Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Buah dan Sayur yang Dapat Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah

Penderita tekanan darah rendah atau hipotensi disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan tekanan darahnya. Penyakit ini merupakan kebalikan dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk meningkatkan tekanan darahnya, penderita hihotensi atau tekanan darah rendah dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan natrium dan sodium di dalamnya.



Pada dasarnya, sangat mudah mendapatkan makanan dan minuman yang kaya akan kandungan zat - zat tersebut, Anda bisa temukan di makanan dan minuman cepat saji, produk makanan kemasan, dan makanan yang kandungan garamnya tinggi. Namun, makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan kolesterol jahat dan lemak jenuh yang tinggi sehingga akan kurang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendapatkan kandungan natrium dan sodium yang tinggi yaitu mengonsunsi sayur dan buah.

Buah dan sayur merupakan makanan yang secara alamiah di dalamnya terkandung zat natrium walau pun dalam jumlah yang kecil. Selain itu, buah dan sayur juga kaya akan kandungan airnya. Kandungan air yang tinggi dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi (kekurangan air di tubuh), sehingga dapat mengontrol tekanan darah di tubuh Anda. Dan juga karena dehidrasi atau kekurangan air di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko tekanan darah rendah.

Jadi, bagi Anda yang menderita tekanan darah rendah dapat mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan air dan natrium sehingga dapat menjaga tekanan darah Anda dalam keadaan normal. Berikut ini merupakan buah dan sayur yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

1. Tomat
Tomat merupakan buah yang sangat mudah ditemukan, biasanya sebagai hiasan dalam makanan maupun sebagai lalapan. Kebanyakan orang tidak memakan buah tomat yang hanya sebagai hiasan, padahal 94% komposisi dari buah tomat adalah air, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

2. Timun
Sama halnya seperti tomat, timun juga merupakan buah yang mudah sekali didapatkan di pasar - pasar. Biasanya juga akan dihidangkan sebagai hiasan dalam masakan atau pun menjadi sekedar lalapan. Di dalam sebuah timun kandungan air yang terdapat di dalamnya bisa sampai 96%. Jadi, dengan kandungan buah timun yang seperi itu, tak perlu diragukan lagi kalau buah timun dapat membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, jangan pernah membuang buah timun yang biasanya disajikan sebagai hiasan dalam masakan.

3. Wortel
Selain terkenal buah yang kaya akan Vitamin A dan dapat membantu menjaga kesehatan mata, wortel ternyata juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan dalam buah wortel terkandung zat natrium yang sangat tinggi -menjadi salah satu penyebab masakan Anda menjadi lebih lezat. Setiap satu kilgram wortel terkandung 700 mg natrium. Selain itu, di dalam wortel setidaknya 87% merupakan kandungan air, dimana air itu sendiri sangat berguna untuk membantu tubuh Anda dalam mengontrol tekanan darah.

4. Seledri
Sama seperti timun dan wortel, seledri biasanya juga digunakan sebagai bahan pelengkap dan lalapan serta sebagai penguat rasa masakan. Bagaimana tidak, dalam setiap kilogram daun seledri terkandung 960 mg natrium, sedangkan batang seledrinya sendiri mengandung 750 mg natrium per satu kilogram. Selain itu, seledri juga kaya akan kandungan air yaitu sebesar 95% dan juga terkandung di dalamnya folat, vitamin A, vitamin C, serta vitamin K.

5. Bayam
Tentu sayuran yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk kita, bisa dibikin sayur bening yang lezat dengan berbagai rempah - rempah pilihan. Bayam kaya akan zat - zat yang dibutuhkan dalam tubuh seperti serat, lutein, asam folat, dam vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalam bayam dapat menjadi antioksidan dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan air yang terdapat di dalam bayam yaitu sebesar 96%. Selain itu, dalam setiap satu kilogram bayam terkandung 40 mg natrium sehingga dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Demikian ulasan mengenai sayur dan buah yang dapat mengatasi tekanan darah rendah, semoga dapat membantu Anda dalam menyembuhkan penyakit tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Buah dan Sayur yang Dapat Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah

0 komentar:

Posting Komentar