4 Gejala Penyakit Liver dan Cara Mengobatinya

4 Gejala Penyakit Liver dan Cara Mengobatinya

Gejala Penyakit Liver - Pada ulasan sebelumnya, kami telah menjelaskan mengenai salah satu bahaya penyakit liver berupa gejalanya yang sulit dideteksi sejak dini. Meski demikian, terdapat beberapa gejala penyakit liver yang memang jarang disadari. Parahnya, gejala penyakit liver berikut dapat memicu kanker jika tidak ditangani dengan baik. 
 
4 Gejala Penyakit Liver dan Cara Mengobatinya
 

Gejala Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa gejala penyakit liver yang harus Anda ketahui: 

1. Perut Bengkak dan Sakit

Gejala penyakit liver yang jarang disadari adalah perut menjadi bengkak dan seringkali merasakan sakit. Untuk penyakit liver, rasa sakit dan bengkak biasanya muncul di bagian hati yakni perut kanan atas. Ini adalah gejala pada penyakit liver jenis perlemakan hati.

2. Kulit dan Mata Menguning

Gejala penyakit liver yang berikutnya adalah kulit dan mata menguning. Mengapa demikian? Ini dipengaruhi oleh gangguan pada aliran empedu. Gejala penyakit liver ini menjadi tanda dari jenis liver kolestasis. Kondisi bilirubin yakni sisa penghancuran sel darah yang tak dapat terbuang perlahan akan mengubah warna mata dan kulit menjadi lebih menguning.

3. Nyeri Sendi

Gejala penyakit liver yang berikutnya adalah nyeri sendi yang disertai dengan mual, muntah, sering merasakan lelah, hingga hilang nafsu makan. Gejala tersebut sering dikaitkan dengan jenis penyakit hepatitis autoimun. Penyakit liver jenis hepatitis autoimun merupakan kondisi dimana sistem imunitas tubuh berfungsi secara keliru sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri.

4. Lemah Otot

Adapun gejala penyakit liver yang terakhir adalah lemah otot. Untuk penyakit liver, lemah otot akan muncul di bagian pelipis dan di bagian atas pipi. Sekedar informasi, lemah otot merupakan salah satu gejala yang muncul jika penyakit liver sudah masuk dalam stadium lanjut.
Itulah beberapa gejala penyakit liver yang perlu Anda ketahui. Dengan kata lain, sangat dianjurkan bagi Anda untuk rutin memeriksakan kesehatan ke dokter. Tujuannya agar setiap penyakit dapat dideteksi sejak dini sehingga Anda tak perlu khawatir akan risiko terserang penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. 

Tanda Penyakit Liver yang Sudah Parah

Anda sudah memahami mengenai gejala penyakit kanker yang jarang disadari. Nah, berikut adalah beberapa tanda penyakit liver yang sudah parah. Apa sajakah itu? Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Gatal-gatal secara tiba-tiba di sekujur tubuh
  • Penderita merasakan cepat lelah
  • Warna feses secara kontinyu mengalami perubahan warna menjadi lebih pucat. Bahkan terkadang penderita penyakit liver parah akan mengeluarkan darah ketika buang air besar
  • Tubuh mudah memar
Jika Anda merasakan tanda penyakit liver yang sudah parah di atas, maka Anda harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat. 

Cara Mengobati Penyakit Liver secara Alami

Anda telah mengetahui apa saja penyebab penyakit liver, jenis penyakit liver, gejala penyakit liver, hingga tanda penyakit liver yang sudah parah. Kini saatnya mengetahui apa saja obat alami penyakit liver dan cara mengobati penyakit liver.
Mengutip dari situs www.liputan6.com, ada beberapa obat alami penyakit liver yang dapat dikonsumsi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Temulawak

Obat alami penyakit liver yang pertama adalah temulawak. Siapa yang tak mengetahui khasiat tanaman yang banyak mengandung curcumin ini? Ya, kandungan curcumin yang terdapat pada temulawak sangat efektif mengobati peradangan. Di samping itu, zat curcumin juga berfungsi melindungi sel-sel hati dari segala jenis peradangan. Khasiat lain dari obat alami penyakit liver ini adalah zat anti-hepatotoksik yang mampu menjaga kesehatan organ hati.
Lantas bagaimana cara mengobati penyakit liver dengan temulawak? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu meminum ekstrak temulawak setidaknya 3 kali dalam seminggu. Bagi penderita penyakit liver stadium lanjut atau yang lebih parah, mengonsumsi ekstrak temulawak setiap hari juga dapat memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan organ hati.

2. Pegagan

Obat alami penyakit liver yang berikutnya adalah daun pegagan. Hanya saja, daun pegagan cocok digunakan pada penderita liver jenis hepatitis. Tanaman ini berfungsi menangkal radikal bebas serta memperkuat sel hati sehingga terhindar dari kerusakan. Ini karena daun pegagan mengandung asiatikoside sebagai zat aktif yang berguna memelihara kesehatan organ hati.

3. Sambiloto

Bagian penting dari obat alami penyakit liver ini adalah daunnya. Daun sambiloto memang memiliki rasa yang sangat pahit. Namun di dalam daun sambiloto, terdapat kandungan zat aktif andrographolid yang bertugas merusak inti sel-sel tumor. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit kanker hati.
Khasiat lain yang dimiliki oleh daun sambiloto adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengobati infeksi sel-sel hati, hingga merangsang fagositosis. Fagositosis merupakan kemampuan sel dalam membunuh semua bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh. 

Cara Mengobati Liver dengan Bantuan Medis

Meskipun terdapat bahan-bahan alami atau herbal untuk mengobati liver, namun umumnya, pengobatan penyakit liver harus menggunakan bantuan medis. Mengapa? Ini karena penyakit liver termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya. Apabila tak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka risiko kematian dapat menghantui penderita liver.
Alasan lain mengapa obat-obatan kimia lebih dianjurkan adalah karena efek obat herbal dalam mengobati penyakit liver tidak secepat obat kimia. Setidaknya terdapat du acara medis dalam mengobati penyakit liver. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dengan Bantuan Obat-Obatan

Ini adalah cara yang paling umum untuk menyembuhkan penyakit liver. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan tertentu sesuai dengan jenis penyakit liver yang diderita oleh pasien. Obat-obatan kimiawi tersebut harus dikonsumsi secara rutin dengan tujuan agar sel-sel hati tidak mengalami kerusakan lebih parah akibat penyakit.
Namun dalam beberapa kasus, dokter juga menganjurkan konsumsi obat herbal sebagai media dalam membantu proses kesembuhan penderita liver. Obat-obatan herbal yang direkomendasikan oleh dokter umumnya dikonsumsi minimal 2 jam setelah konsumsi obat medis dari dokter.

2. Transplantasi Hati

Ini adalah bentuk terakhir dari pengobatan penyakit liver. Transplantasi hati terjadi apabila segala bentuk usaha dan pengobatan liver tidak menunjukkan peningkatan sama sekali. Pada kondisi ini, hati sudah tak mampu bekerja dengan baik sehingga pasien membutuhkan donor hati dari orang lain agar tetap dapat bertahan hidup.
Demikian ulasan lengkap mengenai penyakit liver dan bagaimaan cara mengobatinya. Dari ulasan di atas, kesimpulan yang dapat kita ambil adalah bagaimana menjaga kesehatan tubuh agar tehindar dari penyakit liver. Selain itu, pastikan mengecek kesehatan ke dokter secara rutin agar risiko-risiko penyakit yang mungkin muncul dapat ditangani secara cepat dan tepat. Semoga ulasan mengenai penyakit liver kali ini bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment