7 Cara Memutihkan Wajah dengan Cara Alami yang Terbukti Ampuh

7 Cara Memutihkan Wajah dengan Cara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara memutihkan wajah dengan cara alami – Kulit wajah yang kusam dan tidak berseri akan membuat penampilan seseorang kurang maksimal. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi tingkat kepercayaan seseorang. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh apabila banyak orang yang ingin memiliki segar, bersih, cerah, dan tampak merona. Kondisi tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri ketika tampil di hadapan banyak orang.

Lantas bagaimana cara memutihkan wajah agar tampil bersih dan berseri? Kebanyakan orang menggunakan berbagai produk kecantikan seperti pelembab wajah, sabun wajah, dan lain sebagainya. Pertanyaannya, apakah produk kecantikan tersebut benar-benar alami digunakan untuk kulit wajah Sobat Sehat? 

7 Cara Memutihkan Wajah dengan Cara Alami yang Terbukti Ampuh


Pasalnya tak sedikit kasus atau permasalahan pada kulit wajah akibat produk kecantikan yang mengandung bahan kimia. Selain itu, ada orang yang cocok dengan produk kecantikan tertentu. Untuk itulah, akhirnya banyak orang yang memilih menggunakan bahan-bahan alami dibandingkan dengan produk kecantikan berbahan kimia. Tak hanya aman, bahan-bahan alami juga mudah didapatkan. 

Cara Memutihkan Wajah dengan Cara Alami yang Terbukti Ampuh

Berbicara mengenai bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah, setidaknya terdapat beberapa bahan yang direkomendasikan bagi Sobat Sehat. Daripada penasaran, sebaiknya Sobat Sehat simak ulasan tentang bahan-bahan alami memutihkan wajah berikut ini.

1. Jeruk Nipis

Seperti yang kita tahu, jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin C dan anti oksidan. Kandungan tersebut membantu kulit wajah untuk terhindar dari masalah berupa jerawat, minyak berlebih pada wajah, mencerahkan kulit, serta mengangkat sel kulit mati. 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jeruk nipis adalah menangkal radikal bebas sehingga sangat cocok digunakan untuk mencerahkan kulit wajah Sobat Sehat. Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1.    Siapkan 1 buah jeruk nipis. Iris menjadi 2 bagian.
2.    Oleskan bagian tersebut pada wajah Sobat Sehat secara merata.
3.    Diamkan selama 30 menit hingga mengering. Untuk Sobat Sehat yang memiliki jerawat, mungkin akan merasakan perih pada kulit wajah.
4.    Bilas menggunakan air hingga benar-benar bersih.

Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, lakukan cara tersebut setiap hari dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Dengan begitu, maka Sobat Sehat dapat memperoleh kecantikan wajah secara alami. 

2. Lidah Buaya

Cara memutihkan wajah dengan cara alami yang selanjutnya yakni memanfaatkan lidah buaya. Bahan yang satu ini juga terbukti sangat efektif untuk kesehatan, baik kesehatan rambut ataupun kulit. Terdapat beberapa kandungan bermanfaat pada lidah buaya seperti aloesin sebagai zat penghambat pembentukan melanin dan zat lain yang membantu kulit untuk mendapatkan warna cerah alami. 

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
1.    Siapkan lidah buaya dan ambil bagian yang terdapat di tengahnya.
2.    Oleskan pada kulit wajah secara merata.
3.    Diamkan sekitar 15 menit.
4.    Bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini pada pagi dan sore hari selama 2 minggu. 

3. Buah Pepaya

Cara memutihkan wajah dengan cara alami selanjutnya adalah dengan buah pepaya. Terdapat kandungan enzim papain pada buah pepaya yang fungsinya adalah untuk membantu meregenerasi kulit. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, C, dan E pada buah pepaya berguna sebagai pelembab kulit serta membantu memberikan nutrisi pada kulit wajah. 

Cara menggunakannya adalah:
1.    Ambil buah pepaya yang sudah matang.
2.    Haluskan hingga lembut menggunakan blender dan tiriskan kadar airnya.
3.    Gunakan pepaya yang telah dihaluskan tersebut sebagai masker alami.
4.    Diamkan selama 20 – 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Untuk cara yang satu ini, cukup aplikasikan masker buah pepaya setidaknya selama 2 – 3 kali dalam seminggu. Kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh pepaya akan membantu Sobat Sehat dalam mendapatkan kulit wajah yang cerah alami. 

4. Buah Alpukat

Seperti yang kita tahu, alpukat memiliki manfaat sebagai pelindung kulit wajah dari tSobat Sehat-tSobat Sehat penuaan seperti keriput. Hal ini karena terdapat kandungan karotenoid, anti oksidan, vitamin C, dan Vitamin E yang cukup tinggi pada alpukat. 

Dengan kandungan tersebut, alpukat juga dapat membantu Sobat Sehat dapat memutihkan kulit wajah dan melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Lantas bagaimana cara memutihkan wajah dengan cara alami menggunakan alpukat? Caranya cukup mudah, yakni:

  1. Ambil daging alpukat yang telah matang dan haluskan hingga lembut dan berbentuk seperti pasta. 
  2. Setelah itu, oleskan daging alpukat halus tersebut secara merata pada wajah Sobat Sehat. 
  3. Diamkan selama 20 – 25 menit. Selanjutnya bersihkan wajah menggunakan air hangat hingg bersih.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, Sobat Sehat dapat melakukan cara di atas 2 kali sehari dalam seminggu, yakni pada pagi dan malam hari. Dengan begitu, maka kulit kusam tidak akan lagi menjadi masalah wajah yang mengganggu Sobat Sehat. 

5. Strawberry

Pernahkah Sobat Sehat mendengar tentang strawberry serta khasiatnya untuk kecantikan kulit wajah? Meskipun belum begitu populer, namun faktanya strawberry juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah serta menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang membandel.

Seperti halnya buah jeruk, strawberry juga terkenal dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya. Di samping itu, strawberry juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit secara alami serta mencegah rusaknya kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Adapun cara memutihkan wajah dengan cara alami dengan buah strawberry adalah sebagai berikut:
1.    Ambil 3 – 4 buah strawberry yang telah matang. Haluskan hingga lembut dan berbentuk seperti pasta.
2.    Campurkan dengan 1 sendok makan susu murni (bukan susu kental manis).
3.    Gunakan pasta strawberry sebagai masker.

Cara yang satu ini dapat Sobat Sehat aplikasikan selama 3 kali dalam seminggu setiap kali hendak tidur. 

6. Kentang

Sebagian dari Sobat Sehat mungkin bertanya-tanya apakah kentang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajah? Jawabannya adalah benar. Pasalnya kentang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dengan peran sebagai anti biotik alami untuk mencegah penuaan wajah. Di samping itu, mineral pada kentang juga merangsang proses regenerasi kulit sehingga kulit tidak kusam. 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kentang adalah kandungan anti oksidannya yang mampu menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah. Dengan begitu, Sobat Sehat dapat tampil percaya diri di hadapan banyak orang. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:
1.    Ambil 1 buah kentang lalu kupas kulitnya.
2.    Bilas kentang dengan air bersih dan rebuslah hingga menjadi lunak.
3.    Setelah itu, haluskan kentang hingga membentuk pasta. Apabila kentang masih terlalu kering, Sobat Sehat dapat menambahkan madu di dalamnya.
4.    Oleskan ramuan tersebut pada wajah Sobat Sehat dan diamkan selama 30 menit.
5.    Bilas menggunakan air bersih.

Cara ini akan sangat efektif jika dilakukan sebelum tidur secara rutin. Sekedar informasi, cara memutihkan kulit wajahmdengan cara alami menggunakan kentang cocok diaplikasikan bagi Sobat Sehat yang memiliki kulit wajah normal. 

7. Mentimun

Bahan alami terakhir yang sudah tak perlu lagi diragukan khasiatnya untuk kecerahan kulit wajah adalah mentimun. Bahan yang satu ini memiliki kandungan vitamin serta mineral yang sangat tinggi dan berperan untuk kesegaran wajah.

Di samping itu, mentimun juga dapat menghilangkan noda hitam serta kantung mata hitam. Inilah alasan mengapa banyak orang yang memanfaatkan mentimun sebagai bahan alami kecantikan wajah. Caranya adalah sebagai berikut:
1.    Pilihlah mentimun yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua.
2.    Iris tipis-tipis mentimun tersebut.
3.    Tempelkan pada seluruh wajah, terutama pada kantung mata yang hitam. Sobat Sehat juga dapat mengoleskannya secara merata pada seluruh wajah.
4.    Diamkan selama 30 menit kemudian basuh dengan air bersih.

Khasiat mentimun sebagai bahan alami untuk memutihkan wajah memang terbilang sangat ampuh. Bahkan tak sedikit produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. 

Itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan cara alami menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Dengan bahan-bahan di atas, maka Sobat Sehat tak perlu lagi khawatir mengalami efek samping seperti menggunakan produk kecantikan berbahan kimia. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Sobat Sehat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment