Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat Kunyit untuk Kecantikan – Kunyit atau bahasa kerennya cucurma domestica adalah tumbuhan yang berbuah di dalam tanah, pada zaman dahulu kunyit sering digunakan untuk jamu. Pada era modern saat ini banyak penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kunyit akan membuat tubuh menjadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit, namun faktanya tak hanya bagus untuk kesehatan dalam tubuh, kunyit juga memiliki efek kecantikan luar seperti membuat awet muda bahkan juga bermanfaat untuk kulit Anda. Berikut ini akan dijelaskan secara detail tentang manfaat kunyit untuk kecantikan yang jarang diketahui, ada baiknya Anda membaca sampai selesai ulasan di bawah ini agar dapat mengetahui manfaatnya secara lengkap:



1. Kunyit dapat menurunkan kadar kolestrol
Kolestrol adalah salah satu lapisan lemak yang menumpuk dalam darah bahkan di bawah kulit, tumpukan kolestrol di bawah kulit dapat mempercepat proses penuaan, seperti bentukan kantung mata, jerawat dan kulit tidak kencang lagi. Tidak ingin kan hal itu terjadi pada Anda, untuk mencegahnya Anda bisa mengkonsumsi kunyit yang disajikan menjadi jamu. Kandungan zat-zat hebat dalam kunyit akan membantu Anda mengurangi kadar kolestrol dalam darah dan kulit Anda sehingga secara tidak langsung juga mencegah penuaan dini tersebut.

2. Kunyit dapat mencerahkan kulit
Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, ternyata ada manfaat lain yang terkandung di dalam kunyi, yaitu sangat baik untuk mengusir racun yang terdapat dalam tubuh, sehingga membawa dampak positif pada anggota tubuh salah satunya kulit. Rutin masker kunyit dapat bermanfaat mencerahkan kulit tubuh Anda. Caranya: Siapkan 2 sendok makan bubuk kunyit, lalu campurkan dengan 3 sendok makan air jeruk nipis atau lemon. Aduk rata, gunakan sebagai masker.

3. Membersihkan organ hati dan mengencangkan kulit
Zat antioksidan yang dimiliki kunyit dapat membersihkan salah satu organ dalam yaitu hati. Hati adalah salah satuborgan penting di dalam tubuh yang berfungsi menetralisir zat-zat berbahaya yang masuk dalam tubuh, jika terus menerus organ ini bekerja dan tidak dibersihkan akan membuat tubuh mudah sakit, jika sudah sakit-sakitan Anda tidak terlihat bugar, muka cenderung pucat dan kelenturan kulit menurun. Oleh karena itu konsumsilah kunyit yang disajikan dalam bentuk jamu atau hanya meminum air rebusannya saja untuk memulihkan kondisi tersebut.

4. Menghilangkan bau badan
Bau badan berasal dari kuman yang terdapat dalam tubuh, jika Anda mengonsumsi kunyit zat antiobiotik yang terdapat dalam kunyit bisa meningkatkan antibodi untuk menyerang kuman dalam tubuh sehingga badan tidak mudah teserang virus dari luar dan kuman penyebab bau badan.

5. Mengatasi Kulit Berminyak
Tahukah Anda kalau kunyit yang dijadikan masker ternyata ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kandungan di dalmnya akan menekan produksi minyak berlebih pada pori-pori kulit wajah. Caranya, campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan jus tomat dan 1 sendok makan susu. Aduk rata, gunakan sebagai maskeer wajah dan diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

6. Mengurangi bulu
Manfaat kunyit yang juga jarang diketahui adalah mengurangi bulu. Memanfaatkan kunyit sebagai lulur kulit bisa memperlambat pertumbuhan bulu di tubuh. Anda bisa membuat lulur kunyit dengan mencampurkannya dengan tepung chickpea (kacang arab atau kacang garbanzo). Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut yang tumbuh cepat, Anda bisa memanfaatkan kunyit ini sebagai bahan alami yang ampuh.

7. Mengatasi Rambut rontok dan berketombe
Mengalami rambut rontok dan berketombe? Obati saja dengan kunyit. Caranya sangat mudah, parut kunyit hingga halus tambahkan sedikit air lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Kandungan nutrisi dalam kunyit akan memperbaiki sel-sel rambut yang rusak akibat kerontokan dan mengikis ketombe yang menempel di kulit kepala atau rambut.

Itulah 7 manfaat hebat kunyit untuk kecantikan yang jarang diketahui. Banyak sekali kan manfaat dari kunyit, khususnya yang berkaitan dengan kecantikan, pastinya akan banyak dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk mempercantik diri. Semoga informasi yang terdapat di dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Yuk buruan petik manfaat hebat dari kunyit di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar:

Posting Komentar