4 Bahan Alami Pemutih Gigi untuk Senyum Percaya Diri

4 Bahan Alami Pemutih Gigi untuk Senyum Percaya Diri


Bahan Alami Pemutih Gigi - Memiliki gigi putih dan bersih menjadi dambaan setiap orang pastinya, karena mampu menumbuhkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain atau hanya sekedar tersenyum kepada orang lain. Maka dari itu, kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang paling krusial untuk semua orang. Ini dibuktikan dengan adanya sebuah layanan untuk perawatan untuk memutihkan gigi di klinik dokter gigi yang harganya tentu beragam. Bahkan saat ini sudah ada obat pemutih gigi di apotek.

4 Bahan Alami Pemutih Gigi untuk Senyum Percaya Diri

Untuk sebagaian orang yang memiliki dana lebih mungkin tidak masalah dengan harga, tapi akan berbeda dengan orang yang memiliki dana terbatas. Oleh karena itu buat kalian yang ingin memutihkan gigi dengan budget terjangkau bisa mencoba dengan cara alami, berikut ini beberapa bahan alami pemutih gigi yang bisas menjadi solusi terbaik.

Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai apa saja bahan alami gigi, sebaiknya mengetahui tentang beberapa penyebab gigi kuning. Dengan begitu, Anda dapat mencegah menguningnya gigi. Adapun penyebab gigi kuning adalah:

1.  Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman yang beralkohol juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain itu, terlalu banyak alkohol juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi untuk Anda yang masih terbiasa mengonsumsi alcohol, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. 

2. Kopi

Penyebab warna gigi kuning yang selanjutnya adalah kopi. Kandungan kafein yang terlalu tinggi pada kopi bisa menjadikan gigi Kamu menjadi kuning. Apalagi jika telah menjadi kebiasaan minum kopi, bahkan bisa menjadikan gigi hitam.

3. Kebiasaan Merokok

Kandungan Nikotin yang ada pada rokok juga dapat menyebabkan gigi Kamu menjadi kuning. Di samping itu, rokok terdiri dari zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menghentikan kebiasaanmerokok memang sulit bagi sebagian orang. Namun apa salahnya mencoba berhenti merokok demi hidup sehat, kan?

4. Jarang Sikat Gigi

Jarang menggosok gigi sudah pasti bisa menjadi penyebab gigi kuning. Karena sisa makanan pada gigi akan mengendap dan akan membuat gigi menjadi kuning. Sebab itu rajinlah menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

Bahan Alami Pemutih Gigi yang Terbukti Sangat Efektif

Setelah mengetahui tentang penyebab gigi kuning, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah bahan alami pemutih gigi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi. Kamu bisa datang ke dokter atau membeli obat pemutih gigi, tapi tentunya harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Mungkin ada baiknya jika Kamu mencoba cara memutihkan gigi secara alami. Yang sudah terbukti ampuh dan tanpa efek samping. Beberapa bahan alami pemutih gigi adalah sebagai berikut:

1. Arang Kayu

Cara memutihkan gigi alami dan permanen dapat dilakukan dengan arang kayu. Mungkin, banyak di antara kamu yang terheran-heran mengetahui jika arang dapat digunakan untuk memutihkan gigi padahal arang sendiri memiliki warna hitam. Cara ini merupakan cara tradisional dimana sering dilakukan oleh orang terdahulu untuk menghilangkan warna kuning pada gigi.

Meskipun arang kayu dapat memutihkan gigi kuning yang membandel, namun tidak sembarang kamu dapat menggunakan arang. Hal ini dikarenakan penggunaan arang pada gigi secara berlebih bisa merusak email dan mengakibatkan rasa sakit. Oleh sebab itu, gunakan arang sewajarnya saja.

2. Siwak

Bahan alami pemutih gigi yang selanjutnya adalah siwak. Kita dapat merawat gigi dengan miswak atau siak dimana merupakan akar atau dahan pohon yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi, mulut, dan juga gusi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi orang muslim sejak zaman dulu. Seperti yang kita ketahui, nabi Muhammad SWA telah menggunakan siwak saat jaman dahulu untuk membersihkan giginya. 

Untuk menggunakan bahan ini kamu dapat menggunakan serabut siwak yang lembut yang berasal dari tanaman siwak itu sendiri. Serabut itulah yang harus digunakan untuk menggosok gigi. Cara memutihkan gigi secara alami dan permanen ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi gigi kuning kamu.

3. Strawberi

Hampir semua orang suka dengan buah strawberi karena rasa segar yang diberikannya. Selain itu, ternyata buah masam ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi. Tidak hanya buah strawberi yang bisa memutihkan gigi, tapi wortel, apel, dan seledri juga bisa. Menggunakan bahan ini tidak akan menyita banyak waktu karena kamu tidak harus membuat ramuan tetapi cukup dengan memakannya atau dengan cara menggosok-gosokan kepada permukaan gigi kemudian kumur-kumur dengan air hangat.

4. Baking Soda

Bahan alami pemutih gigi yang selanjutnya adalah baking soda. Bahan ini dipercaya bisa menghilangkan noda pada gigi. Baking soda adalah salah satu bahan yang dapat berguna untuk cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat.

Namun, penggunaan dengan sering juga bisa berdampak negatif pada lapisan gigi. Gunakan maksimal satu atau dua kali di setiap bulannya. Adapun cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah dengan mengoleskan baking soda pada permukaan gigi lalu biarkan hingga 3-5 menit. Kemudian, kumur-kumur dengan air hangat.

Itulah beberapa cara alami memutihkan gigi yang harus Anda lakukan. Dengan memanfaatkan bahan alami pemutih gigi di atas, maka Anda dapat tersenyum dengan percaya diri. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment