Diet dengan Jeruk Nipis yang Benar dan Aman

Diet dengan Jeruk Nipis yang Benar dan Aman

Sobat Sehat yang sedang melakukan program diet, pasti familiar dengan istilah diet jeruk nipis, kan? Tak perlu heran karena jeruk nipis dikenal sebagai bahan alami yang memang berkhasiat membantu proses peluruhan lemak serta penyerapan makanan dalam tubuh. 

Diet dengan Jeruk Nipis yang Benar dan Aman

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Kesehatanmu akan membahas tentang tips melakukan diet dengan jeruk nipis. Agar Sobat Sehat dapat mengaplikasikan cara ini dengan benar, simak ulasan berikut hingga akhir, ya! Semoga bermanfaat. 

Diet dengan Jeruk Nipis yang Aman

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jeruk nipis merupakan bahan alami untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, namun hanya sedikit yang memahami bagaimana cara mengaplikasikan program diet yang satu ini. Lantas bagaimana cara diet jeruk nipis yang benar dana man? Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Periksa Kondisi Lambung

Hal pertama yang harus benar-benar diperhatikan adalah mengenai kondisi lambung Sobat Sehat . Mengapa? Hal ini karena diet menggunakan jeruk nipis sangat tidak direkomendasikan bagi mereka yang memiliki masalah lambung seperti maag. 

Bagi para penderita maag, kandungan zat asam yang terlalu tinggi pada jeruk nipis akan membuat Sobat Sehat mengalami berbagai masalah pencernaan hingga mengakibatkan munculnya rasa sakit tak tertahankan di bagian lambung. 

2. Pilih Jeruk Nipis yang Matang

Cara kedua adalah hanya pilih jeruk nipis yang sudah matang saja. Alasannya karena kandungan vitamin C dan zat asam pada jeruk nipis yang masih muda terlalu banyak. Sebaliknya, jeruk nipis yang sudah tua akan kehilangan banyak kandungan bermanfaat di dalamnya. 

Jeruk nipis dengan kematangan yang sesuai memiliki kandungan nutrisi bernama Citrus Aurantifolia yang ideal untuk meluruhkan lemak dalam tubuh. Untuk memilih jeruk nipis yang sudah matang memang tak begitu sulit. Sobat Sehat tak perlu memerhatikan ukurannya. Cukup perhatikan warna kulit jeruk nipis serta keras atau tidaknya jeruk nipis tersebut. Jeruk nipis yang sudah matang memiliki warna kulit hijau matang dan agak empuk ketika ditekan. 

3. Cara Diet Menggunakan Jeruk Nipis

Mengenai cara diet dengan jeruk nipis sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tentunya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh tiap orang. Namun cara termudah melakukan diet menggunakan jeruk nipis adalah dengan mengonsumsinya tiap pagi dan malam hari.

Di pagi hari, Sobat Sehat dapat menyiapkan 2 hingga 3 buah jeruk nipis. Peras jeruk nipis tersebut dan tambahkan air hangat secukupnya. Untuk hasil terbaik, Sobat Sehat boleh menambahkan madu murni, namun jangan tambahkan gula. Cara ini dilakukan ketika perut Sobat Sehat masih dalam keadaan kosong.

Sedangkan di malam hari, tepatnya 2 jam setelah makan, campurkan perasan 3 hingga 4 buah jeruk nipis dengan air hangat. Sobat Sehat juga dapat menambahkan madu untuk mengurangi rasa masam. Namun perlu diperhatikan bahwa maksimal jam makan malam adalah jam 18:00 WIB. 

Setelah itu, usahakan jangan mengonsumsi makanan berkarbohidrat atau berlemak. Apabila Sobat Sehat lapar, cukup makan camilan secukupnya saja. 

Cara ini dapat dilakukan selama 2 minggu secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, Sobat Sehat juga harus rutin berolahraga selama menjalakan program diet dengan jeruk nipis agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Nipis

Alasan utama mengapai program diet dengan jeruk nipis terbukti sangat ampuh dalam membakar lemak adalah kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Peran vitamin C di sini sangat penting karena dapat memerangi kadar lemak jenuh dalam tubuh Sobat Sehat . 

Mengenai kandungan nutrisi lengkap dalam jeruk nipis, setidaknya pada setiap jeruk nipis dengan diameter 3 hingga 6 cm memiliki kandungan 30 mg vitamin C. Jumlah vitamin C tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C hingga sebanyak 30%. Selain itu, vitamin C juga mudah larut dalam tubuh dan nantinya akan dikeluarkan lewat urine. 

Tak hanya berkhasiat dalam menjalankan program diet saja, vitamin C dalam jeruk nipis juga berfungsi dalam pertumbuhan tubuh, terutama untuk memperbaiki seluruh sel dan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. 

Selain vitamin C, dalam 100 gram jeruk nipis, terdapat banyak kandungan nutrisi lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Vitamin B1 – 0.04 mg
  • Karbohidrat – 11.4 gram
  • Protein – 0.9 gram
  • Lemak – 0.2 gram
  • Mineral – 0.5 gram
  • Zat besi – 0.4 gram
  • Asam askorbat – 49 mg
  • Kalsium – 33 gram
  • Fosfor – 23 mg
  • Air – 89 gram
Selain beberapa kandungan nutrisi di atas, jeruk nipis pun masih memiliki banyak sekali senyawa kimiawi alami seperti asam sitrat, asam sitrun, zat besi, asam amino, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat jeruk nipis sangat baik digunakan untuk diet. Semua kandungan tersebut selain berfungsi memerangi lemak jahat, membakar lemak, juga berkhasiat menjaga sistem kekebalan tubuh Sobat Sehat. 

Khasiat Jeruk Nipis dalam Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui cara diet dengan jeruk nipis serta kandungan nutrisi apa saja di dalamnya, maka Sobat Sehat juga harus mengetahui tentang khasiat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan Sobat Sehat . Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membakar Lemak dalam Tubuh

Sebagai bahan alami diet dengan jeruk nipis, tentu saja manfaat utama yang dimiliki oleh jeruk nipis adalah membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan citric acid atau asam sitrat yang memberikan rasa masam pada buah-buahan, salah satunya jeruk nipis, merupakan zat anti oksidan yang dapat mengubah lemak menjadi energi. Lemak yang bertumpuk di dalam tubuh apabila tidak segera diproses akan membuat berat badan bertambah. 

Di samping itu, vitamin C juga mengambil peran tersendiri karena dapat membantu proses peningkatan metabolisme tubuh. Lemak yang menjadi faktor utama naiknya berat badan tentunya harus dihilangkan yakni dengan bantuan kandungan nutrisi dalam jeruk nipis. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Sobat Sehat juga harus mengimbanginya dengan berolahraga. 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Program diet dengan menggunakan jeruk nipis tentunya juga akan semakin cepat dalam menurunkan berat badan terlebih dibantu dengan lancarnya sistem pencernaan. 

Dalam program diet, sistem pencernaan yang lancar akan memberikan kontribusi besar karena makanan yang masuk dalam tubuh dapat dicerna dengan baik. Selain itu, zat yang tak dibutuhkan oleh tubuh, seperti lemak dan racun, juga dapat dibuang. 

3. Detoksifikasi

Seperti yang kita tahu, lemak tak hanya berperan dalam menambah berat badan saja, namun juga menjadi salah satu sumber munculnya berbagai penyakit. Hal ini karena lemak jenuh yang menumpuk memilik kandungan zat berbahaya untuk tubuh. 

Adapun khasiat jeruk nipis sebagai bahan alami untuk diet adalah melakukan proses detoksifikasi. Fungsinya adalah agar racun-racun dalam tubuh dapat dinetralisir. Hal ini karena kandungan anti oksidan yang cukup tinggi pada jeruk nipis sehingga dapat menetralisir racun serta radikal bebas. 

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Cara diet dengan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan juga terbukti efektif karena dapat membantu proses penyerapan gula darah yang berasal dari makanan yang masuk ke tubuh. Dengan berkurangnya penyerapan gula darah, maka perut Sobat Sehat pun akan lebih terhindar dari rasa lapar. Hal ini akan membuat nafsu makan tetap terjaga. Kondisi gula darah yang stabil juga akan menurunkan risiko terserang diabetes. 

Demikian sedikit ulasan tentang cara benar diet dengan jeruk nipis yang dapat Sobat Sehat lakukan. Hal yang perlu diingat adalah selama menjalankan program diet, Sobat Sehat juga harus menghindari aneka makanan berlemak, berminyak, dan makanan yang kaya akan karbohidrat.

Di samping itu, imbangi kesehatan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Sobat Sehat yang ingin diet.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment