7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering agar Tampak Lebih Sehat

7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering agar Tampak Lebih Sehat

Sebagian besar orang, baik pria ataupun wanita, pasti ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering. Hal ini karena kulit wajah yang kering akan membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Parahnya, kulit wajah yang terlalu kering juga rentan terhadap permasalahan kulit seperti iritasi. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Inilah Beberapa Langkah Mengatasi Kulit Wajah Kering

Berbicara mengenai kulit wajah kering, salah faktor yang mempengaruhinya adalah kurang atau hilangnya minyak alami yang terdapat pada permukaan kulit wajah. Umumnya, hal ini disebabkan oleh asupan makanan konsumsi maupun kebiasaan buruk yang akhirnya menyebabkan kulit wajah menjadi kering. 

7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering agar Tampak Lebih Sehat

Langkah paling umum yang biasanya dilakukan untuk mengatasi kulit wajah kering adalah dengan menggunakan produk pelembab serta mengonsumsi air putih yang banyak. Di samping itu, ternyata ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah kering. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Buah Pisang, Alpukat, dan Pepaya sebagai Masker

Sekedar informasi, buah pisang, alpukat dan juga pepaya memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu proses pencernaan. Selain itu, tiga buah tersebut ternyata juga memiliki manfaat lain yakni mengatasi masalah kulit wajah kering.

Anda dapat menggunakan 3 buah tersebut sebagai masker alami untuk wajah. Cara melakukannya, campurkan buah alpukat, pepaya, dan pisang yang telah matang. Setelah itu, blender atau tumbuk buah-buah tersebut hingga halus. 

Gunakan ramuan ini pada bagian wajah secara merata. biarkan selama 15 menit untuk hingga masker alami ini mengering. Langkah terakhir, bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain dengan cara di atas, Anda dapat memilih salah satu dari ketiga buah tersebut untuk dijadikan masker. Caranya pun sama seperti di atas. Dengan berbagai kandungan anti oksidan di dalam pepaya, pisang, dan alpukat, maka kulit wajah Anda akan menjadi lebih lembut, halus, dan berseri.

2. Menggunakan Buah Apel

Seperti yang kita tahu, buah apel memiliki khasiat yang sangat penting untuk proses peremajaan kulit. Di dalam buah apel, terdapat kandungan tanin dan kalium yang mampu menjaga kelembaban kulit wajah Anda sehingga masalah kulit wajah kering dapat diatasi. 

Dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi apel secara langsung setiap hari atau menjadikannya sebagai masker wajah. Apabila Anda ingin menggunakan masker dari buah apel, maka ambil 2 buah apel yang telah matang. Setelah itu, parut daging buah apel. Ambil ampas atau hasil parutan apel dan oleskan pada wajah Anda. 

3. Menggunakan Mentimun

Di antara berbagai bahan alami yang lain, mentimun masuk dalam kategori bahan alami yang reaksinya sangat cepat, terutama untuk memberikan kelembaban pada kulit wajah serta menjadikan wajah lebih berseri. Tak heran apabila produk-produk kecantikan sebagian besar menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. 

Cara mengaplikasikan mentimun untuk mengatasi kulit wajah kering pun relatif mudah. Anda hanya perlu memilih mentimun yang telah matang. Setelah itu, iris tipis-tipis mentimun dan oleskan air dari mentimun pada bagian wajah dan leher. Bila perlu, letakkan irisan mentimun pada bagian mata Anda ketika hendak tidur untuk menghilangkan kantung hitam mata. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur. 

4. Menggunakan Kuning Telur

Telur dikenal sebagai bahan makanan yang sehat karena mengandung banyak protein di dalamnya. Selain itu, ternyata telur juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan kulit dan rambut. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering, Anda dapat memanfaatkankuning telur sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara menggunakannya, ambil 1 telur dan pisahkan antara bagian putih dan kuningnya. Kemudian letakkan kuning telur pada gelas lalu campurkan dengan 1 sendok teh madu. Aduk secara merata hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan ramuan ini pada wajah Anda secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga masker kuning telur ini mengering.

Setelah itu, bilas wajah Anda menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih. Dengan melakukan cara ini, maka perlahan wajah akan mendapatkan nutrisi sehingga membuat kulit wajah lebih lembab, putih, cerah, dan halus. 

5. Menggunakan Madu

Langkah mengatasi kulit wajah kering selanjutnya adalah dengan madu. Bahan alami yang satu ini memang terkenal memiliki manfaat yang sangat banyak, baik untuk tubuh maupun kulit wajah. Adapun khasiat madu untuk kulit kering adalah membantu memberikan kelembaban alami pada kulit wajah serta mencerahkan kulit.

Cara memanfaatkan madu untuk kulit wajah kering terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil 1 sendok teh madu. Kemudian campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan ramuan alami ini pada kulit wajah Anda secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih. 

6. Memanfaatkan Minyak Almond

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit wajah kering adalah minyak almond. Khasiat dari minyak almond adalah mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah kering dan pecah-pecah. Cara mengaplikasikannya, cukup dengan mengoleskan minyak almond di area wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Selain digunakan untuk kulit wajah kering, minyak almond juga dapat diaplikasikan untuk bagian kulit tubuh lainnya. Dengan menggunakan minyak almond, maka kesehatan kulit Anda akan tetap terjaga. Di samping itu, masalah-masalah yang muncul akibat kulit kering dapat diatasi. Untuk cara ini, Anda dapat menggunakan minyak almond 20 menit sebelum mandi. 

7. Menggunakan Jeruk Nipis

Berbicara mengenai kesehatan kulit wajah, jeruk nipis memang menjadi solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, terutama untuk mengatasi kulit kering. Hal ini karena jeruk nipis mampu menghilangkan semua masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, bahkan membuat kulit tampil lebih cerah.

Agar kulit wajah Anda tampil lebih sehat dan tidak kering, Anda dapat mencampurkan jeruk nipis dengan buah alpukat yang telah dihaluskan. Setelah itu, campurkan buah alpukat serta air perasan jeruk nipis. Aduk hingga berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, gunakan ramuan ini sebagai masker wajah alami untuk kesehatan kulit.  

Cara Merawat Kulit Wajah Kering agar Tampak Lebih Sehat

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga harus menerapkan beberapa cara untuk merawat kulit wajah kering. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, gunakan pelembab wajah sebelum memulai aktivitas di luar rumah. Dengan menggunakan pelembab wajah, maka kulit wajah Anda akan tampil lebih cantik.

Kedua, sering berjemur di pagi hari. Seperti yang kita tahu, cahaya matahari di waktu pagi memiliki peranan yang penting dalam memecah vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengatasi kulit wajah kering. 

Cara terakhir, kurangi kebiasaan buruk begadang. Saat ini, demi menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, tak sedikit orang yang memutuskan untuk begadang. Padahal begadang merupakan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah, baik untuk jenis kulit berminyak ataupun kulit kering. Kebiasaan ini akan membuat sel-sel kulit wajah tak dapat melakukan regenerasi secara optimal.

Selain itu, begadang juga dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, kantung hitam mata, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan begadang demi kesehatan tubuh dan kulit wajah Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah kering. Dengan menerapkan tips dan cara-cara di atas, maka Anda dapat tampil lebih percaya diri karena memiliki kulit wajah yang sehat, cantik, putih, dan berseri. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment