Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Air putih merupakan minuman yang pasti kita minum setiap hari, karena tubuh kita memang membutuhkan cairan agar dapat menjalankan organ - organ di dalamnya dengan semaksimal mungkin. Air putih biasanya didapatkan di dalam sumur atau yang biasa kita sebut dengan air sumur, atau pun bisa juga dengan membelinya dalam bentuk kemasan, dimana perusahaan penyedia air minum tersebut mengambil sumber airnya dari mata air di gunung. Yang memprihatinkan adalah, kebutuhan air minum di Indonesia setiap tahun terus meningkat, namun ketersediaan air bersih untuk diminum semakin berkurang. Hal ini dikarenakan eksploitasi air bersih secara besar - besaran dan pemborosan penggunaan air. Selain itu, berkurangnya ketersediaan air minum juga karena semakin berkurangnya lahan yang menyerap air hujan.



Dibalik fakta tersebut, air putih memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya yang mungkin belum Anda ketahui. Manfaat - manfaat air putih pun sangat beragam, air putih dapat mencegah tubuh kita terserang penyakit berbahaya. Perlu Anda ketahui, salah satu komponen tubuh kita ini adalah cairan sebesar 70%, sehingga kebutuhan akan cairan bagi tubuh kita memang sangat tinggi. Yang terpenting Anda harus mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan.
Manfaat air putih untuk kesehatan tentu sangat banyak sekali, di artikel ini hanya akan dijelaskan beberapa saja, karena kalau ditulis semuanya tak akan pernah selesai. Berikut ini beberapa manfaat air putih bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

1. Mencegah Dehidrasi dan Menghilangkan Dahaga
Tentu ini merupakan manfaat yang paling utama di kehidupan kita sehari hari. Apabila kita sudah mulai merasa haus, tentu kita akan meminum segelas air atau bahkan lebih. Coba Anda bayangkan, bagaimana bila ketika Anda haus namun tidak minum air putih? Tentu badan kita akan lemas dan menyebabkan dehidrasi. Dengan banyak mengonsumsi air putih maka tubuh kita akan terhindar daru dehidrasi.

2. Menyembuhkan Sakit Kepala
Bila secara tiba - tiba Anda merasa sakit kepala, hal yang mungkin pertama kali bisa Anda lakukan adalah meminum air putih, karena bisa jadi sakit kepala atau migrain yang Anda derita dikarenakan kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Dalam sebuah penelitian dijelaskan, peningkatan konsumsi air putih dapat mengurangi intensitas sakit kepala seseorang. Jadi, bila Anda ingin terhindar dari sakit kepala, konsumsi lah air putih minimal 2 liter sehari.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal
Apakah Anda pernah mengalami penyakit yang namanya batu ginjal? Atau gagal ginjal? Penyakit - penyakit tersebut sebenarnya bisa Anda hindari bila rutin mengonsumsi air putih lebih dari 2 liter per hari. Ginjal menyaring kurang lebih 200 liter darah setiap harinya, tentunya dibutuhkan cukup cairan agar racun - racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui urin. Jadi, setiap harinya minum lah air putih lebih dari 2 liter per hari.

4. Meningkatkan Energi
Tentu Anda akan sangat membutuhkan air minum ketika melakukan olahraga, kan? Hal tersebut karena tubuh Anda mengeluarkan banyak energi sehingga menyebabkan kekurangan cairan. Dengan meminum air putih maka akan terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, dan pada akhirnya akan kembali meningkatkan energi Anda.

5. Membantu Mengeluarkan Racun
Buang air kecil dan berkeringat merupakan salah satu mekanisme tubuh agar membuang sampah - sampah atau racun yang terdapat di dalam tubuh. Bayangkan bila Anda jarang mengonsumsi air minum, maka metabolisme tubuh Anda akan terganggu.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Dengan minum air putih minimal 2 liter sehari tentu akan membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh dan terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan begitu, sistem peredaran darah akan lancar sampai ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi otak.

Demikian informasi mengenai manfaat air putih untuk kesehatan. Manfaat - manfaat tersebut tentunya sangat kita butuhkan, maka dari itu rutin lah meminum air putih lebih dari 2 liter per hari, dengan begitu kesehatan Anda akan lebih terjaga. Semoga informasi di dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar