5 Obat Liver Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

5 Obat Liver Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Obat liver alami belakangan ini menjadi hal yang dicari oleh masyarakat. Mengingat penyakit liver sangat membahayakan kesehatan tubuh kita. Tanpa ada penanganan yang tepat, liver dapat memberikan berbagai dampak hingga menyebabkan kematian. Pertanyaannya, bagaimana cara menyembuhkan penyakit liver? Untuk memahami hal tersebut, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Mengenali Penyakit Liver yang Berbahaya untuk Tubuh

Sebelum mengulas lebih jauh tentang apa saja obat liver alami, ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit ini. Penyakit hati atau liver merupakan jenis penyakit yang dipicu oleh beberapa faktor yang nantinya dapat merusak fungsi hati. Faktor paling umum yang menyebabkan liver adalah kebiasaan tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol ataupun terserang jenis virus tertentu.

Apabila fungsi hati mulai tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan dibiarkan begitu saja, maka yang selanjutnya terjadi adalah kerusakan hati yang menyebabkan luka pada jaringan-jaringan di dalamnya. Kondisi tersebut akan berujung pada risiko gagal hati, yakni sebuah kondisi yang sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Pada tahapan awal, penderita liver akan mengalami berbagai gejala liver seperti perut terasa nyeri dan membengkak, kulit dan mata berubah warna menjadi agak kekuningan, keluarnya feses yang disertai dengan darah, kaki mengalami pembengkakan, nafsu makan berkurang, hingga munculnya rasa mual terus menerus.

Berbagai Obat Liver Alami dan Cara Menggunakannya

Setelah memahami sedikit hal terkait penyakit liver, kini saatnya Anda mengetahui tentang obat alami untuk mengatasi penyakit liver yang terbukti ampuh. Pasalnya, penyakit liver yang dibiarkan tanpa penanganan tepat dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat Anda jadikan sebagai obat alami liver, baik liver kronis hingga akut. Di antaranya adalah sebagai berikut
:

1. Temulawak

Kita pastinya sudah tak asing lagi mendengar nama rempah yang satu ini. Pasalnya temulawak seringkali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan jamu tradisional. Selain itu, terkadang temu lawak dijadikan campuran penyedap makanan.

5 Obat Liver Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Meski demikian, tak banyak orang yang tahu mengenai temulawak sebagai obat liver alami. Hal ini karena terdapat kandungan senyawa curcumin yang sangat tinggi pada temulawak. Senyawa curcumin tersebut memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi radang. Tak hanya itu saja, senyawa curcumin pada temulawak juga memiliki sifat antihepatotoksin yang sangat manjur menjaga kita dari peradangan.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikan temulawak sebagai obat liver? Caranya sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pertama, ambil rimpang temulawak secukupnya. Cuci bersih dan iris tipis tipis. Tambahkan sepuluh lembar daun ungu yang diremas-remas. Rebus bahan bahan tersebut bersama satu gelas air bersih. Rebus hingga mendidih dan keluar sarinya. Biarkan agar agak dingin lalu saring. Minum ramuan temulawak secara teratur.

Sekedar informasi, obat liver alami dari bahan dasar temulawak tidak hanya cocok untuk menyembuhkan penyakit liver secara perlahan namun juga berkhasiat baik digunakan untuk mencegah munculnya penyakit liver sejak dini. 

2. Sambiloto

Obat liver alami berikutnya adalah daun sambiloto. Ternyata daun sambiloto ini memiliki kandungan senyawa andrograoholid. Di mana senyawa ini memiliki khasiat yang penting yaitu mampu menghancurkan sel inti tumor. Tidak hanya itu, senyawa andrograoholid juga mampu menunjang sistem imunitas tubuh sehingga Anda pun tidak akan mudah terserang penyakit.

Khasiat lain yang dimiliki oleh daun sambiloto adalah kemampuannya dalam merangsang produksi fagositosis dalam tubuh. Fagositosis merupakan kemampuan sel tubuh dalam hal memusnahkan benda asing seperti virus dan bakteri pemicu penyakit liver dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh pun dapat lebih terjaga.

Cara penggunaan daun sambiloto sebagai obat liver pun terbilang sangat mudah. Pertama, ambil satu genggam daun sambiloto atau secukupnya. Cuci bersih daun tersebut kemudian tumbuk hingga menjadi halus. Selanjutnya, seduh tumbukan daun sambiloto dengan setengah cangkir air panas matang. Saring lalu minum airnya secara rutin dalam waktu jangka pendek saja. 

3. Pegagan

Daun pegagan atau antanan ternyata bisa dijadikan obat liver alami. Hal ini lantaran daun pegagan memiliki beberapa kandungan zat penting, antara lain brahmic acid, asiaticode, zat samak, magnesium, dan natrium. Berbagai senyawa tersebut akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan organ hati.

Khasiat utama yang dimiliki oleh pegagan adalah kemampuannya dalam membantu regenerasi sel sel liver yang rusak dan menjadikannya sehat seperti sedia kala. Di samping itu, kandungan dalam daun pegagan juga akan mencegah terjadinya indikasi penyakit liver.

Cara penggunaan daun pegagan sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil segenggam daun pegagan kemudian cuci bersih semua daun tersebut. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih. Jika sudah, maka saring dan dinginkan rebusan pegagan lalu minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

4. Daun Sukun

Obat liver alami berikutnya adalah daun sukun. Bila selama ini sukun umum dimanfaatkan buahnya, ternyata daunnya pun tak kalah bermanfaat untuk kesehatan liver. Tidak hanya liver, daun sukun pun berkhasiat memelihara kesehatan organ lain seperti jantung dan ginjal.

Penelitian para ahli kesehatan mendapatkan hasil bahwa daun sukun memiliki kandungan flavonoid dan betasitosero yang dapat menyembuhkan penggumpalan darah pada trombosit yang menghambat peredaran darah di jantung. Kondisi tersebut tentunya memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan organ hati.

Cara pemanfaatan daun sukun pun mudah. Bersihkan 10 lembar daun sukun yang sudah tua. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan air berubah warna kecokelatan seperti teh. Biarkan sampai agak dingin dan minum secara rutin selama dua minggu.

5. Kunyit

Untuk mengobati penyakit liver, Anda pun dapat memanfaatkan kunyit. Seperti halnya temulawak, kunyit juga memiliki kandungan curcumin yang cukup tinggi di dalamnya. Tak hanya itu saja, kandungan lain yang terdapat pada kunyit di antaranya adalah minyak atsiri, vitamin C, protein, mineral, zat besi, dan kalium. Semua kandungan tersebut tidak hanya berguna untuk mengobati penyakit liver, namun juga berkhasiat membantu menjaga daya tahun tubuh.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat liver alami adalah dengan mengambil dua ruas kunyit. Kupas kulitnya dan tumbuk kunyit hingga halus. Setelah itu, ambil perasan kunyit dan campurkan menggunakan 200 ml air hangat. Aduk ramuan tersebut hingga merata. Minum ramuan kunyit secara teratur sebanyak 2 hari sekali.

Itulah beberapa bahan yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat liver alami. Dengan bahan-bahan tersebut, maka secara perlahan tapi pasti penyakit liver yang Anda idap dapat disembuhkan. Namun apabila Anda telah mengidap penyakit liver kronis atau akut, sebaiknya pergi ke dokter untuk memperoleh penanganan paling tepat. Tanpa adanya penanganan terhadap penyakit liver, maka penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment