6 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

6 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cara membuat masker wajah alami pasti dibutuhkan oleh sebagian besar orang yang ingin memiliki kulit wajah sehat, putih, cerah, dan terbebas dari berbagai masalah kecantikan wajah seperti jerawat, komedo, dan sebagainya. Di samping itu, masker wajah yang terbuat dari bahan alami juga menghemat biaya serta memiliki efek samping yang sangat baik untuk wajah.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Kesehatanmu.id akan menjelaskan mengenai cara membuat masker wajah alami untuk remaja yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan. Daripada penasaran, simak ulasan berikut. 

Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Remaja

Meskipun masker wajah berbahan alami dinilai lebih aman, namun Anda juga harus melakukan pengujian terlebih dahulu, apakah bahan-bahan yang digunakan untuk masker wajah tersebut dapat menyebabkan alergi atau tidak. Hal ini karena jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda sehingga cara perawatannya pun berbeda pula.


Untuk mengetahui apakah masker wajah bahan alami cocok atau tidak pada kulit, cukup oleskan masker pada bagian dalam tangan. Tunggu beberapa saat dan lihatlah hasilnya, apakah memunculkan gejala alergi atau tidak. Jika tidak, Anda dapat menggunakan masker wajah alami tersebut untuk mempercantik wajah Anda. Lantas bahan alami seperti apa yang dapat dijadikan sebagai masker alami wajah? Daripada Anda penasaran, berikut adalah bahan serta cara membuat masker wajah alami:

1. Masker Wajah dari Minyak Zaitun dan Madu

Seperti yang kita tahu, madu dikenal sebagai bahan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit kering. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mengombinasikan antara madu dan minyak zaitun sebagai bahan dasar pembuatan masker. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dan madu dalam sebuah wadah.
  • Setelah itu, aduk dua bahan ini secara merata.
  • Oleskan masker wajah alami pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit agar kandungan berkhasiat yang terdapat di dalam madu dan minyak zaitun meresap.
  • Setelah itu, bilas menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.
Dalam melakukan cara ini, Anda juga dapat menambahkan 2 sendok teh cuka sari apel. Gunakan masker wajah alami ini secara rutin sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, maka semua permasalahan wajah dapat diatasi. 

2. Masker Wajah dari Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti mineral alami, vitamin E, folat, dan sebagainya. Masker wajah alami dari buah alpukat sangat cocok diaplikasikan bagi Anda yang memiliki wajah kusam, kering, dan bersisik. Adapun cara membuat masker wajah alami dari buah alpukat adalah:
  • Pilih 1 buah alpukat yang telah matang dan potong menjadi 2 bagian.
  • Ambil daging buah alpukat pada salah satu bagian lalu haluskan menggunakan blender.
  • Setelah halus, oleskan buah alpukat pada wajah Anda sebagai masker. Biarkan sekurang-kurangnya 25 menit hingga buah alpukat mengering.
  • Terakhir, bilas masker buah alpukat menggunakan air dingin sampai bersih
Bagi Anda yang ingin menggunakan cara ini, Anda juga dapat menambahkan campuran madu atau minyak zaitun ke dalam buah alpukat yang telah dihaluskan. Gunakan masker ini sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Masker Wajah dari Buah Lemon dan Madu

Siapa yang dapat memungkiri khasiat buah lemon untuk kecantikan wajah? Anda semua pasti setuju bahwa buah yang kaya akan vitamin C dan anti oksidan ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah. Selain itu, buah lemon juga mengandung senyawa AHA (Alpha-Hydroxy Acids) yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Adapun cara membuatnya adalah:
  • Pilih 1 buah lemon yang telah matang dan ambil airnya lalu letakkan pada sebuah wadah.
  • Setelah itu, campurkan air perasan buah lemon dengan 1 sendok teh madu atau minyak zaitun. Aduk hingga merata.
  • Langkah berikutnya, oleskan bahan-bahan tersebut pada bagian wajah. Diamkan selama 30 menit.
  • Langkah terakhir, bersihkan sisa masker buah lemon dan madu menggunakan air hangat sembari digosok secara perlahan.
Sekedar informasi, untuk cara ini, sebaiknya tidak diterapkan oleh mereka yang masih memiliki jerawat berlebih di wajah. Hal ini karena perasan air lemon yang terkena jerawat akan memunculkan rasa perih. Untuk hasil maksimal, terapkan cara membuat masker wajah alami dengan buah lemon dan madu selama 3 kali dalam seminggu. Dengan mengaplikasikan masker untuk kulit untuk wajah berminyak dan berjerawat tersebut, maka wajah Anda akan kembali putih bersih. 

4. Masker Wajah dari Buah Pepaya

Sebagian besar dari Anda mungkin sering melihat berbagai produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berkhasiat memutihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Adapun cara membuat masker wajah alami berbahan pepaya adalah:
  • Ambil ¼ daging buah pepaya yang masih muda kemudian haluskan dengan blender. Pastikan bentuk buah pepaya yang telah dihaluskan berbentuk seperti pasta.
  • Selanjutnya, oleskan masker pepaya secara merata pada bagian kulit wajah Anda. Diamkan selama 20 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
Dengan menggunakan masker buah pepaya, maka Anda dapat memperoleh kulit wajah yang halus, putih, mulus, dan cerah berseri. Lakukan cara sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil maksimal. 

5. Masker Wajah dari Bubuk Kunyit

Cara memutihkan wajah secara alami dan permanen juga dapat memanfaatkan bubuk kunyit. Sekedar informasi, kunyit mengandung senyawa aktif kurkumin yang berperan sebagai anti oksidan. Bahan yang satu ini sudah digunakan sejak jaman dahulu hingga sekarang. Cara membuat masker wajah alami dengan kunyit adalah:
  • Sediakan bubuk kunyit secukupnya serta 1 sendok teh perasan air lemon.
  • Aduk dua bahan tersebut pada sebuah wadah hingga bentuknya mengental menyerupai pasta.
  • Oleskan pada bagian wajah secara merata. Biarkan hingga masker wajah ini mengering.
  • Langkah terakhir, bilas masker alami wajah ini menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.
Bagi Anda yang tertarik menggunakan masker alami berbahan dasar kunyit, sebaiknya gunakan di malam hari sebelum tidur. Berbagai kandungan bermanfaat dalam kunyit juga dapat menghambat produksi melanin yang akan membuat wajah Anda gelap. Dengan begitu, kulit wajah putih berseri pun dapat Anda miliki. 

6. Masker Wajah dari Buah Bengkoang

Bahan alami terakhir yang dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah adalah bengkoang. Seperti halnya pepaya, bengkoang juga sering dijadikan bahan dasar dalam pembuatan masker wajah. Fungsi dari buah ini adalah memutihkan wajah, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, serta membantu mengencangkan kulit wajah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Cara membuat masker wajah alami dengan bengkoang adalah:
  • Siapkan 1 buah bengkoang yang masih segar.
  • Kupas kulitnya, cuci hingga bersih, kemudian haluskan menggunakan parutan.
  • Selanjutnya, ambil parutan bengkoang dan letakkan pada kain. Peraslah bengkoang hingga keluar air atau sarinya.
  • Biarkan sari bengkoang mengendap selama 1 malam.
  • Gunakan endapan sari bengkoang sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit hingga 40 menit hingga masker bengkoang mengering.
  • Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.
Dengan memanfaatkan sari bengkoang, maka Anda dapat lebih percaya diri karena memiliki wajah yang putih, halus, cerah, dan berseri. Untuk menggunakan masker bengkoang, sebaiknya gunakan pada malam hari lalu bilas keesokan harinya. 

Itulah beberapa cara membuat masker wajah alami untuk remaja yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan disekitar Anda. Silahkan memilih jenis masker yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda agar tidak terjadi alergi. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin tampil percaya diri.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment