9 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok secara Alami

9 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok secara Alami


Mengatasi Kecanduan Rokok - Merokok sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sangat sulit untuk ditinggalkan para kaum laki-laki. Padahal semua orang tahu jika merokok sama saja dengan membunuh diri sendiri. Di dalam rokok terdapat banyak kandungan zat yang berbahaya dan mengancam bagi kesehatan tubuh manusia.
Ironinya, rokok dapat diperjual belikan dengan mudahnya di negara Indonesia tercinta ini. Bisa dibilang rokok menjadi salah satu mata pencaharian yang sangat menjanjikan bagi para petani bakau.
Para pecandu rokok pun semakin mudah dalam mendapatkan rokok yang mereka inginkan dengan ketersediaannya di pasaran yang sangatlah melimpah. Meskipun harga rokok terus saja meningkat dengan drastis, namun para pengguna rokon juga meningkat dan berkembang dengan pesat pula.

Awal Mula Seseorang Kecanduan Rokok

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai tips mengatasi kecanduan rokok, ada baiknya jika Anda membaca pembahasan satu ini. Biasanya kebiasaan merokok didapatkan seseorang saat mereka sedang menginjak masa remaja. Masa dimana mereka para remaja sedang mencari jati diri dan mencoba hal-hal baru yang belum pernah mereka lakukan.
Terkadang mencoba hal baru menjadi sebuah tantangan yang sangat mengasyikan bagi diri mereka. Tak pernah terlintas di pikiran Meraka apakah hal yang mereka lakukan akan berujung baik atau buruk di masa yang akan datang.

9 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok secara Alami

Rokok sudah meraja lela di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kepulan asap rokok selalu mewarnai udara di berbagai tempat umum. Terkadang para perokok tidak memperhatikan dan peduli akan lingkungan sekitar dengan membuang putung rokok secara sembarangan. Maka dari itu, bagi kalian para perokok sebaiknya mengurangi dan kalau bisa menghentikan kebiasaan merokok yang kalian lakukan.

Tips untuk Menyembuhkan Kecanduan Rokok

Terdapat berbagai tips yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi kecanduan terhadap nikotin ini.ntuk lebih jelasnya mengenai tips agar bisa lepas dari kecandun  rokok, maka perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Memiliki niat yang kuat

Jika Anda akan melakukan suatu hal, maka Anda harus memiliki niat yang kuat untuk melakukan hal tersebut. Sama seperti ketika Anda ingin lepas dari kecanduan rokok ini. Jika Anda benar-benar berniat untuk menjauhi rokok. Anda harus bisa memiliki niat yang kuat agar Anda bisa menjauh dari kegiatan merokok.

2. Menjauhi lingkungan para perokok

Jika Anda sedang memulai untuk menjauhi kecanduan rokok, ada baiknya Anda berada di tempat yang disitu tidak banyak orang yang merokok. Hal ini dikarenakan, jika Anda berada di tempat yang banyak orang merokok di situ, dikhawatirkan Anda akan merasa terpancing dan merasa ingin merokok sama seperti orang-orang di sekitar Anda.

3. Melakukan kegiatan positif dan menyehatkan

Dengan melakukan kegiatan seperti bersih-bersih lingkungan, olahraga, bercocok tanam, menggambar, menulis, ataupun kegiatan sejenisnya yang akan merangsang pikiran Anda menjadi lebih segar. Dengan melakukan berbagai kegiatan positif ini, diharapkan Anda bisa menyegarkan pikiran Anda yang tadinya terasa suntuk.

4. Istirahat yang cukup

9 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok secara Alami

Melakukan istirahat merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting untuk mendukung tubuh Anda agar bisa terhindar dari kegiatan merokok. Dengan beristirahat maka tubuh tidak akan merasa lelah yang berlebih dan tidak membutuhkan sebuah zat seperti rokok untuk mendukung kinerja dari tubuh Anda.

5. Mensugestikan diri Anda

Jika Anda selalu mensugestikan hal-hal yang buruk mengenai rokok, maka Anda akan merasa terstimulasi secara alami untuk menjauhi rokok. Sugesti yang bisa Anda tanamkan pada diri Anda seperti 'merokok sama dengan membunuh diri sendiri' atau 'cintailah masa depan Anda dengan tidak merokok' dan juga sugesti lainnya yang bisa membuat Anda menjauhi rokok. Dengan sugesti ini, maka Anda sudah termotivasi untuk selalu melakukan hal positif dalam kehidupan sehari-hari yang Anda jalani.

6. Menggunakan benda pengganti rokok

Anda juga bisa menjadi sebuah benda lainnya selain rokok untuk bisa mengantikan fungsi dari rokok ini. Contohnya yaitu Anda bisa menggunakan permen saat Anda merasa ingin merokok. Atau Anda juga bisa menggunakan benda lainnya seperti koyo nikotin yang bisa ditempelkan di punggung, obat semprot untuk mulut agar terasa segar, inhaler pengganti nikotin, dan berbagai benda lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mencegah diri Anda merokok.
Dengan benda pengganti ini diharapkan proses pelepasan kecanduan rokok bisa dilakukan lebih cepat dan efektif, karena terdapat benda yang mengurangi ketergantungan Anda terhadap rokok.

7. Kurangi asupan kafein

Dengan mengurangi asupan kafein yang banyak terkandung pada kopi, maka Anda juga akan terbantu untuk menghindari dari kegiatan merokok. Kenapa demikian? Karena jika Anda mengonsumsi zat kafein, Anda akan terangsang untuk tidak merasa ngantuk.
Nah, hal inilah yang nantinya akan membuat Anda merasa bosan dan akhirnya Anda mengonsumsi rokok sebagai pengusir rasa bosan tersebut. Maka dari itu, untuk mengindari dari merokok, Anda juga perlu mengurangi konsumsi dari kafein. Dengan mengurangi konsumsi kafein Anda bisa mengistirahatkan tubuh Anda lebih cepat daripada ketika Anda mengonsumsi kafein.

8. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih dapat melarutkan berbagai macam zat yang ada dalam tubuh kita. Nah, karena rokok memiliki kandungan racun yang sangat banyak di dalamnya, maka dengan mengonsumsi air putih ini racun yang ada pada rokok di dalam tubuh Anda akan larut secara alami. 

9 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok secara Alami

Dengan hilangnya racun rokok dalam diri Anda, diharapkan juga bisa mengurangi ketergantungan Anda pada rokok itu sendiri. Mengonsumsi air putih juga akan membuat tubuh Anda terasa segar dan sehat selalu. Jika Anda meminum air putih hangat, maka nafsu merokok Anda akan berkurang.
Cobalah untuk melakukan hal sederhana ini untuk membuktikan apakah benar air putih bisa mengurangi kecanduan Anda terhadap rokok. Setidaknya minimal minum 8 gelas air putih setiap hari.

9. Melakukan konsultasi dengan psikiater

Jika kecanduan rokok yang Anda alami sudah sangat parah. Anda memerlukan bantuan dari orang lain seperti psikiater untuk membantu Anda lepas dari merokok. Dengan melakukan konsultasi kepada psikiater maka Anda diharapkan bisa menemukan solusi yang bisa membuat kecanduan Anda terhadap rokok berkurang ataupun hilang secara permanen.
Dalam hal psikologis merokok merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh manusia. Kebiasaan merokok ini, pastinya memiliki sebab tersendiri kenapa Anda ingin melakukan kegiatan merokok. Dengan melakukan konsultasi dengan psikiater diharapkan Anda bisa menemukan penyebab Anda ingin merokok dan mengatasi penyebab tersebut dengan sebaik-baiknya. Jika Anda sudah menemukan penyebabnya, maka Anda bisa memulai dengan perlahan untuk menjauh dari pengaruh rokok.
Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengurangi ataupun menghilangkan kecanduan terhadap rokok. Jika Anda melakukan tips-tips diatas dengan sungguh-sungguh, maka besar kemungkinan Anda bisa dengan mudahnya terlepas dari pengaruh kecanduan rokok.
Dengan tidak merokok maka Anda sudah menjaga kesehatan diri Anda dan lingkungan sekitar Anda. Perlu Anda ketahui jika Anda merokok, yang akan terkena dampak dari rokok tersebut bukan hanya diri Anda sendiri. Namun orang-orang di sekitar Anda juga akan terkena dampak dari asap rokok yang Anda keluarkan. Menjadi perokok pasif lebih berbahaya daripada menjadi perokok aktif. Maka dari itu, jika Anda mencintai lingkungan sekitar Anda, berhentilah merokok mulai sekarang.
Semoga beberapa tips mengatasi kecanduan rokok di atas dapat bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment