Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Rutin Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Rutin berjalan kaki setiap hari bagi kesehatan
Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga tertentu yang harganya selangit. Berlengkapan celana panjang training, dan sepatu olahraga ringan anda sudah dapat melakukan olahraga ini, bahkan tanpa alas kaki pun sebenarnya tidak apa-apa. Dan tentunya olahraga jalan kaki dilakukan secara cuma - cuma alias gratis.



Meskipun olahraga berjalan kaki murah meriah, namun jangan ditanya lagi manfaatnya bagi kesehatan. Mampu untuk menyegarkan pikiran, baik untuk jantung, pengelihatan, tulang, otot, hal - hal tersebut ialah manfaat rutinitas berjalan kaki secara umum.

Berikut manfaat lengkap berjalan kaki secara rutin bagi kesehatan :

1. Memperkuat jantung
Rajin berjalan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena aktifitas ini dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), serta menjaga tekanan darah normal. Dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dapat memperkecil resiko terkena stroke hingga 27 persen.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit
Rutinitas berjalan kaki juga dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit berat seperti asma, diabetes tipe 2, dan juga beberapa jenis kanker. Dengan rutinitas berjalan kaki juga dapat mengurangi resiko atau mencegah diabetes, bahkan hingga 60 persen.

3. Mencegah berat badan berlebih.
Dengan berjalan kaki, massa otot mengalami suatu peningkatan yang mana menyebabkan semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin cepat pula metabolisme tubuh sehingga dengan istirahat pun banyak kalori yang dapat terbakar.

4. Membantu mencegah demensia.
Demensia (pikun) telah mempengaruhi orang-orang yang mayoritas berumur 65 tahun ke atas. Melakukan olahraga yang teratur dapat mengurangi resiko demensia hingga 40%, karena dengan fisik yang aktif dapat menjaga fungsi otak. Dengan berjalan kaki rutin sepanjang 24 mil atau lebih oer bulan dapat membuat orang tua terhindar dari penyusutan otak dan menjaga memori.

5. Menjauhkan penyakit osteoporosis.
Olahraga ini juga termasuk salah satu kegiatan menahan beban untuk menguatkan serta memberikan rangsangan kepada tulang agar terjadi peningkatan kepadatan tulang sehingga terjaga dari osteoporosis.

6. Membentuk dan memperkuat Kaki
Berjalan kaki juga akan membantu memperkuat dan membentuk kaki Anda, membentuk betis, paha, paha belakang, mengurangi lingkar pinggang, dan mengangkat glutes (otot pantat).

7. Membentuk bahu.
Dengan menahan tangan pada tingkat tertentu sambil siku ditekuk dan ayunkan tangan saat berjalan kaki. Otomatis hal yang dilakukan tersebut akan melatih otot bahu sampai lengan.

8. Meningkatkan kadar vitamin D.
Bila berjalan kaki di luar ruangan, sinar matahari akan membabtu tubuh memproduksi vitamin D dari nutrisi yang didapatkan dari makanan. Disarankan untuk berjalan kaki sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 3 sore, bisa menggunakan krim pelindung UV.

9. Membuat badan lebih berenergi.
Berjalan kaki merupakab salah satu olahraga yang dapat memproduksi energi yang banyak, karena banyaknya juga kalori yang terbakar.

10. Memberikan perasaan bahagia.
Pada umunya, semua olagraga memang dapat meningkatkan suasana hati. Olahraga berintensitas sedang seperti berjalan kaki secara teratur juga dapat bertindak sebagai antidepresan yang berguba untuk menangani kasus seperti depresi ringan sampai  sedang, pernyataan tersebut didasarkan atas hasil penelitian. Hal ini terjadi karena hormon endorfin (hormon bahagia) terlepas ke dalam aliran darah karena dipicu oleh olahraga sedang seperti berjalan kaki. Dengan lepasnya hormon tersebut, dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan. Dan sering kali mengikuti kegiatan sosial – bergabung dengan kelompok berjalan kaki atau bertemu teman-teman saat berjalan dan mengobrol adalah cara yang bagus untuk membuang perasaan terkungkung dan kesepian. Atas dasar survei yang dilakukan oleh suatu badan amal mengeluarkan pernyataan yaitu 83 persen orang dengan gangguan kesehatan mental, bila diberi latihan akan membantu pengangkatan suasana hati orang tersebut. Jika Anda ingin memperoleh manfaat terbesar berjalan kaki bagi kesehatan, berjalanlah diluar ruangan atau suatu tempat yang menghadirkan pemandangan hijau dan luas.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan mengenai manfaat berjalan kaki secara rutin, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Rutin Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar