9 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

9 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jus apel adalah salah satu jenis jus buah yang sangat disukai oleh mereka yang menginginkan manfaat jus apel. Hal ini karena apel dikenal sebagai buah segar yang kaya akan nutrisi dan vitamin. 

Berbicara mengenai apel, buah yang satu ini biasanya dapat hidup di daerah-daerah yang memiliki udara dingin dan sejuk. Buah apel sendiri memiliki banyak jenis yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Di antara banyaknya jenis apel, buah apel merah dinilai paling berkhasiat karena kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya terbilang sangat tinggi. Apabila Anda penasaran dengan beragam manfaat dari jus buah apel, sebaiknya simak ulasan berikut ini hingga akhir.
9 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kandungan Vitamin yang Terdapat dalam Buah Apel

Sebelum mengulas lebih jauh tentang manfaat jus apel, ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah ini. Adapun beragam kandungan vitamin dan senyawa lain yang ada di dalam buah apel adalah vitamin A, B1, B2, B3, B5, C, E, K, magnesium, zat besi, fostof, kalsium, seng, karbohidrat, glukosa alami, natrium, protein, lemak, zat baron, zat quertecin, dan air. Dapat dipastikan semua vitamin dan senyawa yang terdapat di dalam buah apel tersebut masing-masing memiliki manfaat untuk tubuh. 

Inilah Manfaat Jus Apel untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui tentang berbagai kandungan di dalam buah apel, berikut adalah ulasan tentang manfaat jus buah apel. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda benar-benar memahami tentang khasiat apa saja yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah apel secara rutin. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh

Manfaat jus buah apel yang pertama adalah untuk membantu menjaga sistem pencernaan. Hal ini karena buah apel sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat inilah yang berguna untuk membantu sistem pencernaan tubuh. Tak hanya itu saja, buah apel sendiri juga berguna untuk mengobati kerusakan di dinding pencernaan karena infeksi atau peradangan. 

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah apel juga dapat menyerap air yang berada di dalam usus kemudian membersihkannya. Setelah itu, semua air dan kotoran di dalam usus akan dibuang melalui saluran pencernaan. 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat dari jus buah apel yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan zat quertecin di dalamnya. Untuk informasi, zat quertecin merupakan jenis senyawa yang sangat berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kata lain, apabila Anda mengonsumsi jus buah apel secara rutin, maka risiko mengalami gangguan kesehatan dari virus pun dapat dicegah.

3. Menangkal Radikal Bebas

Adapun manfaat jus buah apel yang ketiga adalah sebagai bahan alami untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas adalah masalah yang harus dihindari karena berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya kanker dan kelainan pada kulit. Radikal bebas sendiri berasal dari banyak hal seperti debu dan kotoran, polusi udara, paparan sinar matahari, dan sebagainya. 

Adapun kandungan dalam buah apel yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas adalah vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam buah apel dapat dikatakan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, Anda pun tak perlu khawatir dengan ancaman radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sekedar informasi, buah apel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti halnya wortel, vitamin A dalam buah apel sangat berguna dalam menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi jus apel setiap hari, maka semua masalah kesehatan mata seperti katarak, mata minus/plus, dan silinder dapat dicegah.

Selain itu, vitamin A dalam jus apel juga berkhasiat memberikan ketajaman penglihatan mata. Jadi apabila Anda ingin memiliki pandangan mata yang tajam, baik untuk melihat jarak jauh atau melihat di kegelapan, sebaiknya konsumsi apel secara rutin.

5. Mengatasi Penyumbatan Saluran Kemih

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah mengatasi dan mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran kemih. Seperti yang kita tahu, salah satu kandungan yang paling penting untuk menjaga kesehatan saluran kemih adalah serat dan mineral. Kandungan serat dan mineral tersebut berfungsi membersihkan bakteri yang timbul dari makanan. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dalam konsumsi jus apel demi kesehatan saluran kemih Anda. 

6. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain yang dimiliki oleh jus buah apel adalah mampu menstabilkan kadar kolesterol. Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan serat dalam buah apel ternyata juga mampu mengikat lemak jahat dalam tubuh yang nantinya dibuang dalam bentuk feses. Dengan fungsi yang satu ini, maka kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga. 

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Kalsium adalah salah satu zat yang memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Begitu juga dengan buah apel yang juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Dengan adanya kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam buah apel, maka tulang dan gigi tidak akan mudah retak, patah, ataupun mengalami cedera. 

8. Mencegah Penyakit Asma

Nutrisi yang dimiliki oleh buah apel juga dapat membantu merangsang masuknya oksigen dalam tubuh melalui mulut. Dengan asupan oksigen yang cukup, maka secara perlahan sistem pernapasan akan menjadi lancar. Selain itu, peredaran darah dalam tubuh juga menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadikan buah apel memiliki manfaat khusus dalam mencegah terjadinya penyakit asma.

Itulah beberapa manfaat jus apel yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, alangkah baiknya apabila Anda memasukkan apel sebagai buah harian yang harus dikonsumsi menjaga kesehatan tubuh. 

Aturan Mengonsumsi Jus Buah Apel yang Harus Diperhatikan

Sebenarnya memang tak ada aturan khusus dalam mengonsumsi buah-buahan. Hal ini karena dalam setiap buah terkandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, ada beberapa waktu yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat jus apel secara maksimal. 

Pertama, sebaiknya konsumsi jus apel pada pagi atau sore hari. Mengapa? Alasannya sederhana yakni karena dalam buah apel terdapat banyak kandungan yang bersifat antioksidan sehingga ketika jus apel dikonsumsi pada pagi dan sore hari, maka tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi secara alami. 

Kedua, jangan tambahkan gula berlebih pada jus buah apel. Seperti yang kita tahu, konsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Anda dapat menambahkan susu kental manis sebagai perasa apabila tidak terlalu suka dengan rasa alami dari buah apel. 

Ketiga, untuk mendapatkan manfaat jus apel yang lebih banyak, Anda dapat mengombinasikan jus apel dengan buah atau sayuran lain seperti jeruk, wortel, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar tubuh dapat menyerap lebih banyak mineral serta vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Setidaknya demikian ulasan tentang manfaat jus apel serta bagaimana aturan konsumsinya, semoga bermanfaat.  

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment