Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia. Nyawa akan 'melayang' ke udara bila jantung sudah berhenti berdetak. Maka dari itu, mejaga kesehatan jantung merupakan prioritas utama. Namun, dewasa ini tidak banyak orang yang peduli dalam menjaga kesehatan jantung. Memang bukan hal yang mudah dalam menjaga kesehatan jantug. Tetapi dimulai dari sekarang merupakan sebuah keharusan. Berikut ini ada 5 cara menjaga kesehatan jantung.



1. Tidur yang cukup
7 jam sehari merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk tidur dan beristirahat. Sebuah studi menyatakan orang yang tidur kurang dari enam jam per hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dua kali lipat, termasuk penyakit stroke dan serangan jantung. Hal tersebut disebabkan karena kurang tidur dapat mengganggu sistem biologis tubuh dan dapat mempengaruhi kondisi jantung dan tekanan darah.

2. Menjaga kesehatan gigi
Sebagian besar masyarakat pasti tidak mengetahui hubungan kesehatan gigi dengan jantung. Gigi yang sehat berarti akan mendapatkan jantung yang sehat, ini berbanding lurus. Hal tersebut karena faktor risiko dari penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama satu dengan yang lainnya.

Apabila kesehatan gigi tidak terjaga maka akan banyak bakteri yang terdapat di gigi dan gusi. Bakteri - bakteri yang menyebabkan penyakit gusi dapat masuk ke aliran darah kemudian menyebabkan peradangan darah pada pembuluh darah Anda karena peningkatan kadar protein C-reaktif.

3. Jangan duduk terlalu lama
Hindari lah pekerjaan yang membuat Anda harus duduk terlalu lama, karena duduk terlalu lama sangat mengganggu kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukan orang yang duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.

4. Kenali lemak berbahaya
Banyak dari kita tidak mengetahui berbagai jenis lemak. Padahal, ada lemak yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Salah satunya adalah lemak trans atau yang biasa kita kenal dengan lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan. Lemak ini biasanya terdapat di makanan dalam kemasan, makanan cepat saji, dan makanan olahan. Lemak tak jenuh dapat mengurangi kolesterol baik di tubuh. Sebaliknya, lemak tak jenuh justru meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Namun, terkadang lemak tak jenuh memang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, menjaga pola makan dan pola hidup sehat yang baik adalah hal yang perlu diperhatikan.

5. Berolahraga secara rutin
Salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung adalah berolahraga secara rutin. Banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan seperti berenang, berlari, bersepeda, yoga, atau mendaki bisa menjadi alternatif olahraga lainnya.

Anda harus membiasakan diri untuk berolahraga rutin dengan intensitas selama 30 menit. Lalukan hal tersebut 5 hari dalam seminggu. Hal tersebut seperti yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia untuk pria atau wanita yang berusia 18 sampai 64 tahun.

Bila Anda sudah terbiasa melakukan hal tersebut atau bahkan suka sekali untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan - keuntungan seperti jantung yang sehat dan terhindar dari depresi, diabetes, hingga kanker payudara.

6. Konsumsi makanan sehat
Anda perlu menghindari menu makanan seperti kue, roti, atau roti tepung olahan, juga makanan yang mengandung gula, seperti soda dan jus dalam kemasan, karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah berhenti mengonsumis makanan yang mengandung gula berlebih, karena hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan jantung.

Makanlah makanan - makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Anda dapat mengonsumsi buah segar, sayuran, buah kering, kacang - kacangan dan biji sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Demikian informasi mengenai 6 cara menjaga kesehatan jantung, yang terpenting Anda harus sadar bahwa jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Jangan pernah meremehkan hal tersebut karena risiko yang dihadapi sangat besar. Lakukanlah tips yang sudah dijelaskan di atas dengan baik, agar kesehatan jantung Anda terjaga dan terus bedetak kencang. Semoga apa yang ditulis di artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

0 komentar:

Posting Komentar