Jenis dan Penyebab Penyakit Liver

Jenis dan Penyebab Penyakit Liver

Tak banyak orang yang tahu apa penyebab penyakit liver. Bahkan sebagian besar penderita liver baru menyadari adanya penyakit ini ketika kondisinya sudah parah. Hal inilah yang membuat liver menjadi salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai karena dapat dialami oleh siapa saja.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Tipshariananda akan mengulas mengenai penyebab penyakit liver, gejala liver, makanan penyebab liver, tanda tanda penyakit liver yang sudah parah, hingga cara mengobati penyakit liver dan obat liver alami paling ampuh. Untuk itu, simak ulasan berikut hingga akhir. Semoga bermanfaat. 

Jenis dan Penyebab Penyakit Liver

Penyakit Liver

Hati atau liver merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Organ yang satu ini menjadi organ terbesar nomor dua di dalam tubuh dengan ukuran sebesar bola rugby. Letak hati sendiri berada tepat di perut kanan atau di bawah tulang rusuk. Dengan kata lain, penyakit liver terjadi ketika hati tidak dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsinya. 

Jenis dan Penyebab Penyakit Liver

Jenis penyakit liver sendiri sebenarnya sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh penyebab dari munculnya penyakit liver itu sendiri. Hingga sekarang, dunia medis telah mengidentifikasi sekitar 100 jenis penyakit liver. Namun pada kesempatan ini, jenis penyakit liver yang akan dipaparkan adalah penyakit liver yang paling sering muncul. Mengutip dari situs www.alodokter.com, berikut adalah jenis penyakit liver serta penyebabnya.

1. Perlemakan Hati atau NAFLD (Non-Alcoholic Fatty Liver Disease)

Jenis penyakit liver yang pertama adalah NAFLD atau yang sering disebut dengan perlemakan hati. Seperti namanya, penyebab penyakit liver ini adalah penumpukan lemak yang terlalu banyak di bagian sel hati. NAFLD umumnya diiringi dengan penyakit obesitas. Meski demikian, terkadang orang-orang gemuk yang belum terindikasi menderita obesitas pun dapat menderita penyakit liver perlemakan hati. 

2. Penyakit Liver Alcoholic

Jenis penyakit liver yang kedua adalah penyakit liver alcoholic. Penyebab penyakit liver ini adalah terlalu banyaknya konsumsi alcohol dalam tubuh. Menurut penelitian, penderita penyakit liver yang berkaitan dengan konsumsi alcohol sebagian besar memiliki kebiasaan meminum alcohol selama bertahun-tahun lamanya.
Alcohol memiliki sifat toksik bagi sel hati. Ketika alcohol disaring oleh sel hati, maka sel-sel tersebut akan mati sehingga organ hati akan kehilangan fungsinya. Meskipun secara alami hati dapat memperbarui sel-sel yang telah mati, namun konsumsi alcohol secara rutin akan menghambat proses regenerasi tersebut.

3. Hepatitis

Penyebab penyakit liver yang satu ini umumnya disebabkan oleh peradangan di bagian jaringan hati. Jenis penyakit hepatitis dibagi menjadi beberapa kategori yakni hepatitis A, B, C, D, E, dan hepatitis autoimun. Beberapa jenis hepatitis tersebut masuk dalam kategori ringan dan dapat disembuhkan tanpa bantuan obat-obatan. Sedangkan jenis hepatitis serius, akan memicu penyakit berbahaya lain yang berhubungan dengan hati. Contohnya adalah kanker hati, sirosis, dan gagal hati. 

4. Hepatitis Toxic

Jenis penyakit hepatitis selanjutnya adalah hepatitis toxic. Penyebab penyakit hepatitis ini adalah karena serangan senyawa zat kimia beracun yang memicu kerusakan pada jaringan atau sel hati. Dengan kata lain, jenis penyakit hati ini berasal dari konsumsi obat-obatan rutin, suplemen makanan, dan lain sebagainya.
Pada umumnya, jenis penyakit liver ini dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini didukung oleh kemampuan hati dalam memperbarui sel-sel di dalamnya. Hanya saja, jika konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat memicu hepatitis toxic secara rutin, maka penyakit ini akan selalu muncul. Adapun jenis obat pemicu hepatitis toxic adalah isoniazid, paracetamol, diclofenac, amoxicillin, phenytoin, dan fenofibrate. 

5. Liver Kolestasis

Penyakit liver kolestasis terjadi ketika aliran empedu terganggu. Gangguan aliran empedu yang tugasnya membuang racun tidak dapat berfungsi secara normal sehingga akan terjadi penumpukan bilirubin dalam darah. Sekedar informasi, bilirubin merupakan sisa-sisa dari penghancuran sel darah merah yang harusnya dibuang melalui urine atau feses. 

6. Penyakit Liver Genetic/Keturunan

Seperti namanya, penyebab penyakit liver ini adalah terjadinya kelainan genetik yang akhirnya menyebabkan gangguan pada hati. Terdapat dua jenis penyakit liver genetic yakni Defisiensi Alfa-1 dan Hemokromatosis.

7. Kanker Hati

Ini adalah jenis penyakit liver yang sangat berbahaya. Kanker hati merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang organ hati. Ada beberapa jenis kanker hati seperti HCC (Hepatocellular Carcinoma), Cholangiocarcinoma, dan Hepatoblastoma

Makanan Penyebab Liver

Dari ulasan di atas, Anda telah mengetahui beberapa jenis dan penyebab penyakit liver. Namun ternyata, terdapat beberapa makanan penyebab liver yang tentunya harus Anda hindari. mengutip dari situs halosehat.com, berikut adalah makanan penyebab penyakti liver.

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan penyebab liver yang pertama adalah makanan dengan kandungan lemak tinggi. Hal ini karena penyakit liver identik dengan lemak yang akan mengganggu fungsi organ hati. Untuk itu, sebisa mungkin hindari terlalu banyak konsumsi makanan berlemak agar Anda terhindar dari risiko terserang penyakit liver. 

2. Buah-Buahan Tertentu

Selain makanan berlemak, makanan penyebab liver yang selanjutnya adalah beberapa jenis buah-buahan. Contohnya adalah buah nangka, durian, dan anggur. Buah-buahan tersebut memang memiliki kandungan dan manfaat yang sangat banyak. Hanya saja, bagi Anda yang sudah didiagnosis terserang penyakit liver, sebaiknya hindari buah-buahan tersebut. 

3. Makanan Kaleng

Makanan kaleng ternyata juga dapat memicu penyakit liver. Hal ini karena makanan kaleng umumnya mengandung pengawet yang akan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Seafood

Makanan penyebab liver yang berikutnya adalah seafood. Hanya saja, tidak semua seafood atau makanan laut memicu liver. Beberapa seafood yang memicu penyakit liver adalah kepiting, udang, dan kerang. Hal ini karena makanan tersebut memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.
Itulah beberapa jenis makanan penyebab penyakit liver. Namun perlu diingat, jika Anda menderita penyakit liver, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai jenis penyakit liver yang Anda derita. Tujuannya agar dokter memberikan beberapa tips sehat serta makanan penyebab liver yang perlu untuk dihindari.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment