3 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

3 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Kali ini, Kesehatanmu akan membahas mengenai cara mengatasi insomnia dengan mudah. Dimana seperti yang kita tahu bahwa tidur merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga. Karena kualitas tidur akan menentukan seberapa fit Anda dalam beraktifitas. Tentunya akan sangat mengganggu apabila sekarang ini Anda mengalami masalah imsomnia dan akan menganggu kebugaran Anda. 

3 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Imsomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk bisa tidur lelap. Pada umumnya orang yang mengalami masalah dengan imsomnia tidak akan puas dengan kualitas tidur dan pastinya ketika bangun Anda akan merasa kelelahan saat bangun di esok harinya.

Faktor Penyebab Insomnia

Bagi Anda yang sekarang ini mengalami masalah dengan imsomnia tentunya Anda ingin mengatasi insomnia dengan mudah. Namun perlu Anda tahu bahwa sebelum mengatasi imsomnia akan lebih baik apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab dari terjadinya imsomnia. Oleh karena itu berikut ini beberapa informasi mengenai faktor penyebab insomnia yang perlu Anda tahu.

Gangguan psikologis

Salah satu hal yang menjadi penyebab imsomnia yaitu gangguan psikologis yang dialami oleh seseorang. Gangguan psikologis yang dialami di sini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Gangguan psikologis bisa disebabkan oleh perasaan cemas, gangguan suasana hati seperti depresi dan yang lainnya.

Gangguan kesehatan

Insomnia juga bisa terjadi apabila Anda mengalami masalah kesehatan seperti gangguan hormon, gangguan jantung atau kesehatan lain. tentunya gangguan kesehatan menjadi salah satu faktor terbesar dari terjadinya imsomnia.

Obat obatan

Penyebab lain dari terjadinya imsomnia sendiri salah satunya yaitu diakibatkan oleh mengkonsumsi obat obatan. Karena ketika Anda mengkonsumsi obat obatan tertentu maka Anda akan mengalami yang namanya susah tidur. Meskipun ada juga beberapa obat yang bisa membuat orang yang meminumnya merasa ngantuk. Beberapa obat yang bisa menyebabkan imsomnia antara lain seperti obat antiinflamasi,, obat asma, obat anti kejang, obat stimulant, obat tekanan darah tinggi dan yang lainnya.

Gaya hidup tidak sehat

Perlu Anda tahu bahwa kebiasaan seperti merokok, menyalahgunakan NAPZA atau juga mengonsumsi minuman beralkohol. Beberapa gaya hidup tersebut merupakan beberapa gaya hidup yang bisa menjadi penyebab dari masalah imsomnia.

Faktor lingkungan

Faktor lingkungan yang dimaksud di sini yaitu adalah karena suara bising, lampu terlalu terang, suhu terlalu dingin atau terlalu panas atau juga yang lainnya.

Itu tadi beberapa faktor yang menjadi penyebab dari terjadinya imsomnia yang harus Anda hindari. Tentunya dengan menghindari beberapa hal tadi akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Setelah mengetahui berbagai penyebab dari terjadinya imsomnia maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah imsomnia yang sekarang ini Anda alami.

1. Mengubah Gaya Hidup

Salah satu yang menjadi penyebab dari terjadinya imsomnia yaitu adalah karena gaya hidup. Oleh sebab itu bagi Anda yang sekarang ini mengalami masalah imsomnia sudah saatnya untuk Anda mulai mengganti pola hidup menjadi lebih sehat. Anda bisa melakukan olahraga secara teratur minimal 2 kali seminggu untuk mengatasi masalah sulit tidur. Selain itu Anda juga bisa mengubah pola tidur. Pastikan Anda tidak tidur terlalu malam karena hal tersebut bisa menjadi sebuah kebiasaan buruk untuk kesehatan.  

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Bagi Anda yang sekarang ini memiliki masalah dengan imsomnia maka Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena makanan menjadi salah satu faktor terbesar dari sulit tidur yang Anda alami. Oleh sebab itu pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Kurangi konsumsi kafein agar Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Teknik dengan Bantuan Petugas Kesehatan

Maksud dari bantuan petugas kesehatan disini adalah Anda bisa meminta bantuan kepada seorang psikolog untuk mengkonsultasikan masalah yang Anda hadapi. Karena biasanya salah satu penyebab dari insomnia yaitu adalah karena faktor stress dan fikiran yang Anda hadapi. Oleh sebab itu penting sekali untuk Anda mengkonsultasikan kepada seorang psikolog yang berpengalaman
.
Demikian itu tadi beberapa cara mengatasi insomnia dengan mudah yang bisa Anda gunakan. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tersebbut akan membuat Anda menjadi terbebas dari masalah insomnia. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment