14 Cara Mencerahkan Wajah Kering, Kusam, dan Normal secara Alami

14 Cara Mencerahkan Wajah Kering, Kusam, dan Normal secara Alami


Memiliki kulit wajah yang cerah dan berseri tentu menjadi impian banyak orang, baik pria ataupun wanita. Tak heran jika banyak orang yang mencari bagaimana cara mencerahkan wajah menggunakan bahan alami. Selain itu, wajah yang cerah dan berseri akan membuat penampilan seseorang semakin enak dipandang. Dengan begitu, maka rasa percaya diri akan muncul ketika berhadapan dengan banyak orang.

14 Cara Mencerahkan Wajah Kering, Kusam, dan Normal secara Alami

Saat ini memang sudah banyak sekali produk kecantikan yang mampu membantu mencerahkan wajah. Hanya saja, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif tidak cocok menggunakan produk kecantikan tersebut. Tak heran apabila mereka mulai mencari cara mencerahkan wajah secara dengan bahan alami yang mudah didapatkan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai jenis kulit wajah, cara mencerahkan wajah kusam secara alami, cara mencerahkan wajah kusam dan kering secara alami, serta cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak. Jadi simak ulasan berikut hingga akhir, ya!

5 Jenis Kulit Wajah

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara mencerahkan wajah, ada baiknya apabila Anda mengetahui jenis-jenis kulit wajah. Mengapa? Hal ini karena jenis kulit wajah mempengaruhi bagaimana langkah tepat untuk mencerahkan wajah Anda.

Mengutip dari situs www.alodokter.com[k1] , terdapat 5 jenis kulit wajah. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Kulit Wajah Normal

Ini merupakan jenis kulit wajah yang memiliki keseimbangan antara kandungan minyak serta air. Dengan kata lain, jenis kulit wajah normal tidak terlalu kering ataupun berminyak. Sangat beruntung bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal. Mengapa? Karena kulit wajah normal jarang mengalami masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan sebagainya. 

2. Kulit Wajah Kering

Selanjutnya adalah kulit wajah kering. Berbeda dengan kulit wajah normal, pemilik kulit wajah kering kurang memiliki kelembaban kulit terluar. Hal ini menyebabkan munculnya masalah kulit seperti retakan di permukaan kulit.

Masalah yang dialami oleh pemilik kulit wajah kering disebabkan oleh pori-pori kulit yang hampir tak terlihat. Selain itu, wajah kering juga kurang elastis sehingga mudah gatal, memerah, meradang, dan bersisik.

Parahnya, kulit wajah kering juga sering mengalami masalah akibat faktor genetik, paparan sinar UV, perubahan hormon, penuaan, cuaca dingin, dan berbagai produk kosmetik. 

3. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah yang selanjutnya adalah kulit wajah berminyak. Jenis kulit yang satu ini memiliki kelenjar minyak yang terlalu banyak pada lapisan kulit. Kelebihan produksi kelenjar minyak tersebut berasal dari lemak. Meskipun umumnya wajah membutuhkan sebum, namun kelebihan produksi kelenjar minyak akan membawa berbagai masalah pada wajah Anda. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi kulit wajah berminyak adalah faktor genetik, stress, hingga perubahan hormon. Jenis kulit wajah berminyak umumnya memiliki pori-pori yang besar sehingga mudah terserang komedo, jerawat, dan noda hitam.

4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah sensitif umumnya cenderung memiliki kepekaan yang rendah terhadap beberapa hal. Jenis kulit ini mudah terserang iritasi, alergi, dan peradangan. Faktor yang mempengaruhi masalah pada kulit wajah sensitif cukup beragam mulai dari makanan, lingkungan sekitar, tanaman, hingga produk kosmetik. 

5. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit wajah kering dan kulit wajah berminyak. Seseorang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi umumnya mempunyai kulit berminyak yang terkonsentrasi di bagian dagu, dahi, dan hidung. Sementara di bagian pipi tetap kering. Beberapa faktor yang mempengaruhi kulit wajah kombinasi adalah faktor genetik terutama pada masa puber, dimana produksi sebum meningkat.

Itulah beberapa jenis kulit wajah yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis kulit wajah, maka Anda dapat mengambil langkah tepat untuk mendapatkan wajah yang cerah alami.

Cara Mencerahkan Wajah Kusam secara Alami

Seperti yang telah dijelaskan di atas, wajah kusam dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari kotoran yang menempel di kulit, paparan sinar UV, hingga kulit yang kurang lembab. Dengan kata lain, wajah kusam umumnya dialami oleh pemilik kulit wajah kering. 

Lantas bagaimana cara mencerahkan wajah kusam secara alami? Mengutip dari situs www.liputan6.com[k2] , terdapat 5 cara mencerahkan wajah kusam. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan Wajah dengan Lemon

Sekedar informasi, lemon merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, lemon memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mengatasi wajah kusam dan mengurangi tanda penuaan. 

Adapun cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan lemon, cukup ambil satu buah lemon yang telah matang. Setelah itu, iris lemon dan oleskan di area wajah serta leher Anda. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari yakni di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

2. Menggunakan Masker Gula

Mungkin terdengar aneh, namun cara yang satu ini terbukti cukup efektif untuk mencerahkan wajah. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm (sendok makan) gula merah dan gula pasir dalam satu wadah. Setelah itu, campurkan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut secara memutar di bagian wajah Anda.

Cara mencerahkan wajah yang satu ini mampu mengangkat sel-sel mati di kulit. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah dan jauh dari kusam.

3. Masker Madu

Cara mencerahkan wajah kusam yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Anda mungkin tahu bahwa madu memiliki kandungan yang berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptic yang mampu mencerahkan kulit.

Cara mencerahkan kulit wajah kusam dengan madu cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh madu dan air perasan lemon. Aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke wajah Anda sebagai masker. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Cara yang satu ini sangat cocok dilakukan di malam hari.  

4. Minyak Kelapa

Masalah wajah kusam juga dapat diatasi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa sangat kaya akan nutrisi yang mampu menghasilkan menghidrasi selaput kulit sehingga sangat cocok untuk kulit wajah kering. 

Cara mencerahkan wajah kusam dengan minyak kelapa cukup mudah. Pertama, campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dan sedikit madu pada sebuah wadah. Setelah itu, gunakan ramuan ini sebagai masker. Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh minyak kelapa terbukti sangat efektif untuk mengurangi masalah kekusaman wajah serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

5. Masker Strawberry

Cara mencerahkan wajah kusam yang terakhir adalah dengan masker strawberry. Strawberry merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C serta serat. Kandungan vitamin C pada buah strawberry membuat buah ini kaya akan antioksidan yang dibutuhkan pada wajah kusam.

Tak hanya itu, strawberry juga mengandung asam Alpha Hidroxyl yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah dapat lebih cerah alami.

Untuk menggunakannya, cukup hancurkan satu buah strawberry hingga benar-benar halus. Setelah itu, campurkan dengan beberapa tetes madu. Aduk hingga merata. Selanjutnya oleskan pasta strawberry pada wajah dan leher Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Dengan penggunaan rutin, cara mencerahkan wajah kusam dengan strawberry akan memberikan hasil maksimal untuk penampilan cantik Anda. 

Itulah beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapatkan, maka Anda tak perlu lagi menggunakan produk kosmetik yang mungkin akan membuat wajah Anda rusak. 

Cara Mencerahkan Wajah Kering secara Alami

Jika ulasan sebelumnya membahas mengenai cara mencerahkan wajah kusam, lantas bagaimana tips mencerahkan wajah kering? Mengutip dari situs www.liputan6.com[k3] , terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi Buah Cranberry

Buah cranberry memang dikenal mampu memberikan hidrasi pada kulit wajah kering. Buah yang satu ini memiliki kandungan yang bersifat antioksidan sehingga sangatcocok untuk kulit kering. Adapun cara mencerahkan wajah dengan buah cranberry adalah cukup mengonsumsi buah ini secara langsung atau diolah menjadi jus terlebih dahulu. 

2. Konsumsi Ikan Laut

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi ikan sebagai cara mencerahkan kulit wajah kering. Hal ini karena di dalam ikan terdapat protein serta lemak yang memiliki fungsi cukup baik untuk kulit. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi ikan hanya disarankan untuk Anda yang tidak memiliki alergi. 

3. Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal bahan alami yang satu ini? Ya, lidah buaya ternyata juga terbukti cukup ampuh untuk mencerahkan wajah kering. Bahkan beberapa produk kosmetik menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar pembuatannya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat melawan paparan sinar UV sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi pada kulit. Adapun cara mencerahkan wajah dengan lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian wajah secara merata. Gel lidah buaya dapat dioleskan langsung atau dicampur dengan minyak almond dan dijadikan masker. 

4. Masker Yoghurt dan Telur

Adapun cara mencerahkan wajah kering yang berikutnya adalah dengan masker yoghurt dan telur. Kombinasi dua bahan ini selain mampu menghilangkan kesan kusam di kulit kering, juga dapat mencegah kerusakan sel akibat polusi udara serta paparan sinar matahari.

Untuk mengaplikasikannya, ambil kuning telur dan satu sendok makan yoghurt. Campurkan keduanya dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan alami ini di seluruh area wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, masker yoghurt dan telur dapat digunakan 2 kali sehari, yakni sebelum beraktifitas dan menjelang tidur. 

5. Masker Alpukat

Cara alami mencerahkan wajah kering yang berikutnya adalah dengan buah alpukat. Buah yang satu ini memang kaya akan kandungan vitamin di dalamnya. Selain itu, alpukat juga berkhasiat merawat kulit wajah kering agar terlihat lebih cerah. 

Adapun cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok alpukat yang telah matang dengan madu. Setelah itu, aduk di dalam wadah hingga benar-benar tercampur. Gunakan masker alpukat pada seluruh bagian wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. 

6. Minyak Almond

Cara mencerahkan wajah kering yang terakhir adalah dengan minyak almond. Sekedar informasi, minyak almond memang cukup terkenal karena banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan, salah satunya adalah mencerahkan kulit kusam dan kering. Anda hanya perlu mengoleskan minyak almond murni di bagian wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Cara yang satu ini akan semakin efektif apabila dilakukan secara rutin selama 2 kali sehari. 

Itulah beberapa cara mencerahkan wajah kering secara alami. Beberapa bahan di atas sangat mudah didapatkan sehingga Anda pun tak kesulitan untuk merawat kulit wajah Anda. 

Cara Mencerahkan Wajah Berminyak secara Alami

Setelah mengetahui cara untuk mencerahkan kulit wajah kering dan kusam, kini saatnya mengulas bagaimana mencerahkan kulit wajah berminyak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kulit wajah berminyak disebabkan oleh banyak faktor mulai dari faktor genetik, makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara mencerahkan wajah berminyak secara alami? Mengutip dari situs www.befren.com[k4] , berikut cara yang dapat Anda lakukan:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ini adalah cara mencerahkan wajah berminyak paling mudah yang dapat dilakukan. Pasalnya, air putih juga menjadi salah satu kebutuhan harian yang dapat membantu proses hidrasi tubuh. Konsumsi air putih setiap hari secara rutin ternyata juga mampu menetralisir produksi kadar sebum yang menyebabkan kulit wajah berminyak. Oleh karena itu, sangat disarankan minimal meminum 8 gelas air putih setiap hari. 

2. Masker Putih Telur

Cara mencerahkan wajah berminyak yang berikutnya adalah dengan putih telur. Berbeda dengan kulit wajah kering yang membutuhkan kuning telur, wajah berminyak lebih cocok mengandalkan putih telur agar jauh dari kusam. Hal ini karena pada putih telur terdapat kandungan yang mampu menetralisir minyak di wajah.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memecahkan telur dan mengambil bagian putih telurnya saja. Setelah itu, kocok putih telur hingga berbusa. Anda juga dapat menambahkan madu ke dalam kocokan putih telur. Setelah itu, oleskan masker putih telur pada bagian wajah Anda secara merata. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat. 

3. Mentimun

Untuk khasiat mentimun bagi wajah memang tak perlu diragukan. Bahan alami ini memiliki khasiat yang luar biasa dalam mencerahkan wajah. Pasalnya mentimun sangat kaya akan vitamin dan mineral yang mampu menghilangkan berbagai masalah wajah seperti flek hitam, jerawat, komedo, hingga tanda penuaan.

Untuk wajah berminyak, mentimun berkhasiat menghambat proses pigmentasi kulit serta menyerap kelebihan minyak di wajah. Adapun cara mencerahkan wajah berminyak dengan mentimun adalah cukup iris tipis-tipis mentimun. Setelah itu, oleskan irisan mentimun di wajah Anda secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. 

4. Bengkoang

Cara alami mencerahkan wajah berminyak yang berikutnya adalah dengan bengkoang. Buah ini memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan wajah, termasuk menghilangkan kusam dan tanda penuaan. Tak heran apabila banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan pembuatannya.

Lantas bagaimana cara mencerahkan wajah secara alami dengan bengkoang? Cukup parut bengkoang lalu ambil peras dengan air bersih. Setalah itu, gunakan sari bengkoang sebagai masker. Kandungan vitamin C dan B yang terdapat pada bengkoang akan mampu membantu proses penyerapan minyak di kulit wajah Anda. 

Itulah bahan-bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah berminyak. 

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu untuk Kulit Normal

Pada pembahasan di atas telah dijelaskan secara lengkap mengenai cara mencerahkan wajah kusam untuk kulit kering dan berminyak. Lantas bagaimana dengan kulit wajah normal?

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah normal, tentu sangat beruntung karena berbagai cara mencerahkan wajah kusam di atas dapat Anda terapkan. Pasalnya kulit wajah normal tidak memiliki permasalahan khusus layaknya kulit kering, sensitif, ataupun kulit berminyak. Dengan begitu, Anda tak perlu susah-susah untuk mencari bahan alami dalam mencerahkan wajah. 

Namun sangat disarankan untuk menggunakan buah-buahan seperti bengkoang, alpukat, dan mentimun sebagai masker alami pencerah wajah normal. Bahan alami tersebut dapat Anda aplikasikan sebagai cara memutihkan wajah dalam 1 minggu apabila digunakan secara rutin setiap hari. 

Ya, demikian ulasan mengenai tips dan cara mencerahkan wajah kusam yang dapat Anda aplikasikan sehari-hari. Dengan begitu, maka kulit wajah Anda akan senantiasa sehat dan jauh dari berbagai permasalahan kulit wajah. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.

 [k1]https://www.alodokter.com/kenali-jenis-kulit-wajah-dan-cara-merawatnya-di-sini
 [k2]https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3899054/7-cara-mencerahkan-wajah-kusam-secara-alami-aman-tanpa-efek-samping
 [k3]https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3724689/14-cara-mengatasi-kulit-kering-dan-kusam-secara-alami-aman-dan-ampuh
 [k4]https://www.befren.com/lifestyle/beauty-today/cara-cepat-mencerahkan-wajah-kusam-dan-berminyak-secara-alami/
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment