Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau

Manfaat yang bisa didapatkan dari kacang hijau tentu sangat banyak. Dari sekian banyak jenis kacang - kacangan, tentunya kacang hijau menempati urutan pertama sebagai kacang yang memiliki kandungan manfaat yang sangat tinggi untuk kesehatan manusia. Pada saat ini, kacang hijau lebih sering dibuat sebagai bubur yang sangat lezat dan dijadikan es kenyot yang sangat menyegarkan. Bagi seorang vegetarian atau pemakan sayur - sayuran, kacang hijau menjadi makanan favorit, karena bukan hanya karena rasanya yang lezat, tapi juga karena kandungan gizi di dalamnya yang sangat cukup untuk memenuhi asupan nutrisi seseorang.



Kandungan Nutrisi Kacang Hijau dan Manfaatnya

Kacng hijau memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini akan diuraikan mengenai berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau.

1. Kaya Akan Serat
Ternyata kacang hijau kaya akan serat karena kandungan serat yang terdapat di dalam kacang hijau sekitar 9% per 100g RDA. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan karena proses pencernaan akan lebih mudah dan menyehatkan. Kacang hijau juga dapat melindungi lendiri pada usus besar. Bila asupan serat dalam tubuh Anda cukup, maka tubuh Anda akan kehilangan kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh Anda.

2. Mengandung Vitamin A
Di dalam kacang hijau terdapat berbagai macam vitamin dan mineral, salah satunya vitamin A dengan kadar yang cukup baik. Kita tahu vitamin A tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Dengan Anda rutin memakan kacang hijau maka Anda turut menjaga kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, konsumsi lah kacang hijau secara rutin agar mata Anda tetap sehat. Anda bisa mengolah kacang hijau dengan dibuat sebagai bubur yang sangat lezat. Bubur kacang hijau itu bisa Anda berikan setiap pagi sebagai pelengkap sarapan buah hati Anda. Berikan juga bubur kacang hijau kepada sang buah hati ketika masih kecil setiap sebelum tidur, karena bisa menjadi pengganti susu.

3. Rendah Kalori
Dalam 1000 gram atau satu kilogram kacang hijau ternyata hanya mengandung 310 kalori dan 27 gram serat. Itu artinya kacang hijau termasuk makanan rendah kalori sehingga tidak membuat kegemukan. Jadi, bagi Anda yang memiliki progran diet sangat cocok untuk mengonsumsi kacang hijau. Selain itu, kacang hijau juga cocok bagi penderita diabetes, karena walaupun kacang hijau rasanya manis, namun kandungan gulanya sangat rrendah. Tips untuk program diet, Anda tidak perlu mengurangi porsi makan yang sangat ekstrem, karena hal tersebut sangat tidak diperlukan si sini. Anda dapat mengganti nasi dengan semangkok bubur kacang hijau hangat yang sangat lezat. Lakukan itu ketika pagi dan malam hari sebelum tidur.

4. Vitamin B6
Selain vitamin A, ternyata kacang hijau juga sangat kaya akan berbagai macam vitamin, karena berdasarkan fakta yang ada,  beberapa vitamin B yang baik untuk tubuh terkandung di dalam kacang hijau, seperti vitamin B6-(pyridoxine), tiamin atau yang biasa disebut vitamin B1, dan vitamin C. Bila Anda rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, maka akan meningkankan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan radikal bebas. Jadi, konsumsi lah kacang hijau setiap hari agar asupan nutrisi Anda tercukupi terutama vitamin B6.

5. Mineral Esensial
Selain vitamin - vitamin yang terkandung di dalam kacang hijau, mineral alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolismenya juga ada di dalam kandungan kacang hijau, seperti kalsium, magnesium, zat besi, mangan, dan kalium. Kalium di dalam kacang hijau merupakan hal yang penting karena kaliun berfungsu untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

6. Sumber Protein dan Karbohidrat
Sama halnya dengan kacang - kacangan lainnya. Kacang hijau juga sebagai sumber utama protein dan karbohidrat. Protein itu bisa bermanfaat sebagai pencegah bayi lahir cacat. Karbohidratnya bisa digunakan sebagai penguat janin ketika hamil. Jadi, kacang hijau sangat cocok bagi ibu hamil.

Demikian lah informasi mengenai kandungan nutrisi kacang hijau serta manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda. Sampai ketemu di artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau

0 komentar:

Posting Komentar