10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil memang sangat banyak. Mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, mengganti cairan tubuh yang hilang, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memang terkenal sebagai bahan paling mujarab yang kaya manfaat. Lantas apa sajakah manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil? Jika penasaran, simak ulasan berikut.

10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Sekedar informasi, terdapat dua jenis air kelapa yakni air kelapa biasa dan air kelapa hijau. Perbedaannya terletak pada umur kelapa ketika air di dalamnya diambil. Untuk air kelapa hijau, berasal dari buah kelapa muda yang sabut di dalamnya masih berwarna merah jambu agak kecoklatan ketika dikupas. Setidaknya inilah beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil:

1. Mengembalikan Cairan Tubuh

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil 9 bulan adalah membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Ini karena di dalam air kelapa muda terdapat kandungan elektrolit tinggi. 

Untuk ibu hamil, umumnya mereka akan mulai sering merasakan dehidrasi. Jika rasa dehidrasi tersebut tidak segera diatasi, maka ibu hamil akan sangat mudah merasakan kram, lelah, demam, dan sakit kepala. Kandungan elektrolit pada air kelapa muda itulah yang akan membantu mencegah semua gejala tersebut secara maksimal. 

2. Membantu Proses Pencernaan

Selain mengatasi dehidrasi, terdapat juga manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil trismester pertama, yakni membantu proses pencernaan. Ini karena terkadang ketika memasuki trismeter pertama, beberapa ibu hamil akan mengalami susah buang air besar. Ini adalah hal wajar mengingat tubuh masih beradaptasi dengan adanya janin dalam kandungan. 

Adapun gejala-gejala gangguan pencernaan yang dialami oleh ibu hamil trismeter pertama adalah diare, sembelit, hingga proses pencernaan yang lambat. Dengan manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang satu ini, maka Anda dapat terhindar dari masalah-masalah pencernaan tersebut. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di beberapa forum ibu hamil, banyak sekali yang mengulas tentang manfaat air kelapa muda sebagai bahan alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah sebuah fakta mengingat di dalam air kelapa muda terdapat kandungan elektrolit yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, air kelapa muda memiliki sifat diuretic yang fungsinya adalah menetralkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. 

Kandungan lain yang dimiliki oleh air kelapa muda adalah asam laurat. Fungsi zat asam ini adalah melawan penyakit yang tak sengaja masuk ke dalam tubuh, khususnya penyakit yang menyerang sistem imunitas. Untuk itulah, penting kiranya bagi setiap ibu hamil untuk memperhatikan khasiat air kelapa muda. 

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Khasiatnya ini tentu benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan adanya kadar HDL, maka ibu hamil akan terhindar dari risiko terserang kolesterol. Untuk itulah, kelapa muda untuk ibu hamil harus menjadi salah satu bahan konsumsi harian. 

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Anda pasti tahu bahwa tekanan darah tinggi akan memberikan efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Oleh karena itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil 4 bulan harus dioptimalkan sebagai penurun tekanan darah. Adapun zat atau kandungan yang memiliki peran aktif dalam hal ini adalah potassium, seperti halnya pisang. 

6. Menjadi Sumber Energi

Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil 7 bulan adalah sebagai sumber energi utama. Mengapa? Ini karena ketika usia kandungan memasuki 7 bulan, maka calon ibu akan mudah merasakan lelah karena beban janin yang dibawanya sudah mulai berat. Kandungan air kelapa yang kaya akan glukosa menjadi alternatif paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 

Dalam pemanfaatan air kelapa muda sebagai sumber energi, Anda cukup mengonsumsinya 1 gelas setiap hari. Namun jika ternyata Anda sulit menemukan air kelapa muda, maka cukup konsumsi ketika tubuh merasa kelelahan saja. 

7. Mencegah Penuaan dan Menyamarkan Stretchmark

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Ini karena terkadang sebagian ibu hamil akan mengalami rasa lelah dan stress berlebih. Kondisi tersebut akan menjadi penyebab wajah terlihat lebih tua. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, maka sel-sel di dalam tubuh akan lebih cepat diperbaharui. 

Selain itu, air kelapa muda untuk ibu hamil juga dapat menyamarkan stretchmark atau garis-garis pada perut. Setiap ibu hamil pasti akan memiliki stretchmark karena kondisi perut yang membesar sehingga memunculkan bekas kerutan atau garis di bagian kandungan. Untuk itu, Anda dapat menyamarkan stretchmark dengan cara rutin mengonsumsi air kelapa muda agar kondisi kulit sehat tetap terjaga. 

8. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya yakni mencegah terjadinya risiko penyumbatan darah dalam tubuh. Sebenarnya faktor utama penyumbatan darah adalah tingginya kadar kolesterol jahat di tubuh. Setiap orang memiliki risiko yang sama terserang penyakit ini, termasuk ibu hamil. 

Tak heran apabila meminum air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama sangat dianjurkan. Pasalnya di trimester pertama, kondisi tubuh ibu hamil masih dalam proses adaptasi sehingga risiko penyumbatan darah akan semakin besar. Dengan mengonsumsi air kelapa mudah, maka kadar kolesterol baik akan meningkat sehingga risiko penyakit tersebut dapat ditekan. 

9. Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat konsumsi air kelapa muda yang tak kalah pentingnya adalah membantu menjaga kesehatan janin. Ini karena di dalam air kelapa, ada banyak sekali kandungan berupa nutrisi sehingga janin dalam perut pun akan tetap sehat. Di samping itu, ternyata air kelapa juga mampu merangsang produksi air ketuban dalam perut ibu hamil. 

10. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes Gestasional

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang terakhir adalah mencegah penyakit diabetes gestasional. Sekedar informasi, diabetes gestasional merupakan jenis diabetes mellitus yang menyerang tubuh ketika masa kehamilan hingga melahirkan. 

Meskipun penyakit ini tak secara langsung menyerang ibu hamil, namun jika tak diambil langkah tepat untuk menanganinya, maka kesehatan janin pun dapat terancam. Mungkin hal itu juga yang membuat banyak orang tua jaman dahulu merekomendasikan anak mereka untuk mendapatkan manfaat air kelapa menjelang persalinan.

Setidaknya itulah beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, maka kesehatan ibu hamil dan janin dapat terjaga. Semoga bermanfaat.   
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment