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara lain yang mungki dapat Anda lakukan agar dapat membantu meredakan hidung mampet atau tersumnat, yaitu sebagai berikut:

Anda dapat minum air lebih banyak lagi, mungkin bisa berkali - kali selama hidung mampet, sehingga kekentalan lendir di hidung akan berkurang dan akhirnya bisa dikeluarkan.

Cara lain yang direkomendasikan adalah menghirup uap air hangat. Anda bisa membuat segelas air putih hangat, lalu hirup uap air secara perlahan sampai hidung Anda lebih terasa lega.

Mungkin bila kedua cara tersebut sudah dilakukan dsn tidak berhasil mengatasi hidung tersumnat, Anda dapat mandi menggunakan air hangat sehingga seluruh tubuh Anda hangat termasuk bagian hidung.

Membasuh wajah dengan handuk hangat juga bisa dilakukan bila Anda malas untuk mandi. Siapkan air panas yang sudah mulai menghangat, lalu masukan handung ke dalam air hangat tersebut, selanjutnya usapkan handuk tersebut ke wajah Anda.
Nah, selama Anda mengalami hidung tersumbat, hindari berenang di kolam yang mengandung klorin, karena hal itu dapat memperparah kondisi hidung mampet Anda.

Berbagai cara sudah dijelaskan di atas, Anda dapat memilih cara - cara yang Anda rasa mudah dilakukan untuk membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Coba lah dari mulai cara termudah agar Anda tidak kerepotan. Biasanya setelah melakukan salah satu cara tersebut hidung Anda akan kembali normal.
Sekian informasi yang bisa diberikan mengenai penyebab hidung mampet dan cara menyembuhkannya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Hidung Mampet atau Tersumbat dan Cara Menyembuhkannya

0 komentar:

Posting Komentar