Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Kandungan Buah dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Buah adalah asupan gizi yang sangat penting untuk tubuh. Banyak orang yang menyepelekan mengonsumsi buah, atau hanya mengonsumsi buah sebagai penutup dan makanan sampingan, padahal didalam buah terdapat banyak kandungan nutrisi yang mana tubuh sangat memerlukannya. Tubuh manusia tidak akan mendapatkan kebugaran secara prima jika kekurangan konsumsi buah, karena hanya didalam buah lah terdapat kandungan nutrisi, gizi, dan vitamin yang lengkap. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam buah :



1. Air
Tidak hanya dari dengan air minum, buah juga mengandung banyak air. Kandungan air yang terdapat dalam buah ini bermanfaat untuk mengurangi masalah pencernaan, mengembalikan energi setelah lelah beraktivitas, memberikan tambahan energi, dan tentunya juga dapat menghilangkan rasa haus. Buah yang paling banyak mengandung kadar air adalah ; Semangka, Belimbing , Stroberi, Nanas, Timun, dll.

2. Vitamin dan Mineral
Vitamin dan Mineral bekerja penting didalam tubuh untuk kinerja metabolisme. Vitamin dan Mineral berguna untuk melawan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh yang berpotensi menjadi sumber penyakit, dan juga mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Vitamin sendiri terdapat 2 jenis, yaitu vitamin larut lemak, dan vitamin larut air. Vitamin yang larut dalam lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin yang larut dalam air terdiri dari vitamin B, dan vitamin C. Vitamin berperan penting dalam menjaga kinerja organ tubuh, memperlancar sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, membantu pengeluaran energi, membantu metabolisme, serta melawan berbagai penyakit. Sedangkan itu, mineral berguna untuk membentuk serta mempertahankan tulang gigi dan gusi, sistem kekebalan, membantu produksi energi, perlindungan terhadap risiko kanker, membakar lemak, pengontrolan gula darah, dan transportasi oksigen dari paru-paru ke dalam tubuh. Mineral sendiri terdiri dari ; Kalsium, Fosfor, Magnesium, Asam Folat, Zinc, Zat besi, Iodine, dll. Vitamin dan Mineral terkandung dengan baik didalam semua buah-buahan, tetapi untuk vitamin, berbeda-beda kandungannya di dalam setiap buah. Misalnya buah Apel, mengandung vitamin A, B kompleks, zat besi, dan kalsium, bermanfaat untuk mengontrol gula darah, menyehatkan jantung, mengurangi dan mengendalikan kadar kolesterol, dan mengatasi diare. Buah Kurma, buah yang paling banyak terdapat di jazirah Arab dan dikonsumsi muslim ini mengandung potassium dan magnesium yang tinggi, serta terdapat vitamin B kompleks dan vitamin C, berguna untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan sistem saraf, dan antioksidan. Buah Pir, mengandung vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan magnesium, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit, mencegah risiko terkena stroke,  dan juga menjaga fungsi pencernaan dengan baik.

3. Serat
Seperti yang kita tahu, serat berguna sangat penting dalam proses kelancaran pencernaan, serat membantu tubuh dalam proses penyerapan, juga mencegah berbagai penyakit pencernaan seperti wasir dan polip usus. Kandung serat banyak terkandung didalam buah Alpukat, Apel, Beri-berian, Pisang, dll. Buah yang mengandung serat dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang menjalani diet karena akan mengendalikan nafsu makan, peningkatan penyerapan makanan dalam tubuh, dan kelancaran proses pencernaan.

4. Karbohidrat
Karbohidrat terdiri dari Glukosa dan Fruktosa, kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah sangat menyehatkan bagi tubuh karena mudah diubah menjadi energi karena tidak membutuh hormon insulin untuk mengubahnya sehingga tidak membebani kerja pankreas dalam tubuh. Buah yang paling banyak mengandung karbohidrat didalamnya adalah buah Pisang. Pisang dapat menjadi pilihan diet bagi seseorang yang menjalankannya, karena Pisang dapat menjadi makanan utama. Dengan mengkonsumsi pisang, perut kita akan terasa kenyang terlebih dahulu sehingga otomatis kita tidak akan mengonsumsi makanan secara banyak ataupun berlebihan.

5. Antioksidan
Poin terakhir, tetapi yang sangat utama. Antioksidan adalah kandungan yang sangat dicari semua orang. Kenapa? , karena antioksidan berfungsi baik dalam melawan berbagai penyakit. Setiap pasien rumah sakit pasti diberi buah disetiap porsi makannya, karena selain buah yang melengkapi makanan tersebut, dari buah lah antioksidan yang baik ditemukan. Mengonsumsi buah buahan tidak ada efek samping apapun, melainkan kita akan mendapatkan kondisi tubuh yang fit.  Dari segi perlawanan terhadap penyakit, antioksidan mencegah risiko kanker, kardiovaskular, katarak , alzheimer, bahkan radikal bebas. Tidak hanya itu, dari segi kecantikan, antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini karena sangat baik untuk kesehatan kulit.

Demikian yang penulis dapat sampaikan mengenai kandungan buah serta manfaatnya, artikel ini bersumber dari berbagai referensi yang aktual dan terpercaya, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kandungan Buah dan Manfaatnya Bagi Tubuh

0 komentar:

Posting Komentar