7 Cara Menjaga Kelembaban Kulit agar Tetap Sehat

7 Cara Menjaga Kelembaban Kulit agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Kelembaban Kulit - Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang. Dengan kulit yang lembab, kenyal, dan sehat akan membuat tingkat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat. Kecantikan dan ketampanan dari seorang manusia juga akan terlihat dari seberapa tingkat kebersihan kulit dari orang tersebut.
7 Cara Menjaga Kelembaban Kulit agar Tetap Sehat

Masalah kulit seperti kulit kering dan bersisik menjadi sebuah masalah yang banyak dialami oleh orang-orang. Apa lagi dengan keadaan lingkungan sekitar yang tidak menentu membuat masalah kulit ini menjadi semakin buruk. Banyaknya debu dan polusi di lingkungan sekitar Anda juga akan membuat kelembaban kulit menjadi berkurang. Maka dari itu, untuk menjaga kelembaban kulit, Anda memerlukan cara-cara tertentu yang bisa membuat kulit Anda tetap lembab dan sehat.

Inilah Cara Menjaga Kelembaban Kulit

Untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kelembaban kulit yang baik dan benar simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih memiliki banyakmanfaat yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Salah satunya yaitu untuk menjaga agar kulit Anda tetap lembab. Dengan memperbanyak mengonsumsi air putih maka cairan yang dibutuhkan dan disimpan oleh kulit akan terpenuhi.
Selain itu, jika Anda mengonsumsi banyak air putih juga akan membuat warna kulit Anda menjadi sehat dan tidak berwarna pucat, karena jika Anda kekurangan air putih bisa jadi warna kulit Anda menjadi pucat dan tidak bersinar seperti yang Anda inginkan. Untuk takaran minum air putih ini, biasanya dalam rata-rata lebih baik Anda meminum sebanyak 8 gelas air putih dalam kurun waktu sehari.

2. Mandi dengan Air Dingin

Cara menjaga kelembaban kulit yang selanjutnya adalah mandi dengan air dingin. Dengan Anda melakukan aktivitas mandi menggunakan air dingin maka kelembaban kulit Anda akan terjaga. Lalu, gunakan juga sabun yang lembut untuk menyabuni tubuh Anda agar kulit Anda tidak kering dan kusam.
Ketika Anda berendam, teteskanlah minyak lavender ke dalam bak rendam yang siap Anda gunakan, minyak lavender ini akan membantu Anda dalam menjaga kelembaban kulit. Lakukan ritual mandi ini sebanyak dua kali dalam satu hari. Ketika Anda sudah selesai melakukan ritual mandi Anda, keringkanlah tubuh Anda menggunakan handuk yang lembut.
Adapun cara mengeringkan kulit yang benar adalah dengan menepuk-nepuk lembut, jangan sampai Anda menggosok kulit Anda tersebut dengan handuk ketika sedang mengeringkan kulit tubuh Anda.

3. Menggunakan Produk Pelembab Kulit

Jika Anda ingin merawat dan menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Maka Anda memerlukan sebuah produk pelembab untuk kulit Anda dalam rangka membantu melembabkan kulit.
Untuk produk yang bisa Anda gunakan harus dipilih dengan hati-hati. Sesuaikan kandungan yang ada pada produk pelembab, apakah kandungan yang ada di dalam produk tersebut cocok atau tidak dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, terdapat berbagai macam bentuk produk pelembab yang dipasarkan di tempat-tempat kosmetik. Ada pelembab dengan bentuk lotion, minyak, krim, maupun salep. Dari setiap bentuk pelembab memiliki efek yang berbeda-beda ketika Anda gunakan di kulit Anda.
Jika Anda menggunakan pelembab dengan bentuk salep maka kulit Anda akan sedikit berminyak, berbeda pula jika Anda menggunakan pelembab berupa krim, maka kulit Anda akan terasa lembab namun tidak berminyak. Anda bisa memiih bentuk seperti apa pelembab yang Anda inginkan dan bisa Anda gunakan sesuai dengan selera Anda. Penggunaan prokok pelembab kulit ini bisa Anda lakukan setelah Anda melakukan ritual mandi atau Anda bisa juga menggunakan pelembab ketika kulit Anda sehabis dibasuh dengan air.

4. Menjaga Kelembaban Lingkungan Sekitar

Cara menjaga kelembaban kulit juga dapat dilakukan dengan menjaga kelembaban lingkungan sekitar Anda. Dengan lingkungan yang terasa panas, akan membuat kulit Anda cepat rusak dan kering. Maka dari itu, Anda harus bisa membuat lingkungan sekitar Anda tetap sejuk dan segar.
Dengan lingkungan ini, maka kulit bisa bernafas dan berkembang dengan baik, kelembaban dari kulit pun akan terjaga. Cara untuk membuat lingkungan terasa sejuk dan segar adalah dengan menanam pepohonan di sekitar rumah Anda secukupnya saja.
Selain itu, di dalam ruangan yang ada di rumah Anda bisa dipasangi dengan humidifier untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan. Jika Anda tidak mampu untuk memasang di seluruh ruangan di rumah Anda, Anda bisa memasang humidifier ini di dalam kamar-kamar saja. Karena aktifitas sehari-hari yang Anda lakukan pastinya akan lebih sering Anda lakukan di dalam kamar. Untuk itu, jika Anda memasang humidifier di dalam kamar maka akan lebih efektif dalam penggunaannya.

5. Memperbanyak Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3

Cara menjaga kelembaban kulit yang selanjutnya adalah dengan konsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung dalam ikan ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan kelembaban kulit. Selain itu, jika Anda tidak ingin memakan ikan untuk mendapatkan asam lemak omega-3 Anda bisa juga menggunakan minyak dari biji-bijian seperti minyak biji zaitun, kenari, biji ramai, dan biji labu sebagai penggantinya.
Jika Anda tidak cocok dengan dua jenis asam lemak omega-3 diatas, Anda bisa juga menggunakan suplemen yang mengandung zat serupa untuk mengantikan ikan dan minyak biji-bijian. Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 maka kulit Anda akan terawat, bersih dan sehat selalu.

6. Hindari Mengonsumsi Kafein

Zat kafein yang terdapat pada kopi, teh, dan soda ternyata tidak baik bagi kesehatan dan kelembaban kulit tubuh manusia. Zat kafein ini, bisa membuat cairan yang ada dalam tubuh Anda terserap oleh zat ini.
Jika Anda meminum minuman yang mengandung zat kafein ada baiknya Anda juga memperbanyak minum air putih. Hal ini untuk membuat zat kafein yang Anda minum tadi terlarutkan dalam air putih yang Anda minum.

7. Konsultasi Dengan Dokter Kecantikan Spesialis Kulit

Cara menjaga kelembaban kulit yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengkkonsultasikan kesehatan kulit ke dokter kecantikan. Jika Anda ingin merasakan hasil yang maksimal untuk menjaga kelembaban kulit Anda terdapat cara yang lebih efektif untuk menjaganya yaitu dengan datang ke dokter kecantikan spesialis kulit.
Dengan melakukan perawatan dan konsultasi mengenai kulit Anda, maka Anda bisa merawat dan menjaga kelembaban kulit Anda secara biak dan benar sesuai dengan apa yang telah disarankan oleh dokter kecantikan Anda tersebut. Jika Anda datang ke tempat kecantikan seperti ini, maka anda bisa merawat kulit Anda secara maksimal.
Kulit merupakan bagian tubuh yang berharga. Maka dari itu pandai-pandailah Anda dalam menjaga dan merawat kulit untuk tetap lembab agar kulit Anda bisa terus sehat dan memancarkan aura yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa selalu tampil segar dan memukau di manapun Anda berada jika kulit Anda terawat dengan sebaik-baiknya.
Merawat kulit membutuhkan kesabaran yang tinggi, kelembutan, dan ketelitian. Karena jika Anda sembarangan dalam merawat kulit yang Anda miliki, besar kemungkinan kulit Anda bukanya terawat malah akan rusak. Jika kulit Anda sudah rusak, pastinya akan sulit untuk memperbaikinya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.
Demikian beberapa cara menjaga kelembaban kulit yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment