7 Manfaat Timun untuk Wajah Cantik dan Berseri

7 Manfaat Timun untuk Wajah Cantik dan Berseri


Memiliki wajah yang cantik dan berseri tentu menjadi impian banyak orang. Tak heran berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan pesona wajah berseri, mulai dari menggunakan produk kecantikan ataupun bahan alami. Dalam hal ini, kami akan mengulas apa saja manfaat timun untuk wajah.

7 Manfaat Timun untuk Wajah Cantik dan Berseri

Pasalnya timun memiliki berbagai zat yang sangat baik demi menghaluskan wajah serta membuat wajah tampil lebih bersinar. Selain itu, mentimun juga sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan wajah seperti jerawat, komeda, dan wajah berminyak. Tak perlu berlama-lama, berikut adalah manfaat timun untuk wajah yang harus Anda ketahui. 

Inilah Manfaat Mentimun untuk Kecantikan Wajah Anda

Mengutip dari situs www.idntimes.com[k1] , berikut adalah beberapa khasiat timun untuk wajah:

1. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bagian Mata

Seperti yang kita tahu, lingkaran hitam di bagian mata menjadi salah satu penyebab wajah seseorang terlihat lelah. Hal tersebut tentu saja membuat penampilan Anda tidak maksimal. Dalam hal ini, mentimun berkhasiat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. 

Mentimun memiliki kandungan silica serta anti-oxidan yang cukup tinggi di dalamnya. Fungsinya adalah menyamarkan tanda-tanda lingkaran hitam di bagian mata akibat kelelahan. 

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun di bagian kelopak mata. Biarkan selama beberapa saat. Anda pun dapat menggunakan irisan mentimun tersebut sebelum tidur. Jadi ketika bangun, maka lingkaran hitam di mata Anda akan menghilang. 

2. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat mentimun untuk wajah yang berikutnya adalah membantu mencerahkan kulit wajah Anda. Inilah alasan mengapa mentimun sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik kecantikan. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat ini? Cukup mudah, kok! Anda hanya perlu mengolah mentimun menjadi masker. Mengenai cara membuat masker mentimun, akan kami ulas di bagian bawah pembahasan kali ini. Dengan mengaplikasikan masker mentimun secara rutin, maka wajah Anda akan semakin terlihat putih dan cerah. 

3. Mengatasi Masalah Wajah Berminyak

Sekedar informasi, ada banyak tipe kulit wajah mulai dari kulit normal, berminyak, wajah kering, dan sensitive. Dalam hal ini, timun sangat cocok diaplikasikan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Mengapa? Karena wajah berminyak merupakan salah satu penyebab mudahnya wajah terserang jerawat. Apabila kulit wajah berminyak tak segera diatasi, tentu saja wajah akan semakin kusam. 

4. Membantu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Selain kondisi wajah yang berminyak, pori-pori wajah yang terlalu besar juga akan mempermudah menempelnya debu di kulit wajah. Apabila kotoran dan debu dibiarkan, maka jerawat dan komedo akan mudah muncul. Oleh karena itulah Anda dapat mengandalkan manfaat timun untuk wajah. 

Cara melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan wajah dengan air hangat. Tujuannya agar pori-pori wajah Anda terbuka. Setelah itu, oleskan irisan mentimun di bagian wajah Anda secara merata. Biarkan selama 5 – 10 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Cara yang satu ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah Anda. 

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat timun untuk wajah yang berikutnya adalah sangat efektif untuk mencegah penuaan dini. Dalam hal ini, kandungan anti-oxidan yang dimiliki oleh mentimun mampu membantu proses peremajaan kulit. Penggunaan timun secara rutin bahkan dipercaya mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, wajah kusam, dan lain sebagainya. 

6. Mengatasi Masalah Wajah Akibat Sinar Ultraviolet

Anda pasti sadar bahwa paparan sinar matahari, polusi, dan ultraviolet akan memicu berbagai masalah wajah seperti jerawat dan sebagainya. Mengutip dari situs kitakini.news[k2] , manfaat mentimun untuk wajah adalah mampu mengatasi berbagai permasalahan wajah karena sinar ultraviolet. 

Khasiat timun yang satu ini tentu saja akan sangat membantu Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan. Dengan begitu, terik matahari yang mengandung sinar UV ataupun polusi udara tidak akan membuat wajah Anda terlihat kusam. 

7. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam di Wajah

Selain berbagai manfaat timun untuk kecantikan wajah di atas, mentimun juga sangat berguna menghilangkan jerawat membandel. Sekedar informasi, banyak sekali faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat mulai dari perawatan wajah yang salah, kotoran yang menempel di wajah, dan masih banyak lagi. 

Di samping itu, mentimun sekaligus juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Dengan kata lain, bahan alami yang satu ini sangat ampuh untuk memutihkan wajah serta membuat wajah Anda terlihat cerah berseri bebas jerawat. 

Cara Membuat Masker Mentimun

Setelah mengetahui beberapa manfaat timun untuk wajah, kini Kesehatanmu akan membahas mengenai cara membuat masker mentimun. Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikan masker mentimun setiap hari demi penampilan wajah yang cantik alami.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan 1 buah mentimun lalu kupas kulitnya hingga bersih.
  2. Haluskan mentimun tersebut dengan blender ataupun dengan cara manual yakni ditumbuk.
  3. Anda dapat mencampurkan masker ini dengan air perasan jeruk nipis ataupun tomat yang telah dihaluskan.
  4. Aduk hingga berbentuk seperti pasta.
  5. Oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah Anda setiap hari sebelum tidur.
  6. Ketika bangun pagi, bersihkan dengan air hangat hingga benar-benar bersih kemudian mandi.

Cara yang satu ini menjadi salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah Anda. Selain itu, masker mentimun juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kering, berminyak dan sensitif karena tak memiliki efek samping apapun.

Demikian pembahasan mengenai apa saja manfaat timun untuk wajah putih Anda. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi Sobat Sehat semua. Selamat beraktifitas.


 [k1]https://www.idntimes.com/life/women/fajar-laksmita/biar-makin-glowing-manfaat-mentimun-untuk-kecantikan-wajah-c1c2
 [k2]https://kitakini.news/2307/manfaat-timun-untuk-kecantikan-wajah-dan-mata/
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment