Kesehatanmu | Tanpa Kesehatan Hidup Tak Akan Ada Artinya

Pengaruh Gerakan Shalat Terhadap Kesehatan

Shalat adalah kewajiban utama kaum muslim. Bagi penganut agama Islam, sholat adalah tiang agama, dan juga yang membedakan umat Islam dengan agama yang lain. Shalat terdiri dari beberapa gerakan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Namun, taukah pembaca bahwa shalat, selain ibadah utama, juga mempunyai manfaat yang baik terhadap tubuh ?, berikut ini adalah manfaat-manfaatnya.



1. Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram adalah awal gerakan setelah melukan niat, Takbiratul Ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, didekap di bagian perut di bawah dada. Manfaat dari takbiratul ihram ini adalah melancarkan aliran darah, hal ini disebabkan karena posisi jantung di bawah otak dan juga otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen akan tersalurkan dengan baik, kekuatan otot lengan, mencegah gangguan persendian, dan meningkatkan kekuatan otot lengan, ketika kedua tangan didekapkan pada dada bagian bawah ataupun bagian perut.

2. Rukuk
Rukuk merupakan gerakan kedua dalam shalat. Gerakan rukuk dilakukan dengan menungging ke depan dengan posisi tulang belakang  atau punggung tegak lurus ke arah depan. Tentunya, posisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesempurnaan tulang belakang, posisi jantung sejajar dengan otak manusia, penyangga tubuh dan urat-urat syaraf, dikarenakan ketika posisi jantung sejajar dengan otak, aliran darah dapat berjalan dengan baik dan maksimal pada tubuh bagian tengah. Rukuk juga berguna untuk pencegahan penyakit kelamin yaitu penyakit prostat, karena ketika tangan kita bertumpu pada lutut, otot-otot kita akan relaksasi dari atas sampai bawah.

3. I’tidal
I’tidal berarti diri sejenak atau beristirahat sejenak, berdiri tegak sempurna setelah rukuk, dan juga mengangkat tangan sejajar dengan kedua telinga. Sesuai dengan artinya, i’tidal memberikan istirahat dan relaksasi kepada tubuh, bermanfaat kepada otot perut, otot perut akan mengalami pemijatan dan terasa longgar sebelum melanjutkan gerakan berikutnya yaitu gerakan sujud, dan juga memperlancar pencernaan perut.

4. Sujud
Didalam gerakan sujud ini paling banyak terdapat manfaat, doa-doa kita dijabah oleh Allah, dan juga banyak pengaruh positif yang akan kita dapatkan untuk tubuh kita, maka dari itu kita harus melakukan gerakan sujud ini dengan khusyuk dan tenang. Gerakan sujud dilakukan dengan memposisikan bagian kepala yaitu kening dan hidung kepada alas sajadah. Kita meletakkan kening dan hidung dengan sejajar menghadap ke alas menyentuh permukaan. Kedua tangan ditaruh disamping (tanpa telungkup) dan kedua kaki kita tekuk. Hal ini sangat berperan penting dalam mengalirkan darah menujuk otak dengan optimal. Sujud dapat memberikan khasiat yang baik untuk otak kita., menghindari gangguan wasir, bahkan untuk kaum wanita, memiliki manfaat untuk menjaga kesuburan dan kesehatan organ wanita. Dengan aliran darah yang baik menuju otak, kedua otak (kanan dan kiri) akan berfungsi dengan baik, berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan dan kreatifitas. Banyak orang yang bersujud lebih lama, selain dengan fokus dan khusyuknya ibadah kepada Allah, memberikan kesehatan kepada otak kita, bereaksi dan berkontraksi pula pada bagian leher dan kaki, sehingga akan lebih kencang dan kuat.

5. Duduk
  Dalam gerakan shalat, terhadap dua jenis gerakan duduk, yang pertama yaitu tahiyat awal (iftirosy), dan yang kedua tahiyat akhir (tawarruk). Perbedaan ini terdapat pada tumpuan telapak kaki. Pada saat tahiyat awal (iftirosy), syaraf yang terdapat atau terhubung pada pangkal paha akan menghindarkan kita dari rasa nyeri dan pegal linu, sedangkan pada tahiyat akhir (tawarruk), berpengaruh sangat baik terhadap pria karena posisi ini menyebabkan aliran kandung kemih dan prostat yang dimilki pria bekerja dengan baik dan juga mencegah penyakit impotensi. Posisi duduk dalam shalat yang baik memberikan dampak kelenturan dan kekuatan untuk organ-organ tubuh kita jika dijalani dengan harmonis, karena peredaran akan terpompa dengan maksimal disebabkan tekanan pada otot kaki.

6. Salam
Tahapan atau gerakan terakhir penutup ibadah shalat. Gerakan ini dilakukan dengan memutar atau menengokkan kepala ke arah kanan dan kiri secara perlahan, gerakan ini sederhana, jika dilakukan dengan benar dan perlahan akan melancarkan peredaran darah pada bagian leher, membuat otot di bagian leher kencang, terlatih, bekerja dengan baik dan mengalami relaksasi, mencegah sakit kepala, bahkan menjaga kekencengan kulit pada wajah.

Sekian Pengaruh Gerakan Shalat Terhadap Kesehatan Tubuh, seluruh manfaat ini akan kita dapatkan jika kita melakukannya dengan baik dan benar serta khusyuk dan perlahan, sekian dari penulis, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengaruh Gerakan Shalat Terhadap Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar