Menu Diet Sehat Harian Paling Efektif Menurunkan Berat Badan

Menu Diet Sehat Harian Paling Efektif Menurunkan Berat Badan


Bagi siapapun yang ingin menjalankan program diet, hal pertama yang harus diketahui adalah menu diet sehat seperti apa yang layak dikonsumsi. Pasalnya tujuan utama diet adalah menurunkan berat badan demi mendapatkan proporsi tubuh yang ideal sehingga memerhatikan menu makanan konsumsi adalah salah satu prioritas utama.


Menu Diet Sehat Harian Paling Efektif Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya dalam melakukan program diet, hal utama yang harus dihindari adalah konsumsi lemak, karbohidrat, dan gula yang berlebihan. Pasalnya ketiga hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan berat badan naik secara signifikan. Untuk itulah, para pelaku diet harus pintar memilah dan memilih jenis makanan apa saja yang dapat dikonsumsi demi mengurangi berat badan.

Menu Diet Sehat Pagi Siang Malam

Adapun menu diet sehat yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah berbagai menu yang berkhasiat selain menurunkan berat badan, juga untuk menjaga kesehatan tubuh para pelaku diet. Berikut adalah beberapa menu diet alami yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.

Menu Diet Pagi Hari

Selama melakukan aktifitas diet, sebagian orang lebih memilih untuk tidak sarapan atau makan pagi. Padahal dengan sarapan, semua kebutuhan dalam tubuh dapat terpenuhi. Hal ini karena di pagi hari, tubuh membutuhkan asupan makanan yang akan dikonversi menjadi energi untuk menjalankan aktifitas harian. Apabila tidak sarapan, tentu Anda akan lemas. Tak hanya itu saja, nafsu makan juga akan semakin bertambah begitu melewati siang hari.
Lantas menu diet sehat seperti apa yang cocok dikonsumsi untuk sarapan? Untuk sarapan, pilihlah menu makanan yang terdiri dari bahan makanan rendah lemak dan memiliki kalori yang cukup. Anda dapat mengonsumsi roti gandum atau nasi merah untuk sarapan. Jangan lupa pula konsumsi buah dan sayur-sayuran setiap pagi serta susu.

Menu Diet Siang Hari

Setelah mengetahui menu diet sehat di pagi hari, maka Anda juga harus menata menu apa yang dapat dikonsumsi di siang hari. Ketika siang hari, tubuh membutuhkan asupan makanan yang kaya akan protein. Hal ini karena selama beraktivitas di pagi hari, tentu energi tubuh sudah banyak terkuras. Oleh karena itulah, mengonsumsi makanan kaya protein adalah menu diet sehat paling tepat yang dapat Anda lakukan.
Adapun contoh menu makanan diet sehat di siang hari adalah ikan goreng, buah pisang, dan sayur-sayuran. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah apel untuk menahan rasa lapar yang muncul.

Menu Diet Malam Hari

Untuk menu diet di malam hari, akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi sayuran yang ditumis dengan menambahkan sedikit nasi serta lauk. Untuk nasi sendiri, nasi merah tetap menjadi pilihan terbaik. Sedangkan untuk minumannya, akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi satu gelas lemon atau air perasan jeruk demi membantu proses penyerapan lemak di dalam tubuh.
Selain menu diet sehat di atas, ketika malam tiba, Anda juga dapat mengonsumsi yoghurt dan buah-buahan segar. Khasiat dari yoghurt adalah untuk membersihkan usus dari berbagai macam bakteri jahat. Sedangkan buah-buahan akan membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin yang tepat.

Menu Diet Sehat Tanpa Nasi / Menu Diet Karbo

Beberapa menu diet yang telah dijelaskan di atas memang tetap mencantumkan nasi. Jadi apabila Anda memang ingin melakukan diet ketat dengan cara diet karbo, berikut adalah pilihan menu diet sehat tanpa nasi yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Telur Rebus

Menu Diet Sehat Harian Paling Efektif Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari situs makrosehat.com[k1] , telur rebus dapat menjadi alternatif menu diet sehat karbo yang cukup penting. Hal ini karena telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan protein tersebut dapat menggantikan karbohidrat yang tak masuk dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda dapat merebus telur dan menjadikannya sebagai menu makan siang. Adapun jumlah telur rebus yang dikonsumsi sekitar 1 – 2 telur.

2. Ayam Kukus

Ayam kukus juga dapat menjadi alternatif lain untuk menu diet karbo Anda. Ini karena dengan merebus ayam, maka Anda tak perlu menambahkan garam demi mendektoks tubuh. Meskipun rasanya aneh bagi sebagian orang, namun ayam kukus tanpa garam adalah menu diet tanpa nasi yang sangat baik.

3. Brokoli Ikan

Untuk menu diet karbo ini, Anda harus tetap mengolahnya dengan cara digoreng. Oleh karena itu, gunakan minyak khusus yang memiliki kandungan lemak rendah. Adapun cara mengolahnya adalah dengan mengukus 1 ikan nila atau gurame. Setelah itu, tambahkan bumbu seperti saos tiram, bawang putih yang telah dihaluskan, dan kemiri. Tumis semua bahan tersebut hingga harum lalu tambahkan brokoli. Menu diet tanpa nasi ini cocok dikonsumsi di malam hari.

