4 Manfaat Bawang Putih untuk Wajah Kusam dan Berjerawat

4 Manfaat Bawang Putih untuk Wajah Kusam dan Berjerawat

Manfaat bawang putih untuk wajah – Seperti yang kita tahu, memiliki wajah yang cantik, bersih, dan berseri adalah keinginan setiap orang. Hal ini karena wajah yang cantik akan membuat seseorang terlihat lebih percaya diri.

Sudah banyak sekali produk kecantikan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan wajah seperti jerawat, kusam, kulit kering, hingga flek hitam. Namun terkadang produk kecantikan tersebut tidak cocok digunakan oleh sebagian orang.

4 Manfaat Bawang Putih untuk Wajah Kusam dan Berjerawat

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Kesehatanmu akan mengulas salah satu cara alami untuk memutihkan wajah, yakni menggunakan bawang putih. Mengapa harus menggunakan bawang putih? Ini karena bawang putih ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan wajah.

Tak perlu berlama-lama, berikut adalah khasiat bawang putih untuk wajah dan bagaimana cara menggunakannya. Baca hingga akhir, ya!

Khasiat Bawang Putih untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Kami yakin, sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa benar bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan wajah? Ini adalah hal yang normal mengingat bahan ini umumnya digunakan untuk bumbu dapur.

Apabila dilihat dari kandungan zat di dalamnya, bawang putih memiliki zat anti-bakteri hingga anti-inflamasi. Zat tersebut memiliki peranan yang cukup penting untuk kesehatan tubuh.

Mengenai manfaat bawang putih untuk wajah, mengutip dari situs www.msn.com[k1] , dilansir dari India of Times, berikut adalah khasiat bawang putih untuk kecantikan wajah:

1. Menghilangkan Jerawat

Khasiat bawang putih yang pertama adalah membantu menghilangkan jerawat. Hal ini karena jerawat umumnya muncul akibat kondisi wajah yang kotor akibat polusi udara dan paparan sinar UV. Di samping itu, jerawat juga dapat muncul akibat penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok. Dalam hal ini, bawang putih dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara Penggunaan:
Adapun cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil satu siung bawang putih lalu iris menjadi 2 atau 3 bagian. Oleskan irisan bawang putih di bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 5 – 10 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebelum Anda mandi dan tidur agar mendapatkan hasil terbaik. 

2. Memperkecil Pori-Pori Kulit Wajah

Manfaat bawang putih untuk wajah yang berikutnya adalah membantu memperkecil pori-pori kulit wajah. Sekedar informasi, pori-pori kulit yang terbuka lebar menjadi penyebab mudahnya wajah berjerawat. Selain mampu memperkecil pori-pori kulit, bawang putih juga akan membantu pori-pori kulit bernapas dengan bebas sehingga wajah lebih sehat. 

Cara Penggunaan:
Hancurkan satu siung bawang putih serta setengah bagian tomat. Campurkan hingga merata. Aduk hingga tomat dan bawang putih tersebut menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian wajah berjerawat. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. 

3. Mengurangi Tanda Penuaan (Anti-Aging)

Semakin bertambah umur seseorang, maka akan semakin banyak muncul tanda penuaan di wajahnya, contohnya adalah keriput. Dalam hal ini, bawang putih dapat mengurangi dan menghilangkan tanda-tanda penuaan tersebut.

Cara Penggunaan:
Siapkan 2 – 3 siung bawang putih lalu hancurkan. Campurkan dengan minyak zaitun hingga merata. Setelah itu, oleskan di bagian kerutan wajah Anda. Cara ini dapat dilakukan secara rutin sebelum tidur selama 2 – 4 minggu. 

4. Menyembuhkan Peradangan Kulit

Manfaat bawang putih untuk wajah yang berikutnya adalah membantu mengatasi masalah peradangan kulit. Sekedar informasi, peradangan kulit umumnya ditandai dengan munculnya bintik merah di kulit mereka. Hal tersebut menyebabkan kulit menjadi gatal, perih, panas, hingga bersisik. 

Bagi sebagian orang, peradangan kulit terjadi tak hanya di bagian wajah saja, namun juga pada anggota tubuh lain seperti siku, kaki, tangan, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan bawang putih sehingga masalah peradangan kulit dapat teratasi.

Cara Penggunaan:
Hancurkan 3 siung bawang putih atau sesuai dengan kebutuhan. Haluskan bawang putih tersebut dan ambil cairannya. Setelah itu, oleskan cairan bawang putih pada bagian kulit yang mengalami peradangan. Diamkan hingga kering. Cara ini dapat dilakukan dua kali sehari hingga peradangan kulit sembuh.

Itulah beberapa khasiat bawang putih untuk wajah yang harus Anda ketahui. Dengan kata lain, bawang putih memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kulit wajah Anda. 

Efek Samping Bawang Putih untuk Wajah

Selain manfaat bawang putih di atas, ternyata terdapat efek samping bawang putih untuk wajah. Meskipun tak dialami oleh semua orang, namun sebagian orang sebaiknya tidak mengaplikasikan bawang putih demi menghilangkan jerawat. 

Mengutip dari situs hellosehat.com[k2] , mengoleskan bawang putih dapat memicu terjadinya dermatitis kontak, yakni peradangan kulit karena iritasi. Kondisi tersebut akan dialami oleh sebagian orang yang memiliki alergi terhadap bawang putih ataupun mereka yang memiliki kulit sensitif. 

Bagi pemilik kulit sensitif, mengoleskan langsung bawang putih ke bagian kulit wajah tidak akan menghilangkan jerawat. Sebaliknya, jerawat di bagian wajah akan semakin banyak. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan teknik bawang putih untuk jerawat, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajah Anda. 

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga ulasan mengenai manfaat bawang putih untuk wajah pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.

[k1]https://www.msn.com/id-id/gayahidup/lifestylehealth/ini-5-manfaat-bawang-putih-bagi-kecantikan-wanita/ar-BBPDJXi
 [k2]https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/pakai-bawang-putih-untuk-jerawat/
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment