Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu ketika menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Yuk, obati & cegah gigi ngilu menggunakan cara-cara di bawah ini.



Pada gigi sensitif, aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi dapat mengakibatkan gigi terasa ngilu. Namun, kondisi ini dpaat diatasi dengan mendeteksi penyebabnya.

Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif?

Gigi terasa ngilu atau menjadi gigi yang sensitif apabila lapisan pelindung pada dinding gigi tergores atau terkikis. Gigi Anda menjadi sensitif waktu gusi terbuka, sebagai akibatnya, dentin, lapisan di bawahnya, terpapar banyak sekali rangsangan. Dentin terdiri atas bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran mini yang menuju saraf gigi. Kondisi ini mengakibatkan paparan dingin, panas, atau tabrakan keras dapat memicu rasa ngilu pada gigi.

Faktor lain yang bisa sebagai pemicu gigi ngilu yaitu sebagai berikut:


  • Lubang dalam gigi. Gigi berlubang bisa sebagai sarang berbagai macak bakteri.
  • Efek samping mekanisme yang dijalankan oleh dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang dalam gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan & minuman yang mengandung terlalu banyak asam.
  • Penyakit gigi & gusi.
  • Gigi retak.
  • Suka menggertakkan gigi.
  • Usia.


Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu

Memeriksakan diri ke dokter gigi adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Dokter akan mendeteksi penyebab gigi ngilu Anda berdasarkan riwayat keluhan, tanda-tanda yg Anda sampaikan & output inspeksi. Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasinya:

Pasta gigi dengan formula tertentu untuk gigi sensitif
Sebagian pasta gigi bisa membantu meredam ngilu lantaran gigi sensitif.

Flouride
Dokter dapat mengolesi gigi Anda yang sensitif dengan fluoride & meresepkannya buat dipakai pada tempat tinggal agar dapat memperkuat email gigi & meredakan gigi ngilu.

Mengikat atau menebalkan
Permukaan akar gigi yang terpapar bisa ditangani dengan lapisan pengikat (bonding resin) yang diaplikasikan pada Proses ini mungkin membutuhkan bius lokal.

Bedah gusi
Gigi yang ngilu sebagian bisa juga disebabkan karena akar gigi kehilangan lapisan gusi. Hal ini bisa diatasi dengan penggantian gusi dengan gusi lainnya.

Perawatan saluran akar gigi (root canal treatment)
Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan merawat pulpa gigi. Cara ini dilakukan jika perawatan lain sudah tidak bekerja secara efektif sementara rasa nyeri yang Anda alam sudah tak tertahankan.
Jika sehabis menjalani inspeksi & perawatan tetapi gigi ngilu masih saja mengganggu, segera datangi dokter gigi kembali untuk melakukan konsultasi.

Menjaga Kesehatan Gigi

Menyadari kerumitan perawatan gigi sensitif yang sudah dijelaskan diatas, maka usahakan Anda mencegah gejala tadi sebelum terjadi. Berikut ini beberapa cara yg bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi ngilu atau gigi sensitif.

Cara paling sederhana adalah menjaga kebersihan & kesehatan gigi menggunakan menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut & pasta gigi berflouride, alternatif lain bisa memakai benang gigi setiap hari.

Rutinlah menggosok gigi setiap hari, jangan menggosok dengan kasar, atau pasta gigi dengan kadar yang dapat menyebabkan lapisan gigi rusak.

Hindari mengasah & menggeretak gigi yang bisa mengakibatkan gigi retak dan sebagai sensitif.

Batasi makanan dan minuman asam, misalnya minuman soda, yogurt, & jeruk asam. Semua ini bisa mengikis sebagian email gigi terus- Minum menggunakan memakai sedotan bisa mengurangi risiko ini.

Minumlah air mineral buat menormalkan kadar asam pada mulut sehabis mengonsumsi susu atau makanan serta minuman yang mengandung asam.

Hindari pribadi menyikat gigi sehabis mengonsumsi kuliner & minuman yg mengandung asam. Email gigi akan mudah terkikis ketika Anda menyikat gigi karena kandungan Asam
Rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.

Perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi adalah hal terpenting pencegahan gigi sensitif. Jika Anda masih merasakan gigi ngilu sesudah melakukan beberapa tips yang sudah djelaskan di atas, segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter gigi.

Demikian penjelasan mengenai penyabab dan cara mengobati gigi sensitif atau ngilu, semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu

0 komentar:

Posting Komentar