10 Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Terbaik

10 Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Terbaik

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil - Kehamilan adalah salah satu momen yang sangat diharapkan oleh pasangan suami istri. Apalagi bila kehamilan tersebut masih pertama kali anda rasakan di anak pertama. Kesehatan pada janin juga menjadi prioritas utama yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Menjaga asupan gizi yang seimbang dan pola hidup yang sehat menjadi sebuah keharusan.



Bahkan tidak ada larangan untuk ibu hamil untuk makan cemilan setiap harinya. Tetapi alangkah baiknya apabila cemilan yang kita makan merupakan cemian yang bermutu dan menyehatkan.

Cemilan Yang Memiliki Gizi Tinggi

Ada banyak cemilan yang bisa anda konsumsi dan memiliki gizi yang tinggi untuk di konsumsi. Termasuk buah-buahan menjadi salah satu yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Bahkan buah-buahan menjadi cemilan favorit yang sering di konsumsi oleh ibu hamil. Serta buah-buahan juga banyak di jual di sekitar kita atau bisa didapat dari menanam sendiri. Berikut adalah beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui:

1. Kentang Panggang

Kentang adalah salah satu makanan yang bisa dibuat menjadi apa saja, misalnya di rebus ata di panggang. Bisa juga kentang tersebut anda campur dengan yogurt agar terasa lebih nikmat. Kentang sendiri memiliki kandungan potassium vitamin c, folat dan besi. Nutrisi tersebut sangat penting untuk dikonsumsi dalam masa kehamilan yang mendukung pertumbuhan janin dalam rahim.

2. Pisang dan Selai Kacang

Kombinasi antara pisang dan selai kacang mungkin tidak untuk dimakan kalau anda sedang tidak hamil. Tetapi, jika disaat anda nyidam yang sudah tidak bisa ditahan, mungki pisang dan selai kacang ini bisa menjadi alternatifnya. Karena pisang yang di campur dengan selai kacang kaya akan kandungan protein dan potassium yang baik untuk caon bayi dan ibu.

3. Kacang-kacangan dan buah Kering

Kacang-kacangan dan buah kering mungkin akan menjadi cemilan yang sangat disukai oleh ibu hamil. Karna sangat banyak kita temui di took atau swalayan. Tetapi hindarilah kacang-kacangan yang mengandung banyak garam atau penyedap makanan. Pilihlah kacang-kacangan yang memiliki rasa original dan tidak memiliki perasa yang terlalu banyak.

4. Berondong Jagung

Siapa yang tidak menyukai berondong jagung atau popcorn, cemilan yang sering kita jumpai ketika nonton di bioskop. Tetapi cemilan mungkin akan kurang sehat apabila beli ditempat tersebut. Lebih anda membuat sendiri di rumah dengan mengurangi pemakaian mentega dan garam pada berondong jagung. Agar rasa tercipta rasa lezat anda juga bisa menaburkan keju parmesan.

5. Sereal Dari Gandum Utuh

Serea gandum utuh tidak hanya berguna sebagai makanan untuk sarapan pagi anda. Tetapi bagi ibu hamil sereal gandum utuh juga bagus ditambahkan dalam menu cemilan anda. Karena dalam sereal gandum utuh mengandung banyak kasiat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Membuat Jajanan Sehat Untuk ibu Hamil Di Rumah

Sebagai seorang ibu hamil, anda tidak harus selalu membeli cemilan di luar atau berupa kemasan. Anda pun bisa membuat sendiri dirumah cemilan sehat untuk ibu hamil. Dan yang pasti akan terjamin mutu dan kebersihannya.

1. Smoothies Buah

Tak perlu untuk keluar rumah atau ke restoran untuk bisa membeli atau menikmati jajanan ini. Anda bisa membuat sendiri dirumah dengan campuran buah-buah yang lebih anda sukai untuk dikansumsi. Dengan bahan yang baik dan dari hasil buatan sendiri anda pasti menikmatinya.

2. Asinan Buah Apel

Bila anda menginginkan asinan buah dan ditempat anda sulit untuk membelinya. Jangan kuatir, anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Potong kecil-keci buah apel dan masukan kedalam mangkok, tambahkan taburan kayu manis, dan nutmeg atau gula pasir. Setelah itu masukkan campuran apel tersebut ke dalam microvase hingga apel menjadi lunak. Setelah itu asinan buah apel siap untuk dinikmati.

3. Salad Buah

Salad buah menjadi cemilan yang sangat baik dan sehat, karna banyak buah-buahan yang anda suka menjadi satu wadah dan di campur dengan mayones, susu, atau yogurt. Mayones pun anda juga bisa membuat sendiri drumah supaya lebih sehat. Selain itu, mengkonsumsi buah yang tidak masak atau di jus tentunya lebih baik.

4. Granola

Granola adalah makanan kecil yang bisa dibuat sebagai cemilan sehat. Granola merupakan cemilan yang kaya dengan kandungan oat, madu, kacang-kacangan, dan biasanya dicampur dengan buah kering, lalu dipanggang sampai berwarna kecoklatan. Granola biasanya dimakan seperti sereal yang dicampur dengan susu untuk sarapan. Bisa juga dimakan dengan kue atau langsung sebagai snack. Makanan tersebut juga bisa mengenyangkan karna mengandung banyak serat dan vitamin.

5. Bubur Kacang Ijo

Makanan yang banyak kita jumpai di pinggiran jalan dengan cita rasa local dapat menjadi pilihan cemilan bagi ibu hamil yang sering merasa lapar. Bubur kacang ijo sering akan kita jumpai di kedai-kedai samping rumah kita.

Tetapi, anda bisa juga membuat sendiri di rumah dengan memiliki kualitas jacang ijo yang baik pula. Banyak vitamin yang terkandung pada bubur kacang ijo, seperti protein, asam folat, serat, dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan janin anda. Anda juga bisa menggantikan santan yang di campurkan dengan susu, yang mana akan menambah rasa dan lebih sehat.

Itulah beberpa cemilan yang memiliki gizi tinggi dan cemilan yang bisa anda buat sendiri dirumah. Yang pasti beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang sudah dijelaskan diatas akan menambah kesehatan ibu hamil dan janin yang ada pada kandungan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment