Diet Alami dengan Air Putih? Mudah Kok!

Diet Alami dengan Air Putih? Mudah Kok!

Demi mendapatkan tubuh ideal, banyak cara diet dilakukan. Salah satunya adalah diet alami dengan air putih. Ini karena tak sedikit orang yang gagal melakukan program diet ketat yang mengharuskan mereka mengurangi porsi makan serta berolahraga setiap harinya.

Air putih menjadi bahan alami yang dapat Anda manfaatkan dalam menjalankan diet. Selain mudah didapat, tubuh pun membutuhkan banyak asupan cairan setiap harinya.

Diet Alami dengan Air Putih? Bagaimana Caranya?

Mengenai langkah melakukan program diet alami menggunakan air putih, Anda hanya perlu konsumsi air putih setiap hari. Dengan begitu, asupan cairan serta mineral dalam tubuh akan semakin banyak. Selain itu, kadar kalori dalam tubuh juga dapat dibakar secara maksimal. 

Diet Alami dengan Air Putih? Mudah Kok!

Lantas bagaimana langkah melakukan diet alami dengan air putih? Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut:

1. Minum 2 Gelas Air Setelah Bangun Tidur

Diet alami menggunakan air putih dapat dimulai dengan konsumsi minimal 2 gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Mengapa? Karena setelah bangun tidur, masih terdapat banyak enzim pada air liur di dalam mulut yang berkhasiat membantu proses pencernaan. 

Saat tubuh mengonsumsi air putih, maka enzim-enzim tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan membuat sisa-sisa racun dapat dikeluarkan secara maksimal menjadi urine atau feses.
Bagi Anda yang mengaplikasikan hal ini, pasti akan mengalami rasa mulas sesaat setelah meminum air putih. Disarankan jangan berkumur terlebih dahulu sebelum meminum air putih agar semua enzim pada air liur dapat masuk ke dalam sistem pencernaan. 

2. Minum Air Putih Sebelum Sarapan

Cara diet paling ampuh yang sudah diakui berhasil adalah selalu konsumsi air putih sesaat sebelum sarapan. Mengapa? Hal ini karena air putih berkhasiat mengurangi munculnya rasa lapar dalam perut. Jadi menu sarapan yang Anda konsumsi pun secara otomatis dapat dikurangi. Jadi, sangat disarankan untuk meminum 1 gelas air putih terlebih dahulu sebelum Anda makan. 

3. Konsumsi Air Putih 4 Liter per Hari

Seperti yang kita tahu, anjuran meminum air putih dalam sehari adalah sebanyak 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter. Hal ini tentu berbeda ketika Anda ingin diet dengan air putih. 

Dalam hal ini, dianjurkan untuk meminum setidaknya 3 liter air putih setiap hari demi membantu program diet Anda. Tujuannya selain untuk menahan nafsu makan, juga untuk melarutkan racun serta lemak dalam tubuh.

Saat Anda melakukan diet alami dengan air putih ini pertama kali, mungkin Anda akan sering ke kamar mandi. Ini normal karena tubuh masih melakukan adaptasi dengan banyaknya konsumsi cairan harian. 

4. Minum Air Putih ketika Merasa Lapar

Ketika muncul rasa lapar, Anda pasti ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang Anda sukai. Ini adalah hal yang wajar karena sistem dalam tubuh mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. 

Untuk itu, ketika rasa lapar menyerang, Anda dapat menahannya dengan konsumsi air putih.  Dalam langkah ini, konsumsilah air putih sebanyak 3 gelas hingga perut merasa kenyang. 

5. Hindari Konsumsi Minuman Kemasan

Selama menjalankan program diet alami dengan air putih, Anda juga harus menghindari berbagai minuman kemasan. Meskipun minuman kemasan masuk dalam kategori bahan yang dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh, namun ada banyak kandungan bahan kimia seperti zat karsinogen yang terdapat di dalamnya. 

Bahan kimia pada minuman kemasan tersebut akan memicu munculnya berbagai permasalahan lain dalam tubuh misalnya obesitas hingga diabetes. Jadi jangan banyak-banyak mengonsumsi minuman yang tak sehat untuk tubuh Anda, ya!

6. Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur

Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin akan sedikit risih dengan hal ini. Ini wajar mengingat kebiasaan minum sebelum tidur cukup sulit dilakukan. Terlebih, di tengah tidur Anda mungkin akan terbangun karena ingin buang air kecil. Namun apabila dilakukan secara teratur, Anda tidak akan terganggu lagi dengan kebiasaan ini. 

7. Atur Pola Makan

Selain diet dengan air putih, Anda juga harus melengkapinya dengan cara mengatur pola makan. Setidaknya jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, kurangi camilan dengan menggantinya dengan konsumsi air putih. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayur agar asupan nutrisi tubuh tetap terjaga. 

8. Lengkapi dengan Olahraga

Selama menjalankan program diet alami dengan air putih, Anda juga harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya sebentar. Cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga ringan seperti angkat beban, berlari, jalan-jalan, bersepeda, push up, sit up, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, maka program diet Anda dapat berjalan lebih cepat. Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih bugar. 

Itu dia beberapa cara diet alami dengan air putih. Secara garis besar, tentu tips diet ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda tak perlu terlalu banyak menghindari berbagai makanan seperti program diet pada umumnya. Semoga apa yang disajikan oleh Kesehatanmu kali ini bermanfaat ya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment