Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau di dalam dunia medis disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak sekali terjadi di Indonesia. Kebanyakan penderita penyakit hipertensi ini adalah orang yang berusia tua.



Gejala Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Banyak orang yang mengatakan kalau seseorang sering marah atau mudah marah diidentifikasikan sebagai orang yang mengidap penyakit darah tinggi. Padahal hal tersebut tidak tepat, mudah marah atau sering marah lebih berkaitan dengan sifat atau karakter seseorang. Berikut ini merupakan gejala - gejala yang biasanya timbul ketika mengidap darah tinggi. Namun, terkadang penyakit ini juga tidak menimbulkan gejala.


  1. Sering sakit di kepala
  2. Pegal - pegal pada tengkuk kepala
  3. Pusing hingga terasa ingin terjatuh
  4. Jantung berdebar cepat
  5. Telinga yang berdenging
  6. Vertigo
  7. Mudah haus
  8. Sering mengantuk
  9. Gangguan pengelihatan
  10. Tindakan Pencegahan untuk Mengatasi Hipertensi


Banyak risiko - risko lain yang menyertai penderita hipertensi, bila itu terjadi dan terus berlanjut maka akan menyebabkan penderita hipertensi semakin menderita. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya risiko darah tinggi.

1. Kopi dan rokok - dengan terlalu seringnya mengonsumsi kopi dan rokok dapat membahayakan tubuh, termasuk membuat tekanan darah meningkat. Pasalnya, mengonsumsi kopi dan rokok secara berlebih dapat menyebabkan gangguan aritmia jantung.

2. Garam - mengonsumsi masakan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan tekanan darah naik, sehingga kita harus membatasi makanan yang mengandung garam tinggi.

3. Lemak dan kolesterol - lemak yang terkandung di dalam makanan merupakan penyumbang terbesar kolesterol bagi tubuh. Anda perlu menghindari makanan yang berlemak sebab kolesterol yang dihasilkan dari lemak tersebut dapat menempel pada dinding daging pembuluh darah sehingga menyebabkan goresan akibat gesekan aliran darah.

4. Alkohol, buah durian, dan daging kambing - Penderita hipertensi harus menghindari tiga makanan tersebut, karena ketiga makanan tersebut bersifat panas sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Kurangnya olahraga - banyak orang sangat malas untuk berolahraga, padahal olahraga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penderita hipertensi memerlukan olahraga setiap hari agar denyut jantung menjadi denyut jantung maksimal.

Bila tekanan darah atau hipertensi yang diderita tergolong ringan, maka bisa disembuhkaan dengan gaya hidup yang sehat. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk pencegahan dan penyembuhan hipertensi yaitu:


  1. Diet rendah lemak dengan cara mengurangi gorengan, daging tinggi lemak, susu full cream dan telur
  2. Diet dengan mengurangi konsumsi garam. Membatasi penggunaan garam pada setiap makanan yang dimakan
  3. Hindari memakan daging kambing, durian atau minuman beralkohol
  4. Berolahraga teratur dan konsisten setiap hari
  5. Tidak merokok dan tidak minum kopi
  6. Menurunkan berat badan jika terjadi kelebihan berat badan
  7. Menghindari stress dan sering - sering mencari hiburan
  8. Mengobati penyakit yang menyertai hipertensi

Cara Mengobati Hipertensi dengan Bahan Alami

1. Bawang Putih
Caranya dengan mengupas kulit bawang putih sebanyak 2 buah, lalu bawang putih tersebut dikunyah sampai halus lalu ditelan bersamaan air hangat sebanyak 1 gelas. Lakukan lah 3 kali dalam sehari.

2. Pisang
Anda dapat mengonsumsi pisang sebanyak 3 sampai 5 buah dalam sehari.

3. Mentimun
Siapkan 2 buah mentimun, lalu cuci dan kupas sampai bersih, selanjutnya peras airnya dan diminum 2 sampai 3 kali sehari.

4. Daun seledri
Siapkan 16 batang daun seledri yang utuh, kemudian dicuci lalu seledri dipotong-potong kasar, masukkan kedalam panci. Rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa air rebusan sebanyak setengahnya. Kemudian air dibagi menjadi 2 dan diminum, seledrinya dimakan.

5. Daun Alpukat
Siapkan 3 lembar daun alpukat, selanjutnya cuci hingga bersih dan rebus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin diminum beserta daunnya.

6. Belimbing manis
Anda dapat menyembuhkan hipertensi dengan mengonsumsi 2 buah belimbing manis yang sudah masak setiap pagi dan sore hari.

Demikian informasi mengenai gejala hipertensi dan cara menyembuhkannya secara alami. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Tentunya Anda jangan hanya mencoba menyembuhkan hipertensi dengan cara alami, tetapi konsultasikan juga penyakit Anda itu ke dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

0 komentar:

Posting Komentar