Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Keunggulan dan Kelemahan KB Spiral

Banyak sekali variasi pilihan dari alat kontrasepsi atau program Keluarga Berencana (KB) dari pemerintah. Salah satu diantaranya adalah KB Spiral. Intrauterune device atau IUD merupakan nama lain dari alat kontrasepsi ini. Alat ini biasanya terbuat dari bahan dasar plastik yang berbentuk mirip hurup T, penggunaannya yaitu dengan dimasukan ke dalam rahim

Untuk mengurangi nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat pengurang rasa nyeri seperti ibuprofen beberapa jam sebelum memasukan KB spiral ke dalam rahim. Dengan begitu akan mengurangi rasa nyeri. Pada alat ini akan ada tali yang akan menghubungkan vagina ke dalam leher rahim. Pemasangan KB spiral ini kira - kira akan hanya memakan waktu sekitar 15 menit sampai 20 menit.



Jenis - Jenis KB Spiral

KB spiral merupakan alat kontrasepsi yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu KB spiral yang mengandung hormon dan KB spiral yang berlapis tembaga. Berikut ini akan dipaparkn perbedaan diantara keduanya:

KB spiral berlapis tembaga

KB Spiral ini bekerja mencegah kehamilan selama 10 tahun sejak pemasangan. KB spiral ini mengandung tembaga, tidak mengandung hormon.

KB spiral ini berperan dengan cara melepaskan unsur tembaganya secara perlahan - lahan di dalam rahim. Dengan begitu, sel - sel sperma akan terhalang untuk naik hingga ke sel telur. Selain itu, sel sperma dan sel telur yang dibuahi tidak akan dapat bertahan di dalam saluran telur.

KB spiral mengandung hormon

KB spiral jenis ini berbeda dengan KB spiral tembaga, karena KB spiral ini mengandung hormon progestin. Selain itu, perbedaan dari KB tembaga terlihat pada jangka waktunya, KB spiral ini hanya bertahan antara 3 sampai 5 tahun.

Cara kerja KB ini yaitu dengan mencegah dinding rahim menebal sehingga sel telur yang sudah dibuahi tidak akan bisa berkembang sebagaimana mestinya. KB ini juga membuat leher lahir penuh dengan lendir, jadi sperma tidak akan bisa ke rahim karena akan menempel pada lendir.

KB ini cocok untuk ibu yang baru melahirkan, namun pemasangan dilakukan setelah ukuran rahim kembali seperti semula yaitu sekitar 2 bulan setelah melahirkan.

Kelebihan KB Spiral Berlapis Tembaga

Menjadi alat kontrasepsi darurat bila Anda melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman.
Bisa dilepas kapan saja
Setelah KB spiral dilepas maka kesuburan akan cepat kembali
KB jenis ini tidak menyebabkan efek samping yang dapat ditimbulkan kontrasepsi

Kelebihan KB spiral berlapis hormon


  • Mengurangi nyeri haid dan sakit akibat endometriosis.
  • Mengurangi risiko terkena kanker endometrium dan kanker serviks.
  • Bisa dilepas kapan saja.
  • Setelah dilepas, kesuburan Anda bisa kembali normal dengan cepat.
  • Pendarahan menstruasi berkurang setelah beberapa bulan penggunaan.
  • Tidak ada efek samping yang ditimbulkan terkait metode hormon ini.
  • Tidak menyebabkan kelebihan berat badan.


Kekurangan KB Spiral

Setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya, termasuk KB spiral ini. Kekurangannya yang paling terlihat adalah mahalnya biaya pemasangan alat. Selain itu, bila ingin melepasnya harus datang ke dokter.

Dan juga KB ini tidak ada pelindung dari penyakit menular seksual, oleh karena itu KB ini disarankan bagi orang yang setiap pada satu orang pasangannya.

Kalau KB yang mengandung hormon bisa menyebabkan Anda terkena kista ovarium. Selain itu, ada efek samping lain yang mengganggu seperti nyeri payudara, perubahan mood, dan sakit kepala. Namun, jangan khawatir karena efek samping tersebur akan hilang dengan sendirinya.

Jika Anda memakai KB spiral tembaga, maka Anda berpotensi mengalami pendarahan dan kram ketika menstruasi.

Tidak semua wanita cocok memakai KB spiral tembaga. Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa kondisi di bawah ini maka Anda tidak bisa memakai KB Spiral tembaga:


  • Penyakit radang panggul
  • Kanker serviks
  • Kanker payudara
  • Kelainan pada rahim
  • Pendarahan vagina tanpa sebab yang jelas
  • Risiko tinggi terkena penyakit menular seksual
  • Pernah memiliki masalah saat menggunakan KB spiral


Demikian lah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan KB spiral. Selalu konsultasikan ke dokter kandungan sebelum memutuskan memakai KB spiral.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keunggulan dan Kelemahan KB Spiral

0 komentar:

Posting Komentar