4. Roti Gandum

Menu Diet Sehat Harian Paling Efektif Menurunkan Berat Badan

Selain beberapa menu di atas, menu diet tanpa nasi yang berikutnya adalah roti gandum. Menu diet karbo ini terbilang sangat mudah didapatkan sehingga Anda tak perlu lagi untuk mengolahnya.
Itulah beberapa alternatif menu sehat diet tanpa nasi yang dapat Anda coba. Intinya, meskipun tubuh tidak memperoleh asupan karbohidrat yang cukup, namun Anda harus menggantinya dengan makanan lain yang mengandung protein dan gizi. Tujuannya agar tubuh tidak drop saat melakukan program diet.

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Program Diet

Selain menu diet sehat harian di atas, Anda juga dapat memerhatikan asupan makanan yang dapat dikonsumsi oleh tubuh selama menjalankan program diet. Jenis-jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan jenis makanan yang sangat cocok bagi Anda yang sedang diet. Hal ini karena buah tidak mengandung lemak sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral yang terdapat pada buah-buahan juga akan membantu tubuh dalam melancarkan proses pencernaan.
Dalam mengonsumsi buah, Anda dapat langsung memakannya atau bahkan dijadikan jus terlebih dahulu. Hal yang perlu diingat adalah ketika mengonsumsi jus buah, jangan tambahkan gula. Pasalnya buah-buahan sudah mengandung gula alami yang dapat memenuhi asupan kalori harian. Dengan kata lain, penambahan gula pada jus justru akan menambah jumlah kalori yang tentunya harus dihindari selama menjalankan program diet.

2. Sayuran

Seperti yang kita tahu, sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan serat dan tak mengandung lemak. Dalam konsumsi sayuran, tentu Anda harus mengolahnya terlebih dahulu sehingga lebih nikmat ketika dikonsumsi. Meski demikian, hindari penggunaan minyak, garam, dan zat kimia lain saat mengolah sayuran tersebut.
Meskipun harus mengalami proses pengolahan terlebih dahulu, beberapa jenis sayuran juga sangat baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Contohnya adalah tomat dan wortel. Tanpa adanya pengolahan pada jenis sayuran ini, maka segala bentuk vitamin dan mineral pada sayuran dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

3. Daging Tanpa Lemak

Banyak orang yang beranggapan bahwa menu diet sehat adalah menu segala menu harian tanpa daging. Padahal daging merupakan sumber protein terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja, daging mengandung lemak yang jahat apabila dikonsumsi berlebih.
Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengonsumsi daging sebagai menu sehat, pastikan memilih daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu, saat memasak daging, hindari pula penggunaan mentega atau minyak agar mengurangi kandungan lemak jahat.

4. Daging Ikan

Jenis makanan sehat untuk diet yang selanjutnya adalah daging ikan. Jenis makanan yang satu ini sangat kaya akan omega 3 dan protein. Meskipun di dalam daging ikan mengandung lemak, namun lemak ini dapat dikategorikan sebagai lemak baik. Fungsinya adalah untuk melawan kandungan lemak jahat di dalam tubuh.
Sebagai menu diet sehat, saat Anda mengolah ikan menjadi masakan, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan merebus, mengukus, atau memanggang ikan tersebut. Hindari olahan ikan goreng agar lemak jahat dari minyak tak ikut masuk ke dalam tubuh.
Setidaknya itulah beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi ketika melakukan program diet. Hal penting yang harus diingat adalah apapun makanan yang Anda konsumsi, jangan terlalu banyak melahap makanan tersebut dalam satu waktu. Cukup konsumsi makanan sehat untuk diet secukupnya saja. Berhentilah sebelum kenyang agar tak ada sisa protein, vitamin, dan serat yang berada dalam tubuh.

Mengoptimalkan Menu Sehat Diet dengan Gaya Hidup Sehat

Kini Anda telah mengetahui tentang menu diet sehat harian. Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah saat menjalankan program diet, jangan lupa mengiringinya dengan berolahraga dan banyak minum air putih. Tanpa olahraga, tentu kandungan penting dalam makanan tak dapat diproses secara maksimal oleh tubuh. Akhirnya, semua makanan yang masuk dalam tubuh akan kembali menjadi lemak dan menambah berat badan Anda.
Dalam langkah olahraga sendiri, cukup meluangkan waktu untuk berjalan-jalan atau kegiatan olahraga yang dapat membakar lemak seperti push up, sit up, scout jump, dan lain sebagainya. Selain itu, penuhi asupan air putih harian sehingga proses pencernaan pun dapat berjalan dengan optimal.
Demikian sedikit ulasan tentang menu diet sehat yang dapat Anda lakukan. Dengan memerhatikan asupan makanan dan gaya hidup sehat, maka dalam waktu singkat berat tubuh Anda akan berkurang sehingga tubuh ideal pun dapat Anda miliki. Semoga bermanfaat.

 [k1]https://makrosehat.com/menu-diet-karbo/
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment