Bagian-Bagian Mata beserta Fungsinya untuk Penglihatan

Bagian-Bagian Mata beserta Fungsinya untuk Penglihatan

Sebagai salah satu organ yang paling penting, mengetahui bagian-bagian mata beserta fungsinya menjadi salah satu hal yang harus Anda pahami. Pasalnya mata merupakan sistem indera penglihatan yang akan membuat semua manusia dapat melihat benda, membedakan warna, dan berbagai manfaat lain terkait penglihatan.

Bagian-Bagian Mata beserta Fungsinya untuk Penglihatan

Dalam menjalankan peranannya sebagai indera penglihatan, mata juga ditunjang oleh berbagai bagian vital lain yang ada di dalamnya. Lantas bagian vital apa saja yang ada di dalam mata? Dan apa saja fungsi dari bagian vital tersebut? 

Inilah Bagian-Bagian Mata Beserta Fungsinya yang Penting sebagai Indera Penglihatan

Berbicara tentang bagian-bagian mata beserta fungsinya, sedikitnya terdapat 10 bagian vital di dalam mata yang sangat berguna dalam mekanisme penglihatan. Adapun 10 bagian vital tersebut beserta fungsinya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kornea Mata

Berbicara tentang mata, bagian pertama yang mungkin terpikirkan adalah kornea mata. Bagian ini memang sangat identik dengan mata. Letak kornea mata sendiri berada pada lapisan luar mata. Kornea mata berbentuk selaput bening yang sifatnya transparan atau tembus pandang.

Sifat dari kornea mata adalah membuat semua cahaya yang diterima oleh mata masuk pada sel-sel penerima cahaya yang terdapat pada bola mata. Fungsi utama dari kornea mata adalah melindungi mata dari benda-benda asing yang berasal dari luar mata. Jadi misalnya ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam mata, maka kornea sebagai lapisan terluar akan membuat kotoran tersebut tertahan di luar sehingga tidak akan membahayakan mata.

Tak hanya itu saja, fungsi lain yang dimiliki oleh kornea mata adalah membantu refraksi pada lensa mata. Dengan begitu, semua cahaya yang ditangkap oleh mata dan dikirimkan pada sel-sel yang menyambung ke otak sehingga otak dapat mendefinisikan benda yang dilihat tersebut. 

2. Iris

Adapun bagian-bagian mata beserta fungsinya yang kedua adalah iris. Iris merupakan bagian mata yang memiliki fungsi untuk mengatur besar atau kecilnya pupil. Bagian mata yang satu ini juga memiliki peran dalam memberikan warna pada pupil seseorang. Contohnya adalah orang Eropa memiliki mata berwarna biru atau hijau, orang Asia memiliki mata berwarna hitam atau coklat, dan sebagainya.

3. Pupil

Pupil adalah bagian mata yang tak terpisahkan dari iris. Kedua bagian mata ini memiliki fungsi masing-masing yang saling melengkapi. Pupil merupakan bagian mata yang berbentuk lubang kecil dan fungsinya adalah sebagai pengatur jumlah cahaya yang diterima oleh bola mata.

Ketika cahaya yang masuk memiliki jumlah yang besar atau banyak, maka secara otomatis pupil akan mengecil. Sebaliknya, pada cahaya redup, pupil akan membesar. Besar kecilnya pupil inilah yang diatur oleh iris.

Adapun fungsi utama dari pupil adalah agar mata dapat menerima cahaya dengan jumlah yang tepat. Inilah mengapa pupil dapat membesar atau mengecil sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima oleh mata. Dengan begitu, maka otak dapat mencerna benda apapun yang ditangkap oleh mata.  

4. Retina

Retina merupakan bagian mata yang berupa sel tipis dan letaknya tepat berada pada bagian belakang bola mata. Mengenai bagian-bagian mata beserta fungsinya, retina mata bertugas menangkap bayangan yang telah terbentuk pada lensa mata. Bayangan tersebut akan dikonversi dan dikirimkan menjadi sinyal pada syaraf tubuh. 

5. Lensa Mata

Lensa mata merupakan bagian mata yang fungsinya adalah membentuk gambar yang ditangkap oleh mata. Gambar tersebut akan diteruskan pada retina, yang kemudian diolah menjadi sistem syaraf. Adapun mekanisme kerjanya mirip dengan pupil mata.

Jadi lensa mata akan menebal ketika melihat benda yang terlalu jauh. Sebaliknya, lensa mata akan menjadi lebih tipis ketika melihat benda yang jaraknya terlalu dekat. Sebagai bagian mata yang penting, lensa mata memiliki tingkat elastisitas tinggi sehingga dapat menyesuaikan terhadap benda yang dilihat oleh mata.

Adapun mekanisme di mana lensa mata menebal dan menipis tersebut dibantu oleh adanya akomodasi otot lensa. Otot ini bekerja dengan cara menarik dan mendorong lensa mata sehingga dapat menipis dan menebal. Untuk tetap menjaga mekanisme akomodasi otot, setidaknya Anda harus berlatih melihat benda yang jauh dan dekat secara berkala agar elastisitas lensa dan akomodasi otot ini tetap berfungsi dengan baik. 

6. Bintik Kuning

Bintik kuning merupakan salah satu bagian mata yang sifatnya sangat sensitif terhadap cahaya. Ketika sebuah bayangan yang ditangkap oleh retina jatuh tepat pada bintik kuning, maka bayangan tersebut dapat terlihat dengan jelas. Sebaliknya, ketika bayangan jatuh sesudah atau sebelum bintik kuning, maka bayangan tersebut tak akan terlihat jelas. 

7. Bintik Buta

Apabila bagian-bagian mata beserta fungsinya berupa bintik kuning sangat sensitif terhadap cahaya yang diterima oleh mata, maka sifat yang dimiliki oleh bintik buta adalah sebaliknya. Jadi ketika bayangan tepat jatuh pada bintik buta, maka bayangan tersebut tak akan terlihat. 

8. Syaraf Optik

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa retina akan mengonversi bayangan yang masuk ke dalam mata pada syaraf otak. Adapun syaraf yang dimaksud adalah syaraf optik. Melalui syaraf ini, maka manusia dapat menentukan dan mengidentifikasi bagaimana bentuk sebuah bayangan yang dilihat.

Fungsi syaraf optik terbilang sangat vital untuk menghubungkan antara mata dan juga otak. Apabila syaraf ini rusak, maka semua bayangan dan benda yang ditangkap oleh mata tak akan dikirim ke otak. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami kerusakan syaraf optik akan mengalami kebutaan. 

9. Aqueous Humor

Ulasan tentang bagian-bagian mata beserta fungsinya yang selanjutnya adalah aqueous humor. Bagian yang satu ini memang jarang terdengar, namun tetap harus Anda ketahui. Aqueous humor berbentuk cairan semacam plasma berlendir yang transparan. Cairan plasma ini dibentuk oleh silia tubuh dan fungsinya adalah mendukung struktur lensa mata. 

10. Vitreus Humor

Bagian lain dari mata adalah vitreus humor. Seperti halnya aqueous humor, vitreus humor pun berbentuk cairan, namun sifatnya lebih encer apabila dibandingkan dengan aqueouos humor. Cairan bening vitreus humor akan mengisi seluruh rongga mata dan berfungsi dalam meneruskan cahaya yang masuk dari lensa mata menuju retina.

Itulah bagian-bagian mata beserta fungsinya yang harus Anda ketahui. Sebagai organ tubuh yang paling penting untuk indera penglihatan, tentu Anda harus senantiasa menjaga kesehatan mata agar fungsinya tetap terjaga.

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menjaga fungsi mata dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan mencukupi asupan vitamin A dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, vitamin A akan membantu kesehatan mata beserta fungsi-fungsinya. Adapun contoh makanan yang dapat dikonsumsi adalah wortel dan segala bentuk sayur dan buah yang kaya akan vitamin A.

Kedua adalah menjaga kesehatan mata dengan menghindari hal-hal yang mengurangi daya gerak mata seperti terlalu lama menghadap layar televisi atau laptop, jarang berolahraga, hingga jarang melatih mata untuk melihat benda dengan jarak jauh dan dekat. Dengan mengikuti berbagai langkah menjaga kesehatan mata, maka bagian-bagian mata beserta fungsinya tersebut akan tetap dapat bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment