19 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Anak Cerdas

19 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Anak Cerdas

Bagi ibu hamil, mengetahui daftar makanan bergizi untuk ibu hamil menjadi hal penting untuk diperhatikan. Mengapa? Hal ini karena ketika seorang ibu hamil mencukupi kebutuhan makanan bergizi untuk buah hati, maka kondisi janin di dalam kandungan pun akan lebih sehat. Selain itu, apabila asupan makanan bergizi untuk ibu hamil terpenuhi, maka peluang anak lahir menjadi seorang anak yang cerdas akan lebih besar. 
19 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil yang Harus Dikonsumsi agar Anak Cerdas

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Kesehatanmu akan menyajikan informasi mengenai daftar makanan bergizi untuk ibu hamil yang sangat direkomendasikan.

Makanan Bergizi Ibu Hamil Kelompok Sayuran

Ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan yang terdiri dari kelompok sayuran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Brokoli

Makanan bergizi untuk ibu hamil yang pertama adalah brokoli. Sayuran berwarna hijau ini memiliki berbagai kandungan yang mampu menjadikan anak cerdas. Di antaranya adalah nutrisi, kalsium, serat, vitamin C, hingga antioksidan tinggi. Bagi ibu hamil, konsumsi brokoli dapat membantu menangkal radikal bebas, menghilangkan sembelit, menyerap zat besi, serta mencegah agar bayi terlahir sehat.
Adapun beberapa khasiat lain brokoli untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:
  • Kandungan zat besi mampu mencegah rasa letih dan lesu pada ibu hamil.
  • Kandungan mineral seperti zinc/seng, magnesium, dan fosfor dapat mencegah ibu hamil terserang osteoporosis.
  • Kandungan asam folat berkhasiat mencegah risiko cacat spina bifida pada bayi. Selain itu, juga mampu membantu perkembangan otak janin sejak dalam kandungan. Ini yang menjadi alasan brokoli masuk dalam kategori makanan bergizi untuk ibu hamil agar anak cerdas.
  • Kandungan sulforaphane dan glucoraphanin dapat mencegah rusaknya kulit ibu selama mengandung.
  • Kandungan serat yang cukup tinggi pada brokoli juga membantu mengatur kadar insulin.  
Itulah alasan dan rekomendasi makanan sehat ibu hamil 4 bulan yang harus Anda pertimbangkan. Untuk mengonsumsi brokoli, Anda dapat menjadikannya sebagai campuran bahan makanan sehari-hari.

2. Bayam

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah bayam. Siapa yang tak kenal dengan sayuran ini? Bayam menjadi salah satu sayuran yang terkenal akan kandungan zat besi tinggi di dalamnya. Selain itu, masih banyak sekali alasan mengapa bayam cocok dikonsumsi sebagai makanan sehat ibu hamil trismester pertama.
Berikut adalah kandungan serta manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin:
  • Memiliki kandungan asam folat untuk mengurangi risiko kelahiran premature dan keguguran.
  • Melindungi bayi dari spina bifida atau cacat tabung syaraf.
  • Kandungan zat besi tinggi mampu mencegah anemia pada ibu hamil serta menjaga pertumbuhan janin agar tetap sehat.
  • Bayam berkhasiat mengurangi beberapa masalah umum yang diderita oleh ibu hamil seperti mudah marah, tubuh lesu, dan diare.
  • Kandungan beta karoten pada bayam memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan paru-paru janin.
  • Bayam memiliki kandungan glikolipid yang berkhasiat menghilangkan peradangan, rasa nyeri, serta gejala perubahan hormon yang berdampak buruk untuk kesehatan.
  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil.
  • Kandungan kalsium pada bayam berperan besar dalam membantu kepadatan tulang dan gigi janin dalam kandungan.
Itulah beberapa alasan mengapa bayam sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam konsumsi bayam, Anda dapat merebusnya terlebih dahulu lalu dikonsumsi sebagai lalapan. Atau juga dapat dijadikan sebagai sayur bayam.

3. Sawi

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil dari kelompok sayuran selanjutnya adalah sawi. Sayuran yang satu ini umumnya dijadikan sebagai campuran masakan. Sebagian besar ibu hamil mungkin kurang suka dengan rasa sawi. Namun jika mengetahui alasan mengapa sawi masuk dalam makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan, mungkin Anda akan berubah pikiran. Adapun beberapa keuntungan mengonsumsi sawi bagi ibu hamil dan janin adalah sebagai berikut:
  • Mengandung fitonutrisi memiliki manfaat mencegah risiko kanker pencernaan.
  • Sawi mengandung magnesium dan selenium yang cukup tinggi. Makanan sehat ibu hamil trismester pertama ini mampu mengurangi risiko serangan asma.
  • Kandungan tiamin, folat, dan riboflavin membantu menjaga berat badan ibu hamil agar tidak terlalu gemuk. Pasalnya ibu hamil yang mengalami kegemukan drastis juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan janin dalam kandungan.
  • Sawi memiliki kandungan serat cukup tinggi. Fungsinya adalah mengatasi sembelit yang biasanya diderita oleh ibu selama hamil.
  • Makanan sehat ibu hamil 4 bulan ini juga mengandung vitamin B3 serta niasin yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol dalam tubuh.
Itulah beberapa hal yang menjadikan sawi sebagai makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan kata lain, Anda harus memasukkan sawi ke dalam daftar makanan bergizi untuk ibu hamil agar anak cerdas dan sehat.

4. Selada

Rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan yang selanjutnya adalah selada. Sayuran ini memang jarang dikonsumsi dengan cara dimasak. Umumnya selada dijadikan sebagai lapapan pada makanan tahu campur, gado-gado, dan lain sebagainya. Lantas apa saja manfaat selada bagi ibu hamil dan janin? Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Selada mengandung vitamin K yang bertugas untuk membantu proses pembekuan darah serta mengurangi risiko pendarahan pada ibu hamil.
  • Kandungan vitamin A dapat merangsang pertumbuhan janin dari sistem syaraf hingga pernapasan.
  • Kandungan kalium mampu mengurangi risiko kram kaki.
  • Selada juga mengandung vitamin B komplek yang fungsinya sangat besar dalam membantu perkembangan otot dan otak janin.
Itulah beberapa alasan mengapa selada masuk dalam kategori makanan bergizi untuk ibu hamil agar anak cerdas.

5. Paprika

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar nama sayuran yang satu ini. Namun apakah Anda pernah mengolahnya sebagai masakan? Jika belum, maka cobalah untuk mengonsumsinya. Makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan ini memang memiliki kandungan yang mampu menjaga kesehatan ibu dan janin. Adapun kandungan dan manfaat buah paprika untuk ibu hami adalah:
  • Mengandung folat yang berkhasiat untuk mencegah kanker di bagian pencernaan dan cacat spina bifida pada bayi.
  • Mengandung vitamin C untuk menjaga sistem kekebalan tubuh selama hamil.
  • Paprika juga mengandung karotenoid untuk melawan radikal bebas serta mencegah kanker.
Itulah beberapa kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh buah paprika bagi ibu hamil.

6. Tomat

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil yang berikutnya adalah tomat. Sayuran yang satu ini terkenal dengan kandungan zat besi serta vitamin A yang cukup tinggi di dalamnya. Fungsinya tentu saja untuk membantu menjaga kesehatan janin serta ibu hamil. Adapun manfaat lain yang dapat diperoleh ibu hamil dan janin ketika mengonsumsi tomat secara rutin adalah:
  • Membantu proses pembentukan gusi, tulang, serta gigi pada janin. Selain itu, tomat juga mampu menjaga sistem imunitas ibu hamil. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.
  • Tomat memiliki kandungan Alpha Lipoic. Fungsinya yakni memaksimalkan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh menjadi energy. Dengan begitu, maka ibu hamil tidak akan mudah mengalami lelah dan lesu.
Untuk menjadikan tomat sebagai makanan sehat ibu hamil trismester pertama, cukup dengan mengonsumsinya langsung. Selama 1 hingga 12 minggu masa kehamilan, usahakan menjadikan tomat sebagai camilan. Anda pun dapat memproses tomat sebagai jus.

7. Asparagus

Seperti halnya paprika, asparagus menjadi salah satu sayuran yang mungkin kurang familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya asparagus hanya tumbuh di daerah-daerah pegunungan. Meski demikian, kini asparagus dapat dijumpai di supermarket-supermarket terdekat. Ada banyak sekali manfaat asparagus untuk ibu hamil, di antaranya adalah:
  • Memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan B Kompleks yang dapat mencegah cacat tabung syaraf bayi.
  • Mengandung asam folat yang dapat menurunkan risiko janin lahir cacat.
  • Kandungan kalsium yang terdapat pada asparagus juga mendukung pertumbuhan gigi dan tulang janin.
  • Asparagus mampu mencegah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Ini karena umumnya ibu hamil trimester pertama sering mengalami sembelit.
Dengan beberapa manfaat asparagus sebagai makanan bergizi untuk ibu hamil di atas, maka baik kesehatan ibu ataupun janin akan tetap terjaga.

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Kelompok Buah-Buahan

Selain sayuran, masih banyak sekali daftar makanan bergizi untuk ibu hamil dari kelompok buah-buahan. Mulai dari pisang, jeruk, alpukat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut adalah rekomendasi makanan sehat ibu hamil 4 bulan kelompok buah-buahan yang harus Anda ketahui.

1. Pisang

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil yang pertama adalah pisang. Sekedar informasi, pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat bagus dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang fungsinya mengatur keseimbangan elektrolit ibu hamil. Adapun manfaat pisang bagi ibu hamil dan calon janin adalah sebagai berikut:
  • Memiliki kandungan asam folat untuk mengurangi risiko keguguran serta mencegah terjadinya cacat pada janin.
  • Zat besi pada pisang membantu meningkatkan sel darah merah pada ibu dan janin.
  • Mengandung serat untuk mengatasi sembelit dan perut kembung.
  • Pisang juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan janin dari berbagai serangan penyakit.
Untuk memanfaatkan makanan sehat ibu hamil trismester pertama ini, Anda dapat menyiapkan pisang raja ataupun pisang susu. Mengapa? Ini karena pisang raja dan pisang susu memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis buah pisang yang lainnya. Konsumsi buah tersebut setidaknya selama 4 kali dalam seminggu di pagi dan sore hari.

2. Alpukat

Makanan bergizi untuk ibu hamil yang berikutnya adalah buah alpukat. Ketika memasuki trimester kedua, buah alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Ini karena alpukat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, kalium, hingga asam lemak baik. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:
  • Asam folat berfungsi sebagai zat alami pencegah risiko janin mengalami cacat spina bifida. Selain itu, juga membantu ibu hamil agar terhindar dari rasa gelisah, depresi, lesu, dan kekurangan energi saat menjalankan aktifitas sehari-hari.
  • Alpukat kaya akan serat yang mampu mengatasi penyakit sembelit pada ibu hamil.
  • Kalium yang terdapat pada buah alpukat juga mampu mencegah munculnya nyeri persendian dan keram selama masa kehamilan.
Dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat lengkap, buah alpukat memang sangat layak dijadikan makanan sehat ibu hamil 4 bulan.

3. Jeruk

Siapa yang tahu dengan buah yang satu ini? Ya, jeruk memang sudah sangat terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Jika melihat ulasan di atas, dapat diambil sebuah garis besar bahwa vitamin C yang terdapat pada buah-buahan sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.
Di samping itu, ternyata buah jeruk juga memiliki sedikit kandungan asam folat di dalamnya. Fungsinya untuk mengurangi risiko janin terserang cacat tabung syaraf. Manfaat lain yang dimiliki oleh jeruk adalah sebagai bahan alami dengan zat anti peradangan untuk mencegah rasa nyeri pada ibu hamil.

4. Mangga

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah mangga. Buah mangga memiliki berbagai kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Seperti vitamin A, vitamin C, hingga kalium. Adapun manfaat buah mangga bagi ibu hamil dan janin adalah sebagai berikut:
  • Mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan janin.
  • Kandungan karoten pada buah mangga berfungsi menjaga kesehatan tubuh bayi.
  • Memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.
  • Kandungan vitamin C pada buah mangga dapat mencegah calon bayi terserang penyakit neurologis.
  • Kalium pada buah mangga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh serta meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
Itulah berbagai khasiat yang mengagumkan dari buah mangga. Dengan kata lain, buah yang satu ini memang sangat cocok masuk dalam daftar makanan sehat ibu hamil 4 bulan.

5. Anggur

Buah bergizi untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah anggur. Seperti halnya jeruk, anggur juga terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. di samping itu, buah anggur juga memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia selama ibu hamil.
Makanan sehat untuk ibu hamil 4 bulan ini juga mengandung vitamin E dan vitamin K sehingga kesehatan kulit ibu hamil terjaga. Terdapat pula kandungan magnesium pada buah anggur yang berfungsi untuk mencegah infeksi kehamilan yang tentunya sangat berbahaya baik pada ibu hamil ataupun janin yang dikandungnya. Kandungan lain yang cukup penting pada anggur adalah asam. Fungsinya untuk mencegah infeksi pada mulut ibu hamil. Selain itu, kalium juga dapat meredakan rasa mual selama kehamilan.

6. Strawberry

Makanan bergizi untuk ibu hamil dari kelompok buah-buahan yang berikutnya adalah buah strawberry. Buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil dan janin. Umumnya, kandungan vitamin C pada buah strawberry berperan sebagai antioksidan sehingga melindungi kulit dari proses penuaan dini.
Uniknya, menurut beberapa penelitian, buah strawberry juga memiliki peranan yang sangat besar dalam meningkatkan kecerdasan janin ketika lahir. Oleh karena itu, buah yang satu ini harus dimasukkan dalam daftar makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda dapat mengonsumsi buah strawberry setiap pagi dan sore pada trimester pertama dan kedua masa kehamilan.

7. Apel

Sebagian besar ibu hamil pasti pernah ngidam buah apel, benar kan? Ternyata, buah apel juga memiliki khasiat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Pasalnya, buah apel mengandung vitamin C serta antioksidan tinggi yang mampu menurunkan risiko ibu hamil dan janin terserang asma. Selain itu, buah apel juga mengandung zat besi yang dapat mencegah pendarahan selama masa persalinan.
Manfaat lain yang dimiliki oleh makanan bergizi untuk ibu hamil ini adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Mulai dari racun ringan yang masuk dari makanan berupa bakteri hingga racun merkuri dan timbal. Oleh karena itulah, sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk selalu mengonsumsi apel selama masa kehamilan.

8. Buah-Buahan Kering

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil dari kelompok buah-buahan yang terakhir adalah aneka buah kering. Ini karena buah kering memiliki kandungan kalori, serat, serta aneka vitamin dan mineral tinggi di dalamnya. Pada umumnya, satu buah kering mengandung nutrisi yang sama besarnya dengan buah-buahan segar.
Contoh buah kering yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan adalah kurma. Buah kurma mengandung beragam zat seperti serat, zat besi, hingga potassium. Apabila ibu hamil secara rutin mengonsumsi buah kurma pada trismester ketiga, maka dapat membantu pelebaran serviks sehingga lebih mudah untuk melahirkan. Meski demikian, terdapat anjuran dalam konsumsi kurma selama masa kehamilan yakni 2 – 4 buah dalam setiap hari. Mengapa? Karena buah kurma juga mengandung kadar gula cukup tinggi sehingga tak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Makanan Lain yang Dapat Dikonsumsi untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Selain beberapa daftar makanan bergizi untuk ibu hamil kelompok sayur dan buah, terdapat beberapa rekomendasi makanan lain yang juga dapat dikonsumsi. Beberapa makanan ibu hamil muda agar anak cerdas ini terdiri dari daging serta olahan makanan. Daripada penasaran, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Daging Tanpa Lemak

Pilihan makanan sehat ibu hamil 4 bulan yang pertama adalah daging tanpa lemak. Sekedar informasi, aneka daging mulai dari daging ikan, ayam, hingga sapi termasuk kelompok makanan yang sangat kaya akan protedin. Di samping itu, kandungan zat besi yang berperan sebagai mineral pada daging tersebut juga memiliki peranan penting untuk membentuk sel darah merah.
Fungsi sel darah merah adalah mengantarkan oksigen ke seluruh sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan cukup banyak zat besi karena volume darah dalam tubuh mereka juga meningkat ketika hamil.
Apabila seorang ibu hamil kekurangan asupan zat besi mulai dari trismester pertama dan kedua, maka beberapa penyakit akan mudah menyerang tubuh. Seperti kram, nyeri, hingga anemia. Untuk itu, penting kiranya menjadikan olahan daging tanpa lemak. Namun akan lebih baik jika ibu hamil mengombinasikan makanan daging tanpa lemak dengan buah dan sayur agar asupan vitamin dan mineral tetap seimbang.

2. Ikan Salmon

Berbicara mengenai makanan bergizi untuk ibu hamil agar anak cerdas, tentu saja kita tak boleh melupakan ikan salmon. Anda pasti sudah mengetahui bahwa ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani paling baik. Ikan salon memiliki kandungan asam omega 3 yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
Kandungan EPA dan DHA pada ikan salmon pun terbukti sangat efektif dalam menjaga perkembangan mata serta otak pada janin. Dengan kata lain, ketika buah hati terlahir, maka risiko bayi lahir dengan cerdas akan semakin besar. Ikan salmon juga mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil.
Namun perlu diperhatikan, jika Anda mengonsumsi ikan salmon selama masa kehamilan, sebaiknya jangan dikonsumsi dalam kondisi mentah. Konsumsi daging ikan salmon mentah meningkatkan risiko tubuh terserang berbagai macam bakteri yang tentunya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

3. Aneka Produk Olahan Susu

Rekomendasi makanan bergizi untuk ibu hamil yang berikutnya adalah aneka produk olahan susu. Selama masa kehamilan, diharuskan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium dan protein demi memenuhi kebutuhan janin yang masih dalam proses pertumbuhan. Beberapa contoh produk olahan susu yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan adalah yoghurt dan keju.

4. Telur

Makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan yang cukup direkomendasikan adalah telur. Hal ini karena telur memiliki kandungan protein, kalori, lemak, mineral, dan juga vitamin. Di samping itu, kandungan kolin pada telur sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak janin. Dalam mengonsumsi telur, usahakan dalam bentuk telur yang sudah dimasak seperti direbus atau digoreng.
Itulah beberapa makanan bergizi untuk ibu hamil agar anak cerdas yang harus Anda ketahui. Dengan rutin mengonsumsi aneka makanan di atas, maka baik kesehatan ibu hamil ataupun janin dapat terjaga dengan baik. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment