Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu manfaat dari minyak zaitun? Ternyata sejak dahulu minyak zaitun sudah dipercaya sebagai barang ampuh untuk memelihara kecantikan wanita. Itu lah alasan mengapa saat ini minyak zaitun banyak dijadikan bahan kosmetik kecantikan. Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari tanaman zaitun. Tanaman zaitun berasal dari tanah mediterania yang memiliki inensitas cahaya matahari yang tinggi.



Saat ini, minyak zaitun bukan hanya dipercaya sebagai bahan yang dapat menjaga kecantikan, tapi juga sebagai bahan kuliner bahkan dipercaya sebagai bahan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Semua itu karena kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun, berikut ini merupakan daftar kandungan yang terdapat di setiap 100 gr minyak zaitun.

Energi – 3701 kJ (885 kcal)
Karbohidrat – 0 g
Lemak – 100 g.
– Jenuh (14 g)
– Tak jenuh tunggal (73 g)
– Tak jenuh ganda (11 g)
– Omega-3 lemak (<1,5 g)
– Omega-6 leak (3,5-21 g)
Protein – 0 g
Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beragam khasiat dan manfaat yang bisa Anda rasakan apabila menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Kandungan minyak zaitun ini sangat bermanfaat sekali untuk melebatkan rambut, Anda bisa membuatnya menjadi sebuah masker yang dicampur dengan olahan alpukat. Cara penggunaannya pun tidak sulit, Anda hanya tinggal mengoleskan masker yang sudah dibuat tadi ke rambut Anda. Lalu, diamkan selama 15 sampai 30 menit, setelah itu bilang dengan air sampai bersih kembali.

2. Dapat Menjadi Lotion Rambut Alami
Apabila Anda sering melalukan perawatan pada rambut Anda, seperti membuatnya lurus, keriting, atau pun pengecetan, dan menjadikannya sering terkena bahan kimia, tentunya rambut Anda akan lebih mudah rusak. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk memperkuat rambut Anda dari berbagai bahan kimia. Dengan begitu, Anda tak akan perlu khawatir lagi bila harus mengubah rambut Anda ke salon. Berikut ini cara membuat lotion rambut alami dengan minyak zaitun:

1. Cukup oles minyak zaitun yang Anda miliki ke kulit kepala Anda
2. Lalu, berikan sedikit pijatan halus agar bisa meresap ke kulit kepala
3. Kemudian tutuplah rambut Anda dengan handuk selama 10 menit sampai 15 menit.

Selain itu, Anda dapat mengombinasikan minyak zaitun dengan bahan - bahan lain seperti madu atau pun kuning telur agar dapat terhindar dari kerontokan.

3. Sebagai Pencegah Stroke
Penilitian yang dilakukan akhir - akhir ini menyebutkan orang yang mengonsumsi minyak zaitun akan mengurangi risiko terkena stroke di masa depan dari pada orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun. Namun, penelitian ini pun harus dikembangkan dan dilakukan kembali karena ini masih bersifat observasional.

4. Pencegah Kanker
Penilitian yang dilakukan baru - baru ini menyebutkan orang yang mengonsumsi minyak zaitun ternyata busa mengurangi risiko terkena penyakit kanker di kemudian hari dari pada orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun. Tapi harus dilakukan penelitian lanjutan untuk lebih membuktikannya. Selain itu, bagi perempuan yang rutin menggunakan minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

5. Mengontrol Tekanan Darah
Ternyata bila mengonsumsi minyak zaitun secara rutin selama beberap bulan dapat mengontrol tekanan darah kita. Pada beberapa orang,  baik itu yang bertekanan darah rendah atau tinggi, dapat membuat dia terhindar dari konsumsi obat - obatan. Sehingga dengan begitu, apabila Anda mengonsumsi minyak zaitun secsra teratur selama beberapa bulan sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh Anda, salah satunya sebagai pengontrol tekanan darah. Tapi perlu diingat juga, jangan melakukannya tanpa pengawasan dari dokter.

Itulah informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh, informasi yang diberikan di dalam artikel ini semata - mata untuk memberikan informasi yang baik kepada Anda. Anda bebas mengikutin saran yang ada di dalam artikel ini atau tidak. Namun, yang pasti Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terkait penyakit yang sedang Anda derita. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar