Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Celiac

Penyakit celiac atau dalam bahasa medisnya sering disebut sebagai celiac disease, yaitu keadaan dimana sistem pencernaan Anda merespon secara berlebihan ketika mengonsumsi gluten. Gluten merupakan protein yang biasanya didapatkan di dalam biji - bijin seperti gandum atau yang bisa ditemukan pada tepung.



Penyakit ini hampir mirip dengan auto imun, sistem pencernaan dan kekebalan tubuh salah mengira kalau gluten bisa membahayakan tubuh, padahal sebenarnya tidak. Sistem imun tubuh tersebut menyerang jaringan - jaringan tubuh yang sehat. Akibatnya, terjadi radang sehingga merusak dinding - dinding halus, pada akhirnya hal tersebut menyebabkan terganggunya proses penyerapan nutrisi yang dikonsumsi untuk tubuh. Penyakit celiac ternyata dapat menjadi penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai masalah lain terkait pencernaan dan kekurangan gizi.

Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai tanda - tanda dan gejala penyakit celiac yang paling umum, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Tanda - tanda dan Gejala Celiac Disease

1. Diare
Hal pertama yang paling umum terjadi pada penderita penyakit celiac adalah diare yang berbentuk cair atau sebagian berbentuk padat, acapkali baunya sangat tidak enak, berminyak dan terkadang berbuih. Menurut sebuah penelitian, 79 persen penderita penyakit celiac akan mengalami diare sebelum diberikan obat lertamanya, setelah dilakukan pengobatan, hanya sekitar 17 persen yang masih mengalami diare
Untuk penyakit celiac yang tidak segera diobati ternyata dapat menimbulkan diare sebagai gejala awalnya. Bagi beberapa pasien, dalam kurun waktu beberapa hari pengobatan diare akan hilang dengan sendirinya.  Namun, secara umum gejala - gejala penyakit celiac dapat diatasi dalam waktu 1 bulan. Perlu diingat juga, diare dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

2. Perut Kembung
Selain diare, penyakit celiac juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lain pada sistem pencernaannya, termasuk perut kembung. Berdasarkan sebuah penelitian, 73 persen dari 1.032 yang menderita penyakit celiac disease merasakan perut kembung sebelum didiagnosis dokter. Hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya apablia tidak lagi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gluten.

Gluten sudah terbukti menyebabkan perut kembung bagi mereka yang tidak menderita penyakit celiac. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya penelitian kepada 30an orang yang tidak sakit celiac namun perutnya kembung. Hal ini dapat disembuhkan setelah berhenti mengonsumsi gluten setiap hari selama 6 minggu.

3. Sering Merasa Kelelahan
Bagi penderita celiac biasanya memang akan lebih mudah lelah karena terjadi penurunan energi. Dengan begitu, seseorang dengan penyakit celiac yang tidak diobati akan merasa kelelahan lebih parah dari pada orang yang tidak mengonsumsi gluten. Ada juga sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa penderita celiac lebih susah untuk tidur malam sehingga membuatnya mudah lelah. Penyakit celiac yang tidak diobati ternyata juga dapat membuat kerusakan pada usus kecil, sehingga penyerapan vitamin dan mineral pun akan terganggu dan menjadi mudah lelah.

4. Menurunnya Berat Badan
Apabila berat badan Anda menurun sangat drastis dan menjaga berat badan ideal sangat sulit, bisa jadi hal tersebut karena Anda mengidap penyakit celiac. Kalau memang benar begitu, hal itu karena penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh berkurang sehingga menyebabkan risiko kekurangan gizi dan penurunan berat badan.

5. Sering Kentut (Buang Gas)
Sering melalukan kentut atau buang gas merupakan kebiasaan yang sering dialami oleh orang penderita penyakit celiac. Sebuah studi menunjukan 9,4 persen dari 96 penderita celiac yang tidak diobati mengalami kebiasaan sering kentut. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu orang sekitar, dan akan membuat Anda malu bila ketahuan buang gas atau kentut dengan aroma yang sangat tidak sedap. Jadi, segera obati penyakit Anda tersebut.

Itu lah beberapa tanda dan gejala yang secara umum biasa dialami oleh penderita celiac, tentunya Anda harus segera mengobati penyakit tersebut karena bila tidak diobati akan berdampak lebih buruk seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda beserta keluarga. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Celiac

0 komentar:

Posting Komentar