Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Sering Merasa Sesak Napas? Mungkin Ini Penyebabnya

Bernafas adalah hal krusial bagi kelangsungan hidup setiap manusia. Namun apa jadinya jika kita mengalami gangguan pada saat bernafas atau sesak nafas? Pastinya hal itu menyebabkan kualitas hidup kita menurun.



Sesak nafas sendiri adalah pertanda bahwa Anda kesulitan dalam bernafas atau relatif tidak cukup menerima asupan udara. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan Anda sesak nafas. Ingin memahami apa saja penyebabnya? Mari simak ulasan lebih dalamnya di bawah ini.

Seseorang mengalami sesak nafas bisa jadi lantaran faktor kelebihan berat badan atau obesitas, berolahraga terlalu berat, berada pada tempat yang memiliki suhu ekstrem, atau berada pada wilayah yang memiliki ketinggian tertentu. Namun bila sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka kemungkinan disebabkan oleh faktor - faktor di bawah ini.


  • Pilek.
  • Alergi.
  • Asma.
  • Anemia.
  • Sinusitis.
  • Tuberkulosis.
  • Tekanan darah rendah.
  • Patah tulang rusuk.
  • Keracunan karbonmonoksida.
  • Pneumonia (paru-paru basah).
  • Kanker paru-paru.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Gangguan dalam jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.


Dari penyebab - penyebab yang sudah disebutkan di atas, penyebab generik yang kerap memicu kondisi sesak nafas yaitu asma, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Sesak nafas yang disebabkan oleh kondisi tadi umumnya berlangsung dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Untuk mengetahui penyebab sesak nafas yqng Anda rasakan, sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Pemeriksaan fisik dan banyak sekali tes juga akan dilakukan, misalnya tes darah, X-ray rongga dada & tes pernapasan spiromepol

Pada pernapasan spirometri akan diketahui berapa jumlah udara yang mampu Anda hembuskan & seberapa cepat Anda menghembuskannya. Tes ini jugaa sanggup dijadikan rujukan buat mendiagnosis apakah Anda mengidap PPOK atau tidak

Tes alergi juga mungkin mampu membantu dokter mengetahui penyebab sesak nafas. Salah satu penyebab utamanya adalah asma, tapi pemicu terbesar asma yaitu alergi. Pada sebagian kondisi, dokter akan menggunakan metode CT scan atau X-ray guna mengetahui kondisi jantung, paru-paru, serta tulang Anda.

Anda harus mengetahui secara pasti penyebab utama yang membuat Anda sesaknnapas, karena hal itu akan dijadikan rujukan untuk pengobatan agar bisa dilakukan secara efektif.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Penanganan sesak nafas pasti berbeda tiap orang. Oleh karena itu diperlukan diagnosis yang sempurna tentang penyebab sesak nafas. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda harus segera menghindari pemicu yang dapat menimbulkan sesak napas, seperti asap rokok, asap kendaraan, debu, atau pun serbuk

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan demi mecegah sesak nafas yang disebabkan oleh alergi. Obat - obatan tersebut seperti yang biasa dijual di apotek, yaitu dekongestan dan antihistamin. Kedua obat ini mampu memperlancar proses menghirup udara. Apabila alergi Anda sudah parah, kemungkinan akan diberikan obat hirup steroid. Obat hirup ini juga bisa digunakan bagi pasien penderita sinusitis.

Penderita asma ternyata juga dapat ditangani dengan obat - obatan hirup loh, tujuannya agar ketika penderita menghirup udara maka akan terasa lebih mudah dan segar. Berhenti merokok juga bisa memperlancar pernafasan Anda. Selain itu, ternyata banyak sekali akibat yang ditimbulkan bila kita merokok, seperti terkenan penyakit kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menjalani diet juga bisa dilakukan jika Anda mengalami sesak nafas karena obesitas atau kelebihan berat badan. Dengan menurunkan berat badan ke taraf yang sehat, pernapasan akan menjadi lebih lega. Hindari pula aktivitas berat saar Anda berada di tempat dengan ketinggian lebih dari 1500 meter.

Bagi Anda yang sudah menderita sesak napas sejak lama dan disebabkan oleh penyakit serius, maka Anda harus melakukan perawatan rutin dan terukur agar bisa menyembuhkan penyakit yang Anda alami. Konsultasikan ke dokter tentang masalah tersebut.

Jika Anda mengalami sesak nafas diiringi demam tinggi, menggigil, batuk, bengkak di kaki, warna bibir menjadi biru, atau sesak nafas yang kian memburuk, segera lah kunjungi dokter secepatnya untuk melakukan penanganan.

Sekian informasi mengenai penyebab sesak napas, sebaiknya pastikan keluarga Anda terhindar dari sesak napas karena kondisi yang satu ini bisa disebabkan oleh penyakit serius.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sering Merasa Sesak Napas? Mungkin Ini Penyebabnya

0 komentar:

Posting Komentar