Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Membuat Alat Pengukur Denyut Jantung Yang Berbasis IPTEK

Dalam kehidupan ini, kesehatan adalah aspek utama. Tanpa kondisi tubuh yang sehat,manusia tidak dapat melakukan semua aktivitasnya dengan baik. Di dalam dunia kesehatan, selalu dibutukan perkembangan dan inovasi, untuk mecapai kemudahan melakukan pertolongan kepada siapapun yan mengalami kondisi tidak sehat yaitu sakit. Menghadapi segala penyakit yang semakin marak seiring berkembangnya zaman, dunia kesehatan pun menemukan dan mengembangkan teknologi baru.



Kendati segala penyakit dapat ditangani dan diatasi dengan penanganan yang tepat. Rumah sakit tidak akan bisa memberikan pertolongan jika rumah sakit tersebut tidak memiliki alat serta fasilitas yang lengkap. Terkadang, manusia terlalu sibuk dengan dunianya, melakukan aktivitas pekerjaan setiap harinya, tanpa memikirkan kondisi tubuh. Mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, tanpa peduli apa yang akan didapatinya dikemudian hari. Sehat secara paripurna ditinjau dari beberapa parimeter, antara lain : detak jantung dan suhu tubuh. Untuk menghadapi hal demikian, inovasi dalam dunia kesehatan adalah hal yang sangat penting. Kemudahan, kecepatan, dan ketepatan, harus dilakukan.

Di zaman sekarang ini masih banyak denyut nadi dicek dan dianalisis secara manual dengan bantuan dokter atau perawat untuk dapat mengetahui kondisi denyut nadi saat diperiksa, cukuplah merepotkan jika hanya untuk memeriksa denyut nadi harus memerlukan pertolongan dokter atau perawat. Maka daripada itu perancangan alat denyut nadi yang dibuat secara portable dapat menggantikan kinerja dari dokter atau perawat secara manual, sehingga pemeriksaan denyut nadi dapat dipantau sendiri dengan bantuan sensor yang ditempelkan pada jari untuk membantu menganalisis denyut nadi,sehingga hasilnya dapat diketahui oleh pemeriksa dengan melihat langsung dari gadget yang sekarang ini beredar luas di pasaran. Dengan kondisi sekarang ini,peran para ahli begitu penting, sehingga perkembangan alat modern khususnya dalam hal biomedis untuk berbagai macam diagnosa dengan bantuan alat dapat memudahkan pemeriksa mengecek kondisi denyut nadinya dengan teknologi yang semakin berkembang dewasa ini.

Tidak ada manusia yang terlepas dari Perangkat Gadget yaitu Handphone. Indonesia memiliki pengguna ponsel 371,4 juta pengguna atau 142 persen dari total populasi sebanyak 262 juta jiwa. Artinya, rata-rata setiap penduduk memakai 1,4 telepon seluler karena satu orang terkadang menggunakan 2-3 kartu telepon seluler. Sementara kaum urban Indonesia mencapai 55 persen dari total populasi. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan media yang dapat mengukur dan mengetahui detak jantung dan suhu tubuh sebagai parameter kesehatan.

Pengukuran denyut jantung merupakan proyek yang sangat umum dalam perawatan kesehatan saat ini, hal itu sangatlah mudah dilakukan dengan kombinasi smartphone yang kita miliki. Dalam masalah ini kita dapat mempelajari bagaimana mengukur detak jantung diri sendiri dengan menggunakan hardware open-source yaitu Arduino uno

Dalam peralatan medis masa kini dituntut untuk menggunakan metode pendekatan pemecahan masalah didalam memberikan pemeriksaan kepada pasien. Pemeriksaan ini dilaksanakan dengan cara menggunakan proses pemeriksaan berkala, untuk dapat menerapkan proses pemeriksaan lebih lanjut, maka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merumuskan diagnosa dari pemeriksaan dengan teknologi alat yang sekarang ini berkembang pesat di pasaran. Pengkajian utama yang dapat dilakukan dengan mengetahui kondisi orang adalah dengan pemeriksaan denyut nadi. Pada hakikatnya, pemeriksaan denyut nadi menggunakan cara sederhana yaitu memeriksa denyut pada pergelangan tangan, seiring dengan perkembangan teknologi pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat, sehingga denyut nadi dapat dimonitor secara visual oleh bantuan teknologi.

Denyut nadi merupakan hal yang penting bagi kesehatan manusia karena denyut nadi merupakan faktor yang dapat dipakai sebagai indikator untuk menilai kondisi seseorang. Denyut nadi seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah kondisi normal maupun tidak normal dan aktivitas fisik yang dapat dilihat setelah pemeriksaan denyut nadi. Dengan mengamati serta mempelajari hasil dari pemeriksaan denyut nadi, maka gambaran mengenai perancangan alat denyut nadi dapat dianalisa. Pada penelitian sebelumnya, perancangan alat ukur denyut nadi menggunakan sensor pulse dapat mengukur denyut jantung dengan merekatkan alat pada ujung jari dimana terdapat pembuluh darah yang mengalir merupakan representasi dari frekuensi denyut jantung itu sendiri dengan catatan bahwa jantung tersebut tidak dalam kondisi lemah. Setiap denyut jantung mengubah jumlah cahaya inframerah yang terdeteksi oleh sensor photodiode yang menggunakan mikrokontroler untuk mengoperasikannya.

Melalui proses pembacaan sinyal secara visual, perubahan ini memiliki amplitudo pantulan cahaya yang dapat diubah menjadi denyut nadi yang disebut pulsa. Sinyal ini akan diproses langsung oleh mikrokontroler dalam rentang waktu 2ms looping secara berulang. Setelah melakukan proses dan perhitungan sinyal, LCD dan layar monitor akan menampilkan nilai pengukuran denyut jantung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Alat Pengukur Denyut Jantung Yang Berbasis IPTEK

0 komentar:

Posting Komentar