Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Cara Menurunkan Demam Secara Alami

Setiap orang memiliki suhu rata - rata yang berbeda dengan selisih 1 sampai 2 derajat dari suhu normal. Namun, biasanya suhu rata - rata normal untuk orang yang sudah dewasa adalah 37 derajat celcius. Apabila suhu Anda meningkat lebih dari 38 derjat celcius maka itu disebut demam. Dan bila suhu rata - rata tubuh Anda meningkat sampai 39 derajat celcius, itu artinya telah terjadi infeksi serius di dalam tubuh Anda.

Cara Menurunkan Demam dengan Cepat



Demam merupakan suatu hal yang wajar karena merupakan pertanda adanya infeksi di dalam tubuh Anda. Sel darah putih dalam tubun akan mengeluarkan zat yang bernama pyrogen sebagai reaksi adanya serangan virus atau bakteri dalam tubuh. Zat pyrogen tersebut akan memberikan tanda ke otak agar meningkatkan suhu tubuh ketika zat tersebut sampai ke otak.

Penyebab demam

Banyak sekali kemungkinan yang bisa menyebabkan demam dalam tubuh. Berikut ini merupakan penyebab demam yang bisa Anda hindari, yaitu:


  • Tertular suatu penyakit dari orang lain
  • Kelelahan akibat terpapar cahaya dan sinar matahari terlalu lama
  • Terjadi infeksi mononucleosis
  • Terjadi infeksi tenggorokan
  • Gejala Demam
  • Gejala demam dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Gejala yang terjadi biasa dikarenakan oleh penyebab demam itu sendiri. Namun, gejala demam secara umum biasanya adalah sebagai berikut: 
  • Batuk secara terus - menerus
  • Badan terasa menggigil
  • Kepala terasa sakit
  • Sakit di kepala
  • Sakit di tenggorokan
  • Sakit pada bagian otot
  • Diare
  • Muntah - muntah
  • Hilangnya nafsu makan
  • Terasa kelelahan


Cara Menurunkan Demam Secara Alami

Rasa tidak nyaman pada tubuh akan muncul bagi penderita demam. Hal tersebut merupakan reaksi dari tubuh Anda dan biasanya membuat kita malas untuk melakukan aktivitas sehari - hari, seperti tidak nafsu akan, malas berjalan, hanya ingin tidur saja. Namun, bagi yang sedang demam, tidur pun tak akan nyenyak. Agar hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi, sebaiknya ikuti saran yang diberikan di bawah ini:

1. Mandi dengan air hangat
Bagi sebagian orang mandi air hangat saat demam merupakan sebuah keharusan, hal tersebut karena bila kita mandi dengan air hangat ketika demam, tubuh kita akan merasa nyaman dan lebih enak dibanding sebelumnya. Hal itu karena air hangat akan membunuh organisme dan bakteri tak baik di dalam tubuh. Sebaliknya, jangan sekali - sekali mencoba iseng untum mandi dengan air dingin, karena mandi dengan air dingin dapat menyebabkan suhu dalam tubuh Anda semakin meningkat.

2. Kompres dengan air hangat
Saat kita kecil biasanya ketika kita demam akan diberikan kompres air hangat oleh orang tua, dan faktanya hal tersebut memang dapat menurunkan suhu tubuh. Cara untuk kompres air hangat cukup mudah. Siapkan kain bersih, lalu rendamlah kain bersih tersebut dengan air panas, dan ketika hangat tempelkan kompresan tersebut di dahi atau pun lengan.

Selain dengan kain bersih, Anda pun juga dapat menggunakan kaos kaki sebagai kompresan. Pertama, rendamlah kaos kaki Anda dengan air panas. Lalu, basahi kembali kaos kaki tersebut tetapi dengan air dingin. Selanjutnya, peras kaos kaki tersebut dan gunakan lah ketika tidur. Dengan metode ini, ternyata dapat memperlancar sirkulasi darah.

3. Meminum teh jahe
Diketahui jahe yang termasuk dalam rumpun rempah - rempah ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh. Ternyata, dengan meminum teh hangat beserta jahe dapat membuat demam menjadi turun disebabkan keluarnya keringat.

4. Mengonsumsi jus buah
Selain menyegarkan, minuman yang menjadi salah satu minuman terfavorit ini juga memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah dehidrasi dan menurunkan suhu tubuh. Sebagai contoh, nanas merupakan buah yang dapat menurunkan demam karena kandungan di dalamnya. Zat antiradang dalam nanas ini juga dapat menghindari dehidrasi.

Sekian informasi mengenai cara menurunkan demam secara alami dan cepat, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempraktekan apa yang sudah dijelaskan di rumah. Karena tips yang diberikan diatas sama sekali tidak ada yang memungut biaya. Jadi, tentu dapat dengan mudah dicoba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menurunkan Demam Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar