Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Jangan Remehkan Keringat Dingin

Bila seseorang banyak melakukan aktivitas fisij atau terkena udara yang cukup panas, maka tubuh orang tersebut akan mengeluarkan keringat. Tetapi bila yang muncul adalah keringat dingin busa menjadi indikasi awal adanya masalah lain di dalam tubuh.



Pemicu keringat dingin cukup beragam, mulai dari panik, stress, tegang, galau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, ternyata keringat dingin bisa saja menjadi tanda sebuah masalah kesehatan yang cukup serius, sehingga pendertanya harus segera diberikan perlongan secepatnya.

Gejala - gejala Keringat Dingin

Keringat dingin biasanya akan muncul pada bagian telapak tangan, ketiak, kaki, dan bawah lengan. Keringat dingin biasanya juga dibarengi dengan timbulnya gejala - gejala lain, itu semua tergantung dari kondisi kesehatan pasien. Gejala yang biasanya muncul seperti tubuh yang menggigil, kulit jadi pucat, sakit kepala, pusing, stress atau galau, kelelahan, perut terasa mual atau muntah - muntah. Apabila seseorang terkena keringat dingin, tubuhnya juga akan menjadi dingin.

Penyebab Keringat Dingin

Ada beragam kondisi kesehatan yang bisa menimbulkan keringat dingin. Berikut ini akan dijelaskan secara detail penyebab - penyebabnya:

1. Sedang menderita rasa sakit yang parah, misalnya akibat patah tulang, atau migrain.
2. Kadar gula darah yang rendah.
3. Sedang mengalami infeksi, seperti pneumonia, tuberkulosis, dan infeksi ginjal.
4. Menjadi gejala awal kanker. Apabila Anda mengalami keringat dingin yang terjadi pada malam hari dengan berat badan yang turun tanpa sebab dan timbul demam, bisa jadi itu pertanda dari kanker ilmfoma.
5. Reaksi alergi yang membahayakan jiwa atau disebut dengan anaphylaxis.
6. Trauma akibat penyakit akut atau cedera parah.
7. Produksi keringat berlebih atau hyperhidrosis.
8. Menopause untuk wanita usia 40 tahun ke atas.
9. Mengonsumsi berbagai macam obat, misal obat antibotik atau obat penurun demam.
10. Batu ginjal. Ada masalah pada ginjal.

Selain dari itu, kurangnya pasokan oksigen atau darah di dalam tubuh dapat menjadi penyebab keringat dingin, misalnya akibat dari:

1. Pendarahan dalam.
2. Kesulitan bernapas.
3. Tekanan darah rendah (hipotensi).
4. Serangan jantung atau angina.
5. Meredakan Keringat Dingin

Ada baiknya apabila mengalami keringat dingin segera menyelidiki penyeba nya. Apabila penyebabnya karena stress, maka bisa diatasi dengan dilakukan sendiri di rumah. Tapi apabila membutuhkan pertolongan, segera lah konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang paling tepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri:

Memperbaiki pola makan. Makan jangan terlalu dekat ketika Anda ingin tidur malam, dan juga jangan banyak - banyak mengonsunsi makanan yang tinggi gula sebelum tidur. Jika kadar gula darah dalam tubuh Anda rendah, jangan melewatkan untuk makan atau atur waktu makan untuk beberapa waktu dalam sehari.

Buatlah kamar senyaman mungkin. Pilih hordeng yang berwarna gelap dan jauhkan benda - benda yang dapat memantulkan cahaya seperti laptop, handphone, lampu atau TV agar Anda terhindar dari gangguan cahaya ketika tidur. Ketika Anda tidur, gunakan pakaian yang nyaman dan lembut, atur juga suhu kamar Anda agar terasa sejuk.

Anda harus lebih aktid. Buatlah tubuh Anda bergerak dan lebih aktif, Anda dapat melakukan olahraga pernapasan atau pun yoga serta jogging. Dengan olahraga tersebut Anda dapat membuat tubuh Anda terasa rileks. Kalau memang diperlukan, lakukan aktivitas yang dapat mengalihkan pikiran negatif Anda seperti bermain catur, membaca buku, atau pun bermain game.

Mengonsumsi obat - obatan. Apabila keringat dingin tersebut terus mengganggu, Anda dapat mengonsultasikan ke dokter mengenai obat yang ampuh mengatasi keringat dingin agar Anda kembali merasa nyaman.

Pada kondisi tertentu, keringat dingin yang keluar dari badan Anda dapat menjadi pertanda penyakit atau keadaan darurat yang sangat berbahaya. Segera cek ke dokter apabila keringat dingin yang timbul itu berbarengan dengan keluhan lain seperti demam tinggi, kejang - kejang, kulit dan bibit yang pucat atau membiru, dan buang air besar mengeluarkan darah. Apabila Anda mengalami keluhan lain seperti detak jantung yang tidak teratur, nyeri pada dada, punggung, tenggorokan terasa tercekik, dan sulit bernapas, semua itu patut diwaspadai sebagai gejala penyakit berbahaya.

Waspadai ketika Anda atau orang - orang terdekat Anda mengalami keringat dingin, apalagi kalau diiringi dengan gejala - gejala lain. Apabila keringat dingin tersebut muncul karena penyakit lain, maka dapat mengancam jiwa, harus bisa segera diberikan pertolongan medis
.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Remehkan Keringat Dingin

0 komentar:

Posting Komentar