Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Sejatinya, dari dulu hingga sekarang, manusia tidak terlepas dari kopi. Berbagai cita rasa kopi tersebar di seluruh dunia, beda negara, beda iklim, beda struktur tanah, beda pula rasa dan aroma kopi tersebut. Kopi Arabika yang berasal dari benua Afrika misalnya, kopi tertua dan paling banyak dibudayakan, menguasai segmentasi pasar kopi dunia sebesar 70%-75%, dengan harga yang cukup tinggi, diadopsi dengan gabungan, racikan,dan sajian ala Italia yang sering kita dengar yaitu, Cappuccino, Espresso, dan Latte.



Lalu, Kopi Robusta, turunan dari beberapa jenis spesies kopi, menguasai pasar sebesar 25%-30%, lebih terjangkau, banyak juga ditanam di seluruh Indonesia, banyak juga dijumpai di Kolumbia dan Filipina , di Indonesia mayoritas terdapat di pulau Jawa. Tumbuh pada ketinggian sekitar 700mdpl, kpi robusta berkembang pada daerah yang relatif hangat. Sedangkan di Indonesia sendiri, kopi yang paling terkenal, dan paling dicari di kancah Internasional adalah kopi Luwak.

Dinamakan kopi luwak karena kopi ini berasal dari hewan lunak, yang mana berasal dari kotoran hewan tersebut. Jika mengetahuinya, mungkin orang akan sedikit aneh. Tetapi dengan cita rasa yang sangat tinggi, bahkan kopi ini menyentuh harga $100 per gelasnya, seluruh dunia pun gencar mencari biji kopi luwak ini. Di Indonesia sendiri banyak yang membudidayakan kopi luwak dengan memelihara luwak lalu memberikan biji kopi tersebut terhadap luwak yang dimilikinya, menunggu luwak tersebut melakukan proses konsumsi dan pembuangan, hingga mengolah biji kopinya kembali, memang terdengar agak aneh, tetapi dengan cita rasanya yang fantastis, banyak orang tertarik dengan kopi luwak ini.

Tidak hanya dari segi cita rasa, aroma, dan kenikmatan, ternyata banyak banyak manfaat serta khasiat yang dapat kita dapat dari meneguk kopi. Berikut beberapa manfaat kopi untuk tubuh :

1. Meningkatkan Energi dan Stamina
Untuk melakukan aktivitas setiap harinya, manusia memerlukan tenaga yang cukup. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat memberikan energi dan stamina yang baik. Kopi baik dikonsumsi saat pagi, agar metabolisme tubuh dapat meningkat, setelah sarapan. Tapi sebelum mengkonsumsi, perlu diingat agar mengkonsumsi sarapan terlebih dahulu, karena jika perut dalam keaadan kosong kita meminum kopi, asam lambung yang ada di dalam tubuh kita akan meningkat.

2. Kecantikan
Ampas kopi juga berguna baik untuk kulit wajah. Banyak wanita yang sudah mengetahui dan menggunakan khasiat ini. Kopi digunakan sebagai masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit kencang. Masker wajah tersebut adalah ampas kopi yang masih baru, diberikan sedikit air, ditambahkan minyak zaitun, lalu dioleskan kepada wajah. Karena dengan harga kopi yang cukup terjangkau, sejatinya ampas kopi banyak digunakan kaum hawa sebagai scrub untuk peremajaan kulit yang ia milikki, karena yang seperti kita tahu, penampilan kulit adalah hal yang paling utama teruntuk kaum wanita. Selain untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh, dari segi kecantikan, ternyata kopi juga dapat mencegah penuaan dini melalui manicure dan pedicure. Aromatik yang terdapat pada kopi berguna untuk membersihkan siku yang hitam dan juga tumit kaki yang retak. Kopi dapat digunakan untuk mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, mencegah risiko kanker, tanpa adanya efek samping.

3. Sarana meditasi
Poin yang ketiga ini adalah tujuan utama dari semua orang yang meneguk tiap harinya, selain energi dan stamina yang didapat oleh tubuh, kopi dapat meningkatkan mood seseorang. Satu teguk kopi satu juta inspirasi. Kopi telah membuat candu siapapun yang telah merasakannya. Ketenangan, kenyamanan, kesenangan akan kita dapat jika kita menikmati kopi dengan sempurna. Jangan takut jika kecanduan minum kopi, kita akan memperoleh penyakit, justru sebaliknya. Kopi memiliki anti bakteri yang sangat berguna untuk kebersihan mulut, penyembuhan gigi berlubang, plak dan gusi. Kopi menghilangkan penat kita dari berbagai pekerjaan yang sudah kita lakukan setiap hari, berhenti sejenak, beristirahat, dalam tenang, meditasi dalam sebuah tegukkan. Dan dilansir dari berbagai pakar kesehatan, kopi juga dapat mencegah penyakit Alzheimer, Demensia, dan Parkinson, yang biasanya menyerang manusia jika sudah berumur 60 tahun ke atas karena kopi berkontribusi terhadap perlindungan saraf secara baik yaitu mencegah degradasi saraf.

Sekian dari penulis, artikel ini dibuat oleh penulis dari berbagai sumber dan refensi yang terpercaya, dan aktual, semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

0 komentar:

Posting Komentar