Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Buah cherry atau dalam bahasa indonesia adalah ceri merupakan bagian dari famili Rosaceae yang juga mencakup buah nektarin, persik, dan plum. Buah lucu nan cantik ini sudah dikonsumsi sejak zaman Romawi kuno sebagai sajian sehat sehari - hari. Berdasarkan rasa yang dihasilkan, buah ceri terbagi menjadi dua, yaitu buah ceri manis dan buah ceri asam. Ceri asam mengandung beta karoten dan vitamin C lebih banyak daripada ceri manis, walau pun ceri yang berasa asam ini mengandung kalori yang lebih rendah.



Banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan dari buah ceri. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik sekali untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kanker. Manfaat dari buah ceri ini tentu karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah ceri kaya akan nutrisi seperti fitokimia, serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi buah ceri.

Menjadi Benteng Bagi Tubuh dari Radikal Bebas dan Penyakit Serius

Kandungan antosianin yang terkandung di dalam buah ceri menyebabkan buah ceri berwarna merah. Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit serius seperti alzheimer, penyakit kardiovaskular, kanker, radang sendi, dan penyumbatan pembuluh darah. Dua antioksidan lain yang baik untuk kesehatan yang dimiliki buah ceri adalah hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol. Bukan hanya itu, antioksidan yang terdapat di dalam buah ceri dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat osteoartritis. Zat flavanoid yang terkandung di dalam buah ceri juga dapat membantu meningkatkan sistm kekebalan tubuh.

Manfaat dari kandungan vitamin C dan kaliumnya.

Buah ceri kaya akan kandungan vitamin C dan kalium, sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi dan strore. Bukan hanya itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan yaitu sebagai berikut:
  • Menjaga tekanan darah
  • Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh
  • Pemulihan otot
  • Menjaga hantaran listrik di dalam saraf
  • Memperlancat pencernaan
  • Menjaga denyut jantung
  • Menjaga keseimbangan pH atau asam basa tubuh
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah dari penyakit kardiovaskular
  • Melindungi dari berbagai masalah kesehatan saat kehamilan
  • Menjaga kesehatan mata
  • Serta menghindari keriput pada kulit.


Serat yang terkandung di dalam buah ceri ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita, banyak sekali penyakit - penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah ceri. Salah satunya obesitas. Kandungan yang terdapat dalam buah ceri dapat menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyskit jantung dan penyakit diabetes. Serat dalam buah ceri ini ternyata juga dapat menjaga kesehatan usus, mengontrol kandungan gula dalam darah, menurunkan kolesterol tubuh, dan mencegah penyakit kanker.

Kandungan fitokimianya juga bermanfaat untuk tubuh, yaitu dapat melindungi tubuh Anda dari enzim yang dapat penyebabkan peradangan. Oleh karena itu, buah ceri dapat mengurangi rasa sakit ketika radang sendi dan yang terpenting mengurangi risiko terserang penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan fitokimianya dapat mengurangi risiko kanker sampai empat puluh persen karena dapat membantu mengehentikan kerusakan sel tubuh akinat karsinogen (zat pemicu kanker).

Beberapa sumber penelitian menyebutkan, zat antiradang dalam buah ceri dapat mengatasi kesulitan tidur atau insomnia. Bagi Anda yang mengidap insomnia tidak salah untuk mencoba mengonsumsi buah ceri.

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah ceri secara rutin setiap hari, bisa dengan memakannya langsung atau dapat dibikin jus ceri yang segar. Atau bila Anda merupakan seorang yang gemar membuat kue, dapat menambahkan buah ceri sebagai bahan olahannya. Namun perlu Anda catat, bila Anda mengonsumsi ceri dalam bentuk kalengan atau saat membeku, kandungan antioksidannya akan berkurang. Walau bagaimana pun, tidak ada yang perlu dicemaskan karena secara umum kandungn antioksidan yang terkandung di dalam buah ceri relatif tinggi.

Demikian informasi mengenai manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi buah ceri secara rutin setiap hari. Apa yang dijelaskan dalam artikel ini sesungguhnya bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Semoga apa yang dijelaskan bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar