Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Cara Menyembuhkan Sariawan

Sariawan, penyakit  yang sangat sering kita jumpai di dalam masyarakat. Sariawan merupakan luka yang berada di dalam mulut sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga sakit ketika tersentuh. Sariawan biasanya terdapat pada bagian dalam pipi, bibir, lidah, dan juga permukaan gusi. Di Indonesia, sariawan terjadi lebih dari 2 juta kasus per tahunnya. Penderita sariawan umumnya dapat mengobati sariawan itu sendiri tanpa bantuan dokter. Sariawan juga termasuk penyakit yang berjangka pendek, kebanyakan sembuh dalam hitungan harian atau pun mingguan.



Sariawan adalah luka kecil yang berbentuk lingkaran atau oval, berwarna putih, kuning, atau putih kekuningan dan karena peradangan, disekitar sariawan biasanya berwarna kemerahan. Sariawan yang muncul dapat berjumlah lebih dari luka, bahkan untuk beberapa kasus sariawan bisa muncul dengan jumlah yang relatif banyak. Bila dilihat dari segi ukuran, sariawan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sariawan mayor, sariawan minor, dan sariawan herpatiformis. Ukuran luka dari sariawan minor berdiameter sekitar 1 cm dan merupakan sariawan yang sangat sering diderita orang-orang. Berbeda dengan sariawan minor, luka sariawan mayor berdiameter 2-3 cm dan dibandingkan dengan luka sariawan minor, luka sariawan mayor lebih dalam dengan tepi yang tidak beraturan. Dan yang terakhir ada sariawan herpatiformis, sariawan yang satu ini berbeda dengan kedua sariawan sebelumnya (sariawan minor dan sariawan mayor), ukuran luka sariawan herpatiformis sangat kecil yaitu 1-2 mm namun sariawan herpatiformis tumbuh dengan berkelompok sekitar 10 sampai 100 luka.

Sariawan biasa muncul ketika calon penderita sedang stress, terserang infeksi dari suatu virus, mengalami cedera atau kerusakan pada lapisan dalak mulut (mungkin tergigit dan lain-lain), kekurangan vitamin dan mineral, mengalami perubahan hormon (seperti saat menstruasi, masa kehamilan, dan lain sebagainya), alergi, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, terkena efek samping dari obat yang digunakan calon penderita, menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan natrium lauret sulfat, dan juga calon penderita yang baru mulai berhenti merokok biasanya akan terkena sariawan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan penderita sariawan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan rasa nyeri akibat sariawan, yaitu:
1.Minum dengan menggunakan sedotan,
2.Menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi sariawan seperti makanan keras, pedas, asam, dan sebagainya,
3.Memakan makanan yang lembut dan lunak seperti bubur, dan lain-lain,
4.Menggunakan pasta gigi yang aman untuk kesehatan mulut.

Untuk pengobatan sariawan, biasanya sariawan akan sembuh dengan sendirinya namun jika luka pada sariawan bertambah parah maka dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan, seperti obat pereda nyeri yang biasanya berbentuk obat semprot, obat kumur, atau gel. Kemudian ada obat kortikosteroid yang berguna untuk meringankan rasa nyeri dan juga mempercepat penyembuhan. Selanjutnya, obat antimikroba yang baik untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah infeksi. Dan terakhir, obat immunosupresan untuk memperlambat terbentuknya luka pada mulut (biasanya diperuntukkan bagi penderita sariawan yang parah).

Ada juga beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan, seperti meminum air kelapa, berkumur menggunakan air rebusan kulit batang jambu air, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, pemeriksaan oleh dokter tidak perlu dilakukan oleh penderita sariawan namun dalam beberapa kasus pemeriksaan oleh dokter harus dilakukan, yaitu:
1.Penderita mengalami sariawan yang repetitif (berkali-kali),
2.Luka sariawan menjadi semakin parah (bertambah sakit atau menjadi merah) yang menunjukkan terjadinya infeksi oleh bakteri,
3.Sariawan yang tidak juga sembuh dalam waktu yang cukup lama (minimal 3 minggu).

Lebih baik mencegah daripada mengobati, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya sariawan:
-Rutin mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B dan C,
-Hindari kegiatan-kegiatan yang mendatangkan stress,
-Hindari mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras,
-Hindari makanan dengan tingkat keasaman tinggi dan juga pedas,
-Gunakan sikat gigi yang sesuai dengan bentuk mulut dan pasta gigi yang aman untuk kesehatan mulut,
-Jaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan baik dan benar.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai sariawan, semoga bermanfaat bagi banyak orang. Sampai jumpa di lain waktu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyembuhkan Sariawan

0 komentar:

Posting Komentar