Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Kebugaran Jasmani Sangat Penting Untuk Kesehatan

Kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani adalah aspek utama, dan paripurna dalam kehidupan. Manusia tidak dapat mengaktualisasikan dirinya,melakukan rutinitas sehari-hari, menjalani profesi, kegiatan pendidikan,melakukan segala aktivitas,jika ia tidak memiliki kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani tidak melihat seseorang berdasarkan umur, keturunan, atau dari mana pun dia berasal. Kebugaran jasmani dapat didapat dan diperoleh seseorang jika organ tubuhnya (Jantung, Paru-paru, Hati, Ginjal, dan sebagainya) dalam kondisi prima.Jika ada satu saja organ yang rusak, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai pemilik kebugaran jasmani. Untuk meraih kebugaran jasmani, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan,antara lain :



1.Olahraga
Hal yang pertama dan paling utama yang harus dilakukan dan dijalani seseorang untuk mendapatkan kebugaran jasmani adalah berolahraga. Tanpa berolahraga, organ tubuh tidak akan berjalan dengan prima. Olahraga mencakup aspek yang luas dan berbagai cabang, baik dari sepakbola, basket, tennis, bulutangkis, bela diri,dan sebagainya . Inti dari olahraga itu sendiri, serta yang termudah untuk kita lakukan adalah jogging. Dengan melakukan jogging organ tubuh kita akan terpompa dan terpacu dengan baik,dari mulai Jantung, Paru-paru, Ginjal, Hati, seluruhnya akan bekerja baik dengan penuh sinergitas. Pencegahan berbagai penyakit pun dapat kita dapatkan hanya dengan melakukan jogging. Karena organ tubuh kita bekerja dengan baik, daya tahan tubuh juga akan meningkat dengan sendirinya, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Terkadang, karena terlalu sibuk dengan aktivitas yang kita jalani, kita sendiri pun lupa dengan hal yang nomor satu ini yaitu olahraga.

2.Makanan Bergizi
Selain berolahraga, tubuh kita juga perlu mendapatkan asupan yang baik. Ibarat sepeda motor, sepeda motor tidak akan berjalan baik jika ia tidak menggunakan oli, bensin, serta spare part yang tepat. Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam asupan, yaitu :

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, juga disimpan sebagai cadangan energi dalam jaringan lemak.Kandungan karbohidrat dapat ditemukan pada Nasi, Kentang, Ubi , Gandum , Susu. Mayoritas penduduk Indonesia sendiri mengonsumsi Nasi sebagai makanan utama atau karbohidrat setiap harinya. Karbohidrat mengandung zat gula dan zat tepung, yang akan ditransformasikan oleh tubuh menjadi energi.

Protein
Protein berperan penting untuk menjaga organ tubuh berjalan dengan baik.Protein dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu protein hewani,yang mengandung asam amino lebih banyak dan lengkap, dapat ditemukan di dalam ikan, daging ayam, daging sapi, telur, dan protein nabati, walaupun protein nabati tidak memiliki asam amino sebanyak protein hewani, protein bekerja baik dalam menjaga fungsi kulit manusia.yang dapat ditemukan di tumbuh-tumbuhan, yaitu kacang-kacangan seperti kacang-kacangan, bayam, jagung, oatmeal,dan mayoritas terkandung dalam kedelai (tahu dan tempe).Protein bekerja penting dalam mengatur proses dalam tubuh,mengobati sel-sel yang rusak,serta membentuk enzim dan hormon.

Lemak
Selain karbohidrat, lemak juga merupakan sumber energi dan sumber pertumbuhan sel, bahan insulin penyesuaian terhadap penyesuaian suhu, dan pelindung organ tubuh bagian dalam.Namun ironisnya, banyak orang lengah dengan kandungan ini. Lemak sangat rawan jika terdapat terlalu banyak di dalam tubuh manusia. Organ tubuh bagian dalam tidak dapat bekerja dengan baik jika tertutup dengan lemak yang terlalu banyak. Untuk mencegahnya, diperlakukan olahraga teratur, mengendalikan hawa nafsu, dan selekftif memilih makanan. Lemak terkandung dalam daging, telur, kacang-kacangan,dan yang tak kasat mata seperti minyak goreng, gajih, dan margarin. Penyakit yang sering ditimbulkan akibat kebanyakan lemak yaitu kolesterol, obesitas, sembelit, bahkan kanker.

Vitamin dan Mineral
Yang terakhir adalah Vitamin dan Mineral.Vitamin dan Mineral berfungsi untuk mendukung proses pengembangan tubuh,penjaga metabolisme berjalan lancar,menyerap asupan gizi dengan baik,serta melawan berbagai macam penyakit

3.Pola Makan yang Teratur
Ketiga, pola makan yang teratur. Tanpa adanya pola makan, metabolisme tubuh manusia tidak akan berjalan dengan baik. Selektif dan cerdas dalam mengatur pola makan adalah kunci utama. Makan terlalu sedikit tidak baik, begitu juga dengan makan terlalu banyak. Pengendalian hawa nafsu diperlukan agar tubuh kita mendapatkan kebugaran jasmani. Sarapan pagi untuk awal hari, agar kita dapat menjalankan aktivitas dengan baik, makan siang, dan juga ditutup dengan makan malam. Porsi tepat makan manusia adalah 3 kali dalam satu hari. Demikian tentang Kebugaran Jasmani, semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kebugaran Jasmani Sangat Penting Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar