Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

'Tomat itu sayur atau buah?' Pertanyaan tersebut seringkali kita dengar diperdebatkan oleh orang-orang. Namun perdebatan itu bisa dihentikan karena sejak tahun 2017, telah diputuskan bahwa tomat itu termasuk kedalam sayur-sayuran, mengapa? Karena jika dilihat dari penggunaannya, pada umumnya tomat digunakan sebagai bagian dari sayuran, semisal sup, salad, sandwich, dan lain sebagainya.



Tomat adalah sayuran (tumbuhan) yang berasal dari famili Solanaceae, sayuran ini berasal  dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Meksiko hingga Peru. Tumbuhan tomat dapat tumbuh hingga 1 sampai 3 meter, dengan siklus hidup yang pendek. Biasanya tomat saat matang berwarna merah namun ada beberapa jenis tomat yang berwarna hijau, kuning, jingga, ungu kehitaman dan belang-belang.

Sesuai dengan pembukaan tadi, kali ini saya akan menjelaskan manfaat serta khasiat tomat untuk kesehatan manusia. Tomat adalah sayur yang memiliki banyak sekali manfaatnya, dari hal kecil seperti untuk membersihkan jerawat sampai manfaat tomat untuk mencegah kanker. Dalam penggunannya, tomat bisa langsung dimakan mentah-mentah, bisa dimasak bersana sayuran lainnya, di jus, ataupun dijadikan masker alami. Tomat mengandung sejenis antioksidan yang sangat kuat yaitu Lycopene, dan juga zat ini lah yang memberikan warna merah pada tomat. Selain zat Lycopene, menurut penelitian tomat juga memiliki suatu senyawa asam yang bernama asam alfa lipoic, asam tersebut berfungsi untuk membantu mengontrol kadar gula (glukosa) dalan darah, membantu peningkatan vasodilatasi, dan menjadi pelindung dari retinopati yang biasa ada pada penderita diabetes, bahkan asam tersebut dapat membantu kinerja otak dan juga jaringan saraf. Tomat juga diketahui memiliki senyawa nutrisi yang bernama kolin, senyawa ini bertugas untuj membantu tidur, menjaga fungsi gerak otot, membantu dalam belajar, dan memaksimalkan fungsi memori dan masih banyak lagi manfaat dari Senyawa Kolin yang terkandung didalam Tomat.

Berikut ini adalah manfaat bagi kesehatan jika rutin mengonsumsi tomat:

Mencegah terjadinya kanker.
Karena tomat mengandung banyak antioksidan dan juga vitamin (semisal Lycopene dan Vitamin C) maka dengan rutin mengkonsumsi tomat maka bisa mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh dan perlu diketahui bahwa radikal bebas merupakan oenyebab dari timbulnya kanker, sehingga dengan mencegah radikal bebas maka kita juga bisa mencegah terjadinya kanker. Termasuk kanker yang paling umum, yaitu kanker prostat dan kanker usus (kanker kolorektal). Kandungan likopen yang terkandung didalam tomat, Bisa untuk memperkecil resiko kanker prostat. Sedangankan, kandungan betakaroten yang ada oada tomat dapat mencegah kanker usus (kanker kolorektal).

Menstabilkan tekanan darah.
Kalium yang dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi karena efek vasodilatasinya juga terkandung didalam tomat, dan juga penderita hipertensi harus mengurangi asupan natrium. Berdasarkan literatur, tingginya asupan kalium dapat menurunkan resiko kematian dari semua penyebab sampai 20%.

Menjaga kesehatan jantung.
Tomat memiliki kandungan senyawa kalium, serat, kolin, dan vitamin C yang cukup tinggi. Senyawa-senyawa tersebut ialah senyawa yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kurangi asupan natrium diimbangi dengan tambahnya asupan kalium dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Membantu meremajakan kulit.
Kandungan kolagen yang dimilikin oleh tomat berguna untuk mendukung kesehatan kulit dengan vitamin C, karena kedua senyawa tersebut dapat mencegah kerusakan kulit akibat dari polusi, sinar matahari, dan lain sebagainya.

Mencegah dan mengatasi sembelit.
Sembelit adalah kondisi saat sulit untuk buang air besar dan jika sembelit sering berulang kali terjadi dapat memicu terjadinya kanker usus (kanker kolorektal). Dengan mengkonsumsi tomat karena kandungan air dan serat yang cukup tinggi bisa membantu melancarkan BAB. Serat memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah terjadinya sembelit.

Berguna untuk kehamilan.
Folat yang terkandung di dalam tomat berguna untuk perlindungan janin dan untuk menghindari resiko cacat tabung saraf.

Untuk pencegahan depresi.
Tidak hanya untuk wanita hamil, kandungan folat yang dimiliki tomat juga berguna untuk mencegah pembentukan homosistein berlebih.  Kelebihan hormon ini dapat menyebabkan beberapa gangguan pada kondisi psikologis seseorang.

Sekian penjelasan seputar manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, cukup banyak bukan? Semoga Informasi yang diberikan di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Tomat Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